5 Launcher Terbaik Untuk Merubah Tampilan Android

mengubah tampilan di android

Tampilan itu penting, masak pakai smartphone keren dan mahal tapi tampilannya biasa. Dan rasanya memang membosankan kalau melihat tampilan yang itu-itu saja tiap hari. Iya kan? Karena Android merupakan sistem operasi populer, mengganti tampilan bukanlah hal sulit dilakukan. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan, antara lain:
  • Pakai Launcher
  • Instal Icon Pack
  • Kustomisasi ROM (root)
Dari ketiganya, yang akan saya bahas pada artikel ini adalah mengganti tampilan Android dengan launcher. Launcher itu juga aplikasi, bisa diunduh langsung via Play Store. Banyak banget pilihan launcher yang bisa kamu pilih dan coba terapkan.

Kelebihan Launcher

Memang fungsi utamanya adalah mengganti user interface smartphone, tapi launcher juga punya kelebihan lain lho. Di tema bawaan, mungkin kamu hanya akan dihadapkan sedikit fitur untuk kustomisasi tampilan. Tapi dengan launcher, kamu akan disuguhkan lebih banyak hal untuk dilakukan. Kamu bisa merubah ikon aplikasi, menyembunyikan aplikasi atau menambahkan scroll effect untuk lebih mempercantik tampilan.


5 Launcher Terbaik di Android

Ada ratusan atau bahkan ribuan pilihan launcher yang bisa kamu download secara gratis maupun berbayar di Play Store. Pilihan sih banyak, tapi mana yang paling bagus? 5 launcher pilihan terbaik di Android versi TeknoSee berikut bisa kamu jadikan rekomendasi.

1. Nova Launcher

launcher dengan menu yang simpel
sumber gambar: www.droid-life.com

[Harga: Gratis / 65.000]
Launcher terbaik menurut saya. Nova Launcher menghadirkan tampilan yang simpel namun tetap indah dipandang mata. Pengaturan yang mudah dipahami serta adanya ikon pack android 6.0 Marsmallow menurut saya menjadi kelebihan tersendiri dari launcher yang satu ini. Selain itu ada fitur gesture untuk membuat shortcut aplikasi, look & feel untuk menyesuaikan nuansa tampilan juga tersedianya banyak pilihan tema menjadikan peluncur yang satu ini salah satu favorit di Play Store. Bahkan ada fitur backup & restore juga lho. *Diunduh >10 juta kali dan mendapat rating 4,6 dari user review.

2. Arrow Launcher

launcher besutan Microsoft
sumber gambar: mspoweruser.com

[Harga: Free]
Buat kamu yang suka sama Windows OS, mungkin launcher ini cocok untukmu. Arrow menawarkan penyederhanaan sempurna untuk Android. Katanya sih, peluncur ini diklaim lebih hemat baterai dan hanya membutuhkan sedikit memori. Ukuran aplikasinya saja hanya 8,4 MB saja. Keunggulan yang paling menonjol dari Arrow Launcher adalah terintegrasi langsung dengan wallpaper harian Bing, Wunderlist, dan Microsoft Office. Tak heran sih, soalnya Arrow itu buatan Microsoft Corporation. Jadi, kalau kamu pakai Android tapi suka menggunakan aplikasi milik Microsoft, launcher ini bisa dijadikan pilihan. *Diunduh >1 juta kali dan mendapat rating 4,3 dari user review.

3. Google Now Launcher

launcher buatan google
sumber gambar: phonearena.com

[Harga: Free]
Kalau tadi Microsoft, sekarang Google. Mendengar kata Google, sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana kemampuan launcher yang satu ini. Seperti namanya, peluncur ini sudah built-in dengan Google Now. Sekedar informasi, Google Now adalah asisten pribadi cerdas yang dikembangkan oleh Google yang tersedia dalam aplikasi Google Search untuk Android dan iOS, serta Google Chrome di komputer. Cukup katakan "Ok, Google" dan kamu akan tahu semuanya. *Diunduh >50 juta kali dan mendapat rating 4,3 dari user review

4. Go launcher EX

launcher android dengan unduhan terbanyak
sumber gambar: gazettereview.com

[Harga: Free / In-app Purchase: 12.000 - 349.383]
GO Launcher adalah salah satu peluncur Android paling populer dengan lebih dari 100 juta instalasi setidaknya sampai artikel ini dibuat. Hal ini Ini berkat kesederhanaan dan pilihan tema yang sangat beragam. Go Launcher menyediakan pengguna pengalaman yang ringkas, cepat dan animasi yang pasti membuatmu betah menggunakan peluncur yang satu ini. Untuk sekedar informasi, Go Launcher hanya salah satu aplikasi buatan Go Dev Team. Mereka punya banyak aplikasi lain seperti Go SMS, Go Media Manager, Go Contact dan masih banyak lagi. *Diunduh >100 juta kali dan mendapat rating 4,5 dari user review.

5. Buzz Launcher

launcher dengan banyak pilihan tema
sumber gambar: www.androidguys.com

[Harga: Free]
Buzz Launcher adalah peluncur intens populer dengan berbagai jenis tema. Buzz Launcher menggunakan sesuatu yang disebut Homepacks yang memungkinkan kamu untuk tidak hanya menyesuaikan ikon saja, tetapi benar-benar mengubah seluruh tampilan ponselmu. Ada lebih dari 1.000.000 tema gratis yang bisa kamu gunakan. Cobalah dan kamu aka tahu sendiri kehebatan launcher yang satu ini. Sayangnya Buzz punya satu kelemahan yakni agak banyak memakan resource. *Diunduh >10 juta kali dan mendapat rating 4,4 dari user review.

Sudahkah kamu coba salah satunya?

Diberdayakan oleh Blogger.