5 Tips Aman Download Aplikasi dari Internet

download aplikasi

Download agaknya menjadi aktivitas yang lumrah sekarang, terutama untuk aplikasi. Dengan mudahnya akses internet seperti sekarang, mendownload aplikasi bukanlah sesuatu yang susah. Hampir semua orang pernah atau bahkan sering download aplikasi dari internet.

Namun, kamu juga harus tetap hati-hati karena ada beberapa aplikasi yang 'sengaja' disisipi malware atau virus yang bertujuan untuk mencuri data atau menampilkan iklan dengan paksa dari aplikasi yang kita instal.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut 5 tips yang bisa kamu lakukan sebelum download aplikasi di internet.


1. Gunakan Mesin Pencari

mesin pencari nomor satu di dunia

Hal yang bisa dibilang dasar yang pasti dilakukan setiap orang untuk mencari aplikasi, memanfaatkan mesin pencari. Kamu bisa ketikkan nama aplikasi yang akan kamu download di kolom pencarian mesin pencari, setelah muncul hasil pencariannya kamu bisa memilih situs yang terpercaya untuk mulai download.

2. Cari Review

mengulas kelebihan dan kelemahan suatu aplikasi

Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa mencari beberapa sumber yang me-review aplikasi yang ingin kamu download. Hal ini digunakan untuk mengetahui kegunaan atau fungsi aplikasi itu sendiri. Jika memang performanya baik, kamu bisa lanjut download. Tapi jika tidak, kamu bisa mencari aplikasi sejenis yang memiliki performa yang lebih baik.

3. Pilih Situs Official

Banyak pilihan situs atau website yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengunduh aplikasi. Tapi untuk lebih amannya, lebih disarankan untuk download aplikasi langsung dari situs resminya. Selain lebih terpercaya, download aplikasi dari situs resmi juga lebih mudah karena biasanya tidak ada iklan, mengingat kadang ada iklan yang mengecoh.

Namun, ada juga situs non-resmi namun memiliki kredibilitas tinggi untuk urusan download aplikasi desktop maupun mobile. Misal seperti JalanTikus atau FileHippo.

4. Scan dengan Antivirus

cara melakukan scanning dengan antivirus

Jika merasa masih kurang yakin dengan aplikasi yang sudah kamu download, kamu bisa melakukan scanning terlebih dahulu sebelum meng-instal aplikasi. Banyak pilihan antivirus yang bisa kamu gunakan seperti Smadav.

5. Jangan Asal Instal

Kesalahan yang paling banyak dilakukan sebagian besar orang adalah 'asal instal' atau asal klik next saja yang penting aplikasi terinstal. Padahal, apa yang kamu lakukan tersebut bisa saja membuatmu ikut meng-instal aplikasi yang tidak kamu inginkan.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa developer yang menyertakan aplikasi lain saat proses instalasi. Jika kamu asal instal, bukan tidak mungkin aplikasi yang tidak kamu inginkan ini akan ikut terinstal.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan sebelum download aplikasi di internet. Semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.