4 Tips Untuk Amankan Akun Gmail

mengamankan akun gmail

Google Mail atau yang lebih akrab dipanggil Gmail adalah layanan email milik Google Inc. Banyak sih penyedia layanan email lain seperti Yahoo dan Outlook, tapi nampaknya Gmail masih jadi primadona karena beragam kelebihan yang disediakan.

Seberapa seringkah kamu berkirim pesan dengan email? Jika iya, penting rasanya untuk mengenkripsi agar tidak rawan diretas. Kali ini TeknoSee akan membagikan serangkaian tips mengamankan akun Gmail. Berikut tipsnya:


1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Hal paling dasar yang bisa kamu lakukan adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah (two step verification). Dengan fitur ini, kamu nantinya membutuhkan password dan nomor telepon untuk masuk ke akun email kamu.

Cara kerjanya sederhana, setelah kamu memasukan password kamu akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Masukan kode tersebut pada kolom yang disediakan dan barulah akun dapat diakses.

Metode ini mungkin terkesan ribet. Tapi fitur ini sangat baik digunakan untuk mengamankan akun.

2. Gunakan Incognito Mode pada Browser

Tips ini digunakan bagi kalian yang sering menggunakan komputer publik untuk mengakses akun. Namanya juga komputer publik, jadi yang pakai bukanlah kamu seorang. Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan seperti lupa logout, kamu bisa gunakan mode privat atau Incognito Mode.

Dengan menggunakan Incognito Mode, segala password dan data yang kamu masukan tidak akan disimpan browser. Jika kamu lupa tidak logout akun di Incognito Mode, akun tersebut akan otomatis dikeluarkan saat browser ditutup.

3. Gunakan Password yang Aman

membuat password yang aman

Password bisa dibilang adalah bagian terpenting untuk keamanan akun. Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti nama atau tanggal lahir. Untuk membuat password yang aman, gunakan kombinasi angka dan huruf serta karakter khusus agar susah dibobol. Lebih baik gunakan minimal 8-10 karakter agar lebih aman.

4. Ganti Password Secara Berkala

Seaman-amannya kata sandi yang kamu buat, akan lebih baik lagi jika kamu rutin menggantinya secara berkala. Tidak usah terlalu sering, 6 bulan sekali juga sudah cukup. Ingat juga untuk tidak menggunakan sandi yang sama pada setiap akun yang kamu miliki.

Diberdayakan oleh Blogger.