5 Pilihan VPN Terbaik Android

pentingnya mengamankan diri di internet

VPN adalah singkatan dari Virtual private Network yang merupakan layanan untuk menyembunyikan identitas di internet. Menyembunyikan disini berarti menyamarkan IP Address yang digunakan. Saat melakukan browsing menggunakan operator seluler Indonesia, tentu saja IP Address kita akan berlokasi di Indonesia juga. Dengan VPN, kita bisa merubah alamat IP tersebut menggunakan IP negara lain seperti Amerika, Inggris, Kanada, Jepang, Singapura dan sebagainya.

Hal ini memungkinkan kita mengakses internet secara privat sekaligus lebih aman karena aliran data akan dialihkan ke server penyedia VPN terlebih dahulu untuk dienkripsi, sehingga identitas kita di internet bisa disamarkan. VPN juga punya fungsi lain yaitu membuka akses ke situs-situs yang diblokir. Terkadang, ada beberapa website yang diblokir untuk alasan tertentu sehingga kita tidak bisa mengaksesnya. Hal tersebut bisa diakali dengan VPN.

Banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan baik untuk platform desktop maupun mobile. Di artikel ini, penulis memberikan rekomendasi VPN terbaik di android berdasarkan pengalaman saat menggunakannya. Berikut 5 diantaranya:


1. Opera Free VPN

Sebagai pembuka, Opera Free VPN saya tempatkan di urutan pertama. Alasannya karena VPN buatan Opera ini punya banyak fitur yang menggoda, salah satunya adalah unlimited bandwith. Antarmuka aplikasinya juga bagus dan user friendly. Hanya saja, aplikasinya punya ukuran yang lebih besar ketimbang aplikasi sejenis lainnya yaitu 44MB.

2. Opera Max

Masih dari Opera, bedanya selain sebagai VPN, Opera Max juga merupakan aplikasi data saver. Kamu bisa memonitor penggunaan data di android dengan aplikasi ini. Fitur data saver yang diberikan juga cukup powerfull untuk mengompres penggunaan kuota. Ukurannya juga lebih kecil, hanya 8MB.

3. Psiphon Pro

Walau ada embel-embel "Pro" di belakang namanya, Psiphon tetap gratis kok. Cuma ya kamu harus rela melihat iklan video setiap kali menggunakan Psiphon. Tapi tak perlu khawatir, soal performa tidak perlu diragukan. Bahkan bisa saya katakan Psiphon merupakan salah satu aplikasi VPN terbaik yang pernah saya gunakan. Bandwith unlimited dan ukurannya yang hanya sekitar 6MB membuat Psiphone layak diperhitungkan.

4. SuperVPN Free VPN Client

Berbeda dengan yang lainnya, SuperVPN adalah aplikasi VPN gratis namun dengan batas 20 hari masa trial. Tapi tenang, setalah trial habis kamu masih bisa pakai kok. Hanya saja setiap 60 menit koneksi akan terputus dan harus reconnect untuk melanjutkan penggunaan. Memang agak terkesan ribet, tapi soal kualitas tentu tidak mengecewakan.

5. Hotspot Shield

Kalau yang satu ini sudah malang melintang di dunia VPN. Lebih dulu populer di platform desktop, Hotspot Shield juga dibuatkan versi mobile-nya. Jumlah unduhannya yang sudah mencapai 10 membuktikan eksistensi Hotspot Shiled di dunia VPN android memang sudah dipercaya kualitasnya.

Kelima aplikasi tersebut bisa kamu gunakan secara bebas dan gratis. Semuanya punya kelebihan masing-masing, but overall semuanya punya kinerja bagus kok. Kalau dari pengalaman, penulis lebih suka dengan Opera VPN. Walaupun ukurannya mungkin "terlalu besar", entah kenapa VPN dari Opera ini punya kelebihan tersendiri bagi penulis. Bagaimana dengan pilihanmu?

Diberdayakan oleh Blogger.