6 Cara Membuka Situs yang Diblokir Internet Positif

akses diblokir

Karena suatu alasan tertentu, kadang pemerintah memblokir akses ke sebuah situs yang dianggap memiliki konten yang tidak pantas. Biasanya sih alasan situs diblokir itu karena ada indikasi konten dewasa, rasis, atau konten yang memicu kontroversi.

Nyatanya pemblokiran yang dilakukan tidak selalu efektif, banyak juga situs 'tidak bersalah' yang ikut-ikutan di-block aksesnya, misal Reddit dan Vimeo. Padahal sejatinya Reddit adalah sebuah forum online dan Vimeo merupakan website video sharing layaknya YouTube.

Baca juga: Tips Mengamankan Diri Saat Browsing

Tapi kamu tidak perlu khawatir, banyak jalan menuju Roma. Ya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah. Berikut 6 diantaranya:

1. Menggunakan VPN

cara membuka situs yang diblokir dengan vpn

Ini adalah cara termudah sekaligus paling simpel. VPN atau Virtual Private Network merupakan layanan yang digunakan untuk menyamarkan IP (Internet Protocol). Dengan kata lain, kamu bisa merubah alamat IP dengan IP negara lain seperti Amerika, Singapura, Hongkong dan sebagainya. Jadi, kamu tetap bisa berselancar dengan nyaman tanpa ada gangguan.

Penggunaan VPN ini menjadi sangat efektif karena kamu hanya perlu instal aplikasi VPN di Android/iOS/PC atau bisa memanfaatkan fitur ekstensi yang ada di peramban entah itu Chrome, Firefox, atau Opera. Bedanya, setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Paling  dasar sih urusan bandwith, karena tidak semua layanan VPN gratis menyediakan unlimited bandwith.

Memang sih alasan utama orang menggunakan VPN biasanya untuk mengakses konten dewasa di internet. Nyatanya, tidak semuanya begitu. Misalnya untuk keperluan mengamankan data atau transaksi online agar tidak mudah disadap oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Rekomendasi VPN: Hotspot Shield (PC) | Turbo VPN (Android)

2. Manfaatkan Layanan DNS Server

cara membuka situs yang diblokir dengan merubah dns

DNS akan mengarahkan lalu lintas (traffic) melalui tunnel. Hal ini seakan-akan membuat remote server mengira bahwa kamu mengakses situs dari negara lain yang diperbolehkan. Ya, kurang lebih cara kerjanya mirip seperti VPN.

Cara Mengganti DNS

  • Buka 'Control Panel'
  • Pilih 'Network and Internet'
  • Pilih 'Network and Sharing Center'
  • Pilih 'Connection'
  • Pilih 'Properties'
  • Pilih 'Internet Protocol Version 4/TCP IPv4'
  • Pilih 'Properties'

Nanti akan muncuk menu untuk mengganti DNS, kamu bisa menggunakan DNS Google atau Open DNS. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

3. Web Proxy


Proxy adalah server yang berperan sebagai penghubung antara komputer dan internet. Proxy merupakan server yang meneruskan permintaan user ke server lain. Cara ini akan membuat lokasi dan IP menjadi tersembunyi (dialihkan).

Website penyedia free proxy: ProxtSite.com | Free Proxy List

4. Google Translate

fitur tersembunyi yang bisa dilakukan oleh google translate

Cara ini memang terdengar konyol, tapi nyatanya bisa lho. Untuk melakukannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan alamat website yang ingin kamu tuju di kolom sebelah kiri. Secara otomatis di kolom terjemahan sebelah kanan akan muncu link yang sama. Klik link tersebut dan selamat ber-internet ria.

Baca juga: 6 Cara Efektif Menggunakan Google Now

5. Ekstensi Browser

ekstensi adalah fitur tambahan untuk menambah fungsionalitas sebuah peramban

Jika kamu malas untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa memanfaatkan fitur ekstensi browser untuk membuka website yang diblokir. Salah satu ekstensi yang paling populer adalah AnonymoX yang bisa kamu download gratis untuk Chrome atau Firefox.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin pertama, cara ini akan lebih efektif jika kamu merupakan orang yang lebih aktif memakai PC. Dengan memasang ekstensi, kamu tidak perlu lagi instal aplikasi. Enak sekali, bukan?

6. Opera Browser

opera lebih hemat daya daripada google chrome

Kenapa Opera? Alasannya karena Opera memiliki fitur VPN built-in di peramban miliknya. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan VPN tanpa perlu menginstal ekstensi tambahan atau download aplikasi pihak ketiga. Cukup aktifkan saja dan VPN akan langsung aktif. Menariknya, tidak ada batasan bandwith atau unlimited!

Meski dibanderol tanpa biaya, kamu akan mendapatkan sebuah layanan premium dari Opera. Cukup tekan 'toggle on' untuk mengaktifkannya dan VPN dari Opera bisa kamu nikmati sepuasnya. Saya sendiri sudah membuktikannya dan memang VPN yang ada di Opera Browser ini sangat powerfull untuk mengakses situs yang kena blacklist IPS. Buat nonton bokep? Bisa banget. Hahaha.

Tapi, jangan disalahgunakan, ya!

6 cara di atas bisa kamu terapkan untuk mengatasi pemblokiran situs terkait browser yang kamu gunakan atau kebijakan provider seperti Indosat, XL, Tri, Axis, bahkan IndiHome. Say goodbey to internet positif!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel