5 Tips Aman Menggunakan Jaringan WiFi Publik

tips aman menggunakan akses wifi di tempat umum

WiFi (Wireless Fidelity) adalah sebuah jaringan nirkabel yang bisa kita gunakan untuk terkoneksi dengan internet secara cuma-cuma atau gratis. Dulu, untuk mendapatkan akses jaringan ini bisa dibilang cukup sulit. Tapi sekarang, WiFi sudah bisa diakses secara bebas di banyak tempat seperti cafe, minimarket bahkan sekolah dan rumah sekarang pun sudah banyak yang pakai WiFi untuk akses internet.

Baca juga: 7 Tips Melindungi Jaringan WiFi Rumah

Untuk kamu yang suka pakai WiFi untuk mengakses internet nampaknya harus waspada karena banyak oknum bisa mencuri data pribadi kamu melalui akses jaringan WiFi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa gunakan tips dibawah ini.

Berikut ke-5 tips-nya:


1. Jangan Percaya WiFi Tanpa Password

Jaman sekarang banyak sekali modus yang dilakukan untuk mencuri data pribadi setiap orang, salah satunya adalah menggunakan jaringan WiFi. Jika kamu menemukan jaringan WiFi yang tak ber-password kamu harus waspada, kalau mau aman sih jangan gunakan jaringan tersebut karena beresiko.

2. Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah salah satu cara paling gampang dan aman saat menggunakan jaringan publik karena data yang dikirimkan akan dienkripsi terlebih dulu. IP Adreess yang kita gunakan juga akan tersamarkan, jadi bisa dipastikan data pribadi kamu bisa terlindungi. Agar lebih simpel, kamu bisa menggunakan ekstensi vpn untuk browser.

3. Matikan WiFi Saat Tidak Digunakan

Untuk pengguna smartphone sebaiknya nyalakan WiFi saat akan digunakan saja. Selain daya baterai bisa lebih dihemat, kamu juga akan terhindar dari metode pelacakan dari berbagai oknum yang tidak bertanggung jawab.

4. Aktifkan Firewall

Firewall digunakan untuk mengatur keluar masuknya koneksi internet. Kamu juga akan mendapat pemberitahuan jika terdapat akses yang mencurigakan. Meski tidak memberikan perlindungan lengkap, setidaknya firewall akan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

5. Gunakan Antivirus

Hal penting yang tidak boleh terlewatkan adalah antivirus. Pasang antivirus dan update secara berkala untuk mendapatkan perlindungan terbaik. Perlu diingat, pilihlah antivirus yang bisa memberikan peringatan tentang aman atau tidaknya jaringan internet yang kamu gunakan.

Diberdayakan oleh Blogger.