Penyebab Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan dan Cara Mengatasinya

Penyebab internet tidak bisa dipakai dan cara mengatasinya

Kebutuhan akan internet di jaman sekarang memang sudah tidak bisa ditoleransi, setiap orang ingin selalu online 24 jam. Beberapa menit saja koneksi tidak bisa digunakan, ngeluhnya bisa sampai berjam-jam.

Hal tersebut berbanding lurus dengan informasi jaman sekarang yang semuanya diakses secara online, mulai dari chatting, browsing, nonton film, denger musik, sampai download file. Semuanya butuh internet.

Penyebab Paket Internet Tidak Bisa Dipakai

Sayangnya pengguna seringkali mengeluh karena paket internet tidak bisa digunakan, padahal kuota masih ada tapi tidak bisa internetan. Begitu kata mereka. Untuk mengatasi hal ini, terlebih dahulu kita harus mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan internet tidak bisa dipakai. Misalnya:

1. Masa Aktif Kartu

Ingat, masa aktif kartu itu berbeda dengan masa aktif kuota. Jika masa aktif kuotamu masih lama (misal 1 bulan) tapi masa aktif kartumu habis (dalam masa tenggang), kuota yang kamu miliki akan menjadi sia-sia. Jadi, selalu pastikan masa aktif kartumu tidak dalam masa tenggang. Jika kamu pakai kartu Indosat, kamu bisa beli masa aktif dengan pulsa.

2. Gangguan Jaringan

Setiap provider tidak menutup kemungkinan mengalami gangguan jaringan, entah disengaja (maintenance) atau tidak. Maintenance atau perbaikan yang dilakukan provider juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan. Jadi, jangan asal ngeluh. Biasanya IM3 yang sering ada gangguan.

3. Kuota Habis

Terlalu asik internetan juga kadang membuat orang lupa mengecek paket internetnya. Tanpa disadari ternyata penggunaan sudah melebihi batas (kuota habis). Pasang aplikasi monitor data untuk melihat penggunaan kuota data di smartphone kamu.

4. IMEI Hilang

Nomor IMEI bisa dibilang merupakan identitas dari sebuah smartphone, jika hilang otomatis kartu tidak akan terbaca. Kasus ini sering terjadi pada hape yang sering di-root atau ganti custom ROM.

Cara Mengatasi Internet Tidak Konek

Jika kamu mengalami masalah ini, tidak perlu panik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah internet tidak konek. Berikut ini diantaranya:

1. Gunakan Airplane Mode

Airplane mode atau mode pesawat sampai sekarang masig dianggat efektif untuk me-refresh jaringan internet. Aktifkan mode pesawat selama 5 - 10 detik, kemudian matikan kembali. Cara ini akan memperbarui jaringanmu dengan yang baru.

2. Setting APN

APN atau Access Point Name seringkali dilupakan para pengguna smartphone, terutama mereka yang malas otak-atik. Jika kamu suka ganti kartu baru untuk paket internet, selalu cek APN yang digunakan. Di beberapa kasus, APN kosong sering menjadi masalah internet tidak bisa dipakai. Pengaturannya biarkan default saja, yang penting tidak kosong.

3. Restart Smartphone

Jika berbagai cara sudah kamu lakukan tetap tidak bisa juga, ada baiknya kamu restart saja smartphone-mu. Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan, biasanya sih setelah restart hp akan normal kembali.

Masih tidak konek? Silahkan komen di bawah dan jelaskan detilnya, nanti saya bantu jawab.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel