Akhirnya VPN Built-in di Opera Sudah Bisa Dinikmati

pengembang opera browser

Berbicara seputar Desktop Browser, mungkin Opera masih terdengar asing di telinga kita. Ya, memang browser ini kurang populer pada versi desktop, Opera lebih dikenal masyarakat sebagai Mobile Browser. Kalau desktop sih, mungkin orang lebih akrab dengan nama Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Meski namanya kurang populer dalam versi desktop, Opera masih memberikan pembaruan untuk perambannya agar semakin memanjakan penggunanya. Beberapa bulan yang lalu, Opera menjanjikan sebuah fitur baru yang akan ditanamkan pada Opera Browser yaitu Adblock Built-in dan VPN Built-in. FYI, Built-in bisa diartikan sebagai bawaan (embed). Jadi, kita sebagai pengguna tidak perlu menggunakan ekstensi tambahan atau aplikasi pihak ke-3 untuk menggunakan fitur yang bersangkutan.


opera versi terbaru

Fitur Adblock sudah bisa dinikmati beberapa bulan yang lalu di Opera versi 37 (belum termasuk VPN). Nah, kabar baiknya, Opera sudah resmi menyematkan fitur VPN tersebut pada update versi 40.0.2308.62 kemarin. Silahkan update browser kamu untuk memastikannya. Klik Menu - About Opera untuk melakukan update, sistem akan mendeteksi otomatis kalau ada pembaruan baru.

Cara Mengaktifkan VPN di Opera Browser

Fitur ini tidak aktif secara otomatis atau harus kamu aktifkan secara manual. Kamu hanya perlu masuk ke Setting - Privacy & Security - Enable VPN (beri centang) untuk mengaktifkannya. Setelah aktif, kamu akan melihat logo VPN di pojok kiri kolom pencarian. 

mengaktifkan vpn di opera

Ada 5 negara yang bisa kamu gunakan, antara lain: Kanada, Jerman, Belanda, Singapura dan Amerika Serikat. Sistem akan otomatis mendeteksi lokasi mana yang memiliki koneksi paling optimal, tapi kamu juga bisa pilih manual kok. Dan kabar baiknya ini adalah Unlimited VPN, puas deh mau pakai sampai kapanpun tanpa perlu takut kuota habis.


*kuota yang dimaksud adalah kuota VPN, bukan kuota internet.

Diberdayakan oleh Blogger.