[TIPS] Instal Ekstensi Google Chrome di Opera Browser

peramban yang hemat daya

Ekstensi adalah fitur tambahan yang bisa diinstal untuk lebih memaksimalkan kinerja browser tersebut. Sampai saat ini, Google Chrome adalah browser yang menyediakan ekstensi terlengkap daripada browser lain.

Opera sendiri sebenarnya juga menyediakan fitur ekstensi, hanya saja tidak selengkap milik Chrome. Hal ini sering dikeluhkan para pengguna Opera (termasuk saya) karena terkadang ekstensi yang ingin kita pasang tidak tersedia. Tenang dulu, kamu tetap bisa kok menginstal ekstensi Chrome di Opera.

Kok bisa? Untuk sekedar informasi, engine yang digunakan kedua peramban ini sama yaitu Blink Engine. Karena kesamaan itulah Opera bisa menggunakan ekstensi milik Chrome. Tapi, kamu tidak serta merta bisa melakukannya. Bagaimana caranya?


Cara Instal Ekstensi Chrome di Opera

1. Instal ekstensi Download Chrome Extension

add-ons opera untuk mengintsal ekstensi chrome

2. Setelah terinstal, buka Chrome Web Store dari Opera Browser kamu dan cari ekstensi yang ingin kamu pasang, saya contohkan One Tab.

ekstensi yang menjadikan banyak tab menjadi satu tab

3. Klik tombol bertuliskan "Add to Opera". Selanjutnya kamu akan mendapat notifikasi seperti di bawah ini, klik tombol "Go" untuk mengaktifkan ekstensi.

pemberitahuan saat instal ekstensi

4. Kamu akan diarahkan ke Extension Manager, klik tombol "Instal" dan ekstensi siap digunakan.

instal ekstensi di opera browser

Mudah bukan?

Diberdayakan oleh Blogger.