6 Cara Menggunakan Google Now yang Harus Kamu Tahu

launcher terbaik untuk android

Jika kamu pengguna ponsel Android dengan jaringan internet Indosat, Telkomsel, dan semacamnya, kamu pasti sudah akrab dengan Google. Kamu juga pasti tahu dengan Google Now, semacam asisten virtual dengan berbagai fungsi yang kini bisa diakses oleh pengguna berbagai jenis ponsel Android. Google Now punya fungsi yang sama dengan Siri di iPhone dan Cortana di Windows. Tak kalah dari keduanya, Google Now juga punya banyak fitur yang siap memudahkan hari-harimu.

Baca juga: 5 Launcher Terbaik Untuk Merubah Tampilan Android

Walau Google Now memiliki berbagai fungsi menarik, tetapi banyak orang ternyata masih belum menggunakannya secara maksimal. Kalau kamu tertarik ingin memanfaatkan fitur Google Now dengan cara yang tidak banyak diketahui pengguna lain, coba lakukan 6 tips berikut ini.


1. Menerjemahkan Tanpa Google Translate

translate kata menggunakan google now
Source: id.vulcanpost.com
Google Translate mungkin bukan solusi tepat untuk menerjemahkan satu makalah, misalnya, tetapi kamu bisa menggunakannya untuk menerjemahkan kata-kata dan frase pendek secara cepat. Sayangnya, menerjemahkan dengan Google Translate cenderung agak repot karena kamu harus membuka Google dan masuk ke fungsi Translate dulu sebelum bisa menerjemahkan. Kalau kamu kebetulan menemukan suatu kata di artikel yang sedang kamu baca, kamu harus mengingat kata itu, lalu masuk ke Google Translate dan mengetiknya sendiri.

Lupakan kerepotan itu dengan Google Now. Kamu cukup membuka fitur ini, pilih Now on Tap dan pilih ikon berbentuk jari. Setelah itu, kamu tinggal membuka halaman yang sedang dibaca, dan tunjuk kata yang ingin kamu terjemahkan. Hasilnya akan muncul tanpa kamu harus repot mengetik.

2. Membuka Aplikasi Tanpa Jari

membuka aplikasi android
Source: gadget2hp.blogspot.com
Apakah ada aplikasi yang sering kamu gunakan di ponsel? Mungkin kamu pengguna setia Whatsapp atau Line untuk chatting. FYI, kamu sekarang bisa lho beli pulsa di Traveloka. Dengan Google Now, kamu tidak perlu repot menggeser ikon-ikon di ponsel dan menggunakan jari-jarimu untuk membuka aplikasi (apalagi kalau kamu sedang repot). Cukup ucapkan “Open (nama aplikasi)” (atau “Buka” jika kamu menyetel bahasa Indonesia) dan kamu sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga: Awas, 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Akun WhatsApp Diblokir!

3. Melacak Informasi Penerbangan di Gmail

layanan email google merupakan yang terbaik
Source: www.zdnet.com
Jika kamu sering memesan tiket yang informasinya dikirim ke Gmail, misalnya lewat Traveloka, kamu bisa melacak informasi tersebut setiap saat menggunakan tampilan yang lebih enak dilihat. Google Now akan menggunakan informasi yang ada di Gmail sebagai panduan untuk menciptakan tampilan mudah bagi informasi penerbanganmu, seperti rute, tanggal, dan waktu penerbangan. Pastikan akun Gmail milikmu tersambung dengan Google Now untuk mengaktifkan fungsi tersebut.

4. Melacak Sumber Gambar yang Ada di Ponsel

melacak gambar menggunakan google now
Source: www.cariinfo.com
Pernahkah kamu melacak sumber gambar lewat internet Google dengan menggunakan fungsi klik kanan? Kamu bisa melakukan hal yang sama dengan gambar-gambar yang ada di ponselmu tanpa harus repot-repot membuka Google secara manual. Caranya, aktifkan fungsi Now on Tap, lalu cukup pilih gambar di galeri ponsel atau layar yang ingin kamu ketahui sumbernya.

5. Membuat Screenshot dengan Mudah

cara mudah screenshot di hape
Source: Daftarpedia
Jika kamu menggunakan ponsel Android dan ingin mengambil screenshot, kamu biasanya harus menekan tombol volume bawah serta Home bersama-sama, atau menggeser tiga jari di atas layar dari atas ke bawah. Jika kamu sudah memilih tampilan layar yang ingin kamu jadikan screenshot, kamu tinggal mengaktifkan Now on Tap dan pilih fungsi Share. Kamu otomatis akan mendapat screenshot yang bisa langsung kamu simpan atau kirim sesuai kebutuhan.

Jangan lupa, agar perintahmu bisa dipahami walaupun kamu tidak menggunakan bahasa Inggris, kamu harus mengganti setelan bahasa pada Google Now. Caranya cukup pergi ke menu Settings (Pengaturan), lalu pilih lagi menu Voice > Languages.

6. Penggunaan Mode Offline

mengakses google now tanpa jaringan internet
Source: www.slashgear.com
Bagi kamu yang harus menghemat kuota atau sedang tidak berada di tempat yang memilki jaringan Wi-Fi, Google Now menawarkan fungsi offline. Pilihan ini tentu saja lebih terbatas dari Google Now yang digunakan dengan jaringan internet, tetapi kamu masih bisa menggunakan berbagai fungsi seperti meredupkan layar, membuka aplikasi standar, menyetel alarm dan penghitung waktu, memainkan musik, serta menyalakan dan mematikan fungsi Wi-Fi maupun Bluetooth saat kamu sudah mendapat sinyal internet.

Baca juga: Bluetooth Versi 5 Rilis dengan Kecepatan 4 Kali Lipat!

Google Now memiliki banyak fungsi berguna, bahkan mungkin yang tidak kamu sadari sebelumnya. Jika kamu pengguna internet Indosat pada ponsel Android, kamu bisa memanfaatkan berbagai fungsi Google Now untuk memudahkan keseharianmu, bahkan ketika kamu sedang tidak tersambung pada jaringan internet.

Diberdayakan oleh Blogger.