5 Cara Download Video YouTube Paling Cepat dan Mudah

cara download video youtube paling cepat dan praktis

Saat ini YouTube telah berkembang pesat menjadi sebuah situs berbagi video terbesar di dunia. Hampir semua video yang kamu cari bisa kamu temukan di YouTube semudah menuliskan kata kunci di kolom pencarian saja. Bahkan, sampai ada ucapan yang mengatakan 'YouTube lebih dari TV'. Ya, sedikit banyak pernyataan ini memang ada benarnya.

Untuk mengakses dan menonton video di YouTube sendiri dibutuhkan koneksi internet yang stabil karena video akan diputar online atau istilah kerennya streaming. Namun, di beberapa kasus, orang juga ingin menyimpan video YouTube agar bisa ditonton lain waktu. Selain itu, mendownload video YouTube tentunya akan lebih menghemat kuota kamu karena satu video bisa kamu tonton sebanyak apapun tanpa perlu koneksi internet lagi.

Cara Download Video YouTube

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu terapkan untuk mengunduh video di YouTube. Di artikel ini akan saya berikan beberapa tutorial yang menurut saya mudah dilakukan. Berikut 5 cara download video YouTube:

1. Menambahkan 'ss' pada URL video

Pertama, buka YouTube dan pilih video yang ingin kamu download. Perhatikan URL video yang ada di kolom paling atas, tambahkan 'ss' tepat di depan tulisan 'youtube' dan tekan enter. Lihat gambar di bawah:

tambahkan 'ss' di dalam url untuk mengunduh video dari youtube

Nantinya kamu akan diarahkan ke sebuah website downloader video bernama SaveFrom, pilih resolusi video yang kamu inginkan dan tekan tulisan 'unduh'.

cara download video youtube pakai savefrom

Proses download berjalan, tunggu sampai selesai.

2. Menggunakan IDM

Cara ini membutuhkan aplikasi pihak downloader sejuta umat, IDM (Internet Download Manager). Selain berguna untuk mempercepat proses download, IDM juga memudahkanmu dalam mengunduh berbagai video dari internet.

Download dan instal IDM di komputer, kemudian buka YouTube dan pilih video yang ingin kamu download. Nantinya di pojok kanan atas video akan ada sebuah tombol bertuliskan 'download this video'.

cara memunculkan tombol download idm

Klik tombol tersebut untuk memilih resolusi video yang kamu inginkan.

memilih resolusi video sebelum diunduh

Klik dan proses download akan segera berjalan.

3. Menggunakan Situs Download Video Online

Sebenarnya ada banyak situs download video online yang bisa kamu gunakan secara gratis dan mudah untuk keperluan unduh-mengunduh video. Di artikel ini saya merekomendasikan 3 situs yang menurut saya terbaik, yaitu:


Untuk cara download-nya sangat mudah, tinggal paste saja url video yang akan kamu download di kotak yang sudah disediakan. Setelah itu tinggal pilih resolusi dan download deh.

4. Memunculkan tombol download di YouTube

Cara ini mirip seperti menggunakan IDM, tapi lebih kompleks karena ukuran file yang akan kamu download langsung ditampilkan sebelum proses download berjalan. Tentunya cara ini lebih fleksibel saat kuota internet sedang terbatas.

Pertama, download aplikasi SaveFrom Helper dari website resminya dan instal seperti biasa.

cara instal helper savefrom

Setelah instalasi aplikasi sukses, buka YouTube dan akan muncul tombol download berwarna hijau di bawah video. Klik tombol tersebut untuk mengunduh video YouTube.

cara memunculkan tombol download di youtube

5. Aplikasi pihak ketiga untuk download video YouTube dari Android

Untuk kamu yang memiliki masalah download video YouTube via android tidak perlu khawatir. Ada banyak aplikasi pendukung yang bisa kamu gunakan secara bebas, seperti TubeMate dan Dentex. Selengkapnya bisa dilihat di artikel ini.

youtube go lebih ringan dari youtube biasa

Atau kalau mau lebih simpel, kamu bisa pakai YouTube Go. Pada dasarnya, YouTube Go sama saja dengan YouTube versi original, hanya fiturnya disederhanakan. Fungsi utamanya memang untuk download video, dan karena aplikasi ini resmi buatan Google, fitur yang disediakan tentunya lengkap dan sangat powerfull.

Itulah 5 alternatif cara download Video YouTube yang bisa kamu gunakan. Jika ada kesusahan, silahkan share di kolom komentar, nanti saya bantu jawab.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel