Tips "Mengamankan Diri" Saat Browsing di Internet

buka google untuk cari informasi

Internet itu sudah jadi hal wajib yang selalu kita gunakan setiap hari. Bahkan mungkin benar adanya jika ada ungkapan yang mengatakan "tiada hari tanpa internet". Dengan internet, kita bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah dalam mencari informasi atau sering disebut browsing.

Kamu dapat dengan mudah browsing dan membaca artikel di website, tapi apakah kamu pernah memperhatikan keamanan data pribadi kamu saat berselancar di dunia maya? Selain memberikan banyak informasi bermanfaat, internet juga menjadi ladang subur bagi orang tak bertanggung jawab untuk mencuri data diri seseorang untuk keperluan tertentu.

Tips berikut bisa kamu lakukan agar aktifitas browsing yang kamu lakukan "setidaknya" menjadi lebih aman:


1. Pasang Antivirus

Antivirus berfungsi untuk mencegah virus masuk ke dalam komputer, selain itu ada juga fitur tambahan berupa proteksi yang mendeteksi kalau situs yang kamu kunjungi memiliki sebuah ancaman. Bila situs yang akan kamu akses disinyalir berpotensi bahaya, antivirus akan memberikan peringatan sebelum kamu mengunjungi situs yang bersangkutan.

2. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) terbukti ampuh untuk menyamarkan identitas di internet. Cara kerjanya adalah dengan menyembunyikan alamat IP yang kamu gunakan. Semisal kamu tinggal di Indonesia, otomatis IP Address kita lokasinya juga di Indonesia. Nah, VPN bisa menyamarkan lokasi ke negara lain. Misal Indonesia menjadi Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Singapura dan lainnya. Penggunaan VPN ini juga termasuk salah satu cara aman mengakses Wi-Fi publik.

3. Pilih Website Terpercaya Untuk Mengunduh File

Aktifitas unduh (download) sudah biasa kita lakukan di internet. Satu hal yang penting, selalu pastikan kamu mengunduh file dari situs yang sudah terpercaya. Kenapa? File yang kamu download dari website yang tak jelas asal-usulnya memiliki potensi bahaya karena berkemungkinan sudah disisipi malware yang jelas merugikan.

4. Amankan Password

Semakin aman password yang kamu gunakan, semakin aman pula akun yang kamu miliki. Sayangnya, masalah password ini seringkali diabaikan karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal kalau akunnya dijebol juga ribet sendiri. Tips-nya sih pakai kombinasi huruf, angka dan karakter khusus untuk membuat password yang aman. Ingat juga untuk mengganti password secara berkala biar lebih aman lagi.

Diberdayakan oleh Blogger.