Menyembunyikan IP Address Saat Browsing

alamat identifikasi untuk tiap komputer host

Ketika kamu lahir, kamu pastinya diberikan nama oleh orangtuamu. Bila kamu punya mobil atau motor, kamu juga harus punya SIM. Begitu juga ketika kamu menggunakan internet, kamu akan mendapatkan IP Address.

Apa IP Address?

Menurut Wikipedia, IP (Internet Protocol) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Sederhananya, sebuah IP Address adalah pengenal yang memungkinkan informasi dikirim antara perangkat melalui sebuah jaringan. Bisa diibaratkan seperti alamat rumah yang berisi informasi lokasi dimana rumah tersebut berada.


Perlukah Menyembunyikan IP Address ?

menyembunyikan identitas di internet

Ada banyak alasan untuk menyembunyikan diri secara online. Alamat IP dapat digunakan untuk membedakan lokasi fisik. Alamat ini juga bertindak sebagai pengidentifikasi data pribadi seperti nomor telepon serta untuk melacak kegiatanmu saat online. Bahkan IP bisa digunakan untuk menyerangmu di internet.

Diluar hal tersebut, menyembunyikan IP Address juga sering dimanfaatkan untuk membuka situs yang diblokir di negara tertentu. Sebagai contoh, kamu tidak akan bisa mengakses Vimeo atau Netflix menggunakan IP Indonesia. Bukan karena situsnya down, tapi karena aksesnya diblokir. Solusinya kamu bisa menggunakan VPN untuk mengganti IP Address mu agar seolah-olah kamu browsing dari negara lain.

Cara Merubah IP Address

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Manfaatkan Ekstensi / Add-Ons Browser

Di dalam browser seperti Firefox dan Chrome ada istilah pengaya (ekstensi dan add-ons) yang digunakan untuk menambah fitur pada browser. Di Firefox sendiri ada add-ons bernama Anonymox yang berfungsi menyamarkan IP Address.

2. Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah jaringan yang dapat dihubungkan ke komputer melalui internet. Saat kamu menggunakan VPN, kamu akan seolah-olah berada dalam satu jaringan dengan VPN tersebut.

3. Ganti Proxy

Banyak proxy terbuka yang dibagikan gratis di internet. Kamu bisa mencarinya dengan mudah untuk selanjutnya kamu konfigurasikan pada browser. Sayangnya karena bersifat terbuka, beberapa proxy sering mati atau lambat saat digunakan.

Gunakan dengan bijak, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.