5 Aplikasi Bajakan Paling Banyak Diinstal di Komputer

membajak adalah tindak kejahatan

Mahalnya harga suatu aplikasi terkadang membuat sebagian orang lebih memilih menggunakan versi bajakan daripada original. Ya, karena memang aplikasi bajakan bisa didapatkan tanpa mengeluarkan biaya. Selain itu, mendapatkannya pun tergolong mudah dan yang terpenting gratis.

Dari sekian banyak aplikasi bajakan yang beredar, ada beberapa aplikasi yang paling banyak digunakan mayoritas orang. Mungkin, hampir setiap komputer terinstal. Inilah 6 aplikasi bajakan terpopuler.


1. Windows

sistem operasi desktop terpopuler

Windows adalah sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Jadi tak heran kenapa Windows bajakan banyak beredar. Selain karena harganya yang tergolong mahal, Windows bajakan juga mudah diperoleh. Banyak sumber atau website yang menyediakannya. Bahkan kamu juga bisa pinjam di rental kaset.

Alternatif lain: Linux

2. Microsoft Office

aplikasi office untuk pelajar

Aplikasi kantor seperti Word, Excel, dan Power Point memang terbukti sangat membantu dalam menyelesaikan tugas atau suatu pekerjaan. Terutama buat kamu yang masih berstatus pelajar / mahasiswa, pastilah office sudah jadi makanan sehari-hari buatmu. Jadi, tidak mengherankan kalau aplikasi ini sangat populer bajakannya.

Alternatif lain: Kingsoft Office, Libre Office

3. Adobe Photoshop

photosop lebih baik dari corel draw

Jika ada orang bertanya tentang software image editor, mungkin 90% dari mereka akan menjawab Photoshop lah yang terbaik. Memang benar, Photoshop bisa dikatakan sebagai aplikasi edit gambar terbaik dan terpopuler. Kamu bahkan bisa melakukan apapun dengan gambarmu. Sayangnya, software buatan Adobe ini harganya tidak murah. Mungkin hal itulah yang membuat Photoshop banyak dibajak.

Baca juga: Aplikasi Termahal di Play Store

Alternatif lain: GIMP

4. Internet Download Manager (IDM)

menambah kecepatan download idm

Siapa yang tidak kenal dengan IDM? Download manager yang mungkin sudah akrab dengan semua penikmat download. Dengan IDM, kamu akan memperoleh kecepatan download yang lebih tinggi dibanding menggunakan download manager bawaan. Ditambah adanya fitur lain seperti Pause & Resume, Auto Stop dan sebagainya yang menjadikan IDM sebagai aplikasi top untuk urusan download. IDM juga termasuk aplikasi yang paling banyak beredar versi bajakannya. Bahkan setiap ada update, crack-nya pun langsung keluar.

Alternatif lain: EagleGet

5. WinRar

winrar winzip 7zip, bagus mana?

Winrar adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengarsipkan sebuah file. Setelah diarsip, ukuran file juga akan menjadi lebih kecil. Itulah kenapa saat kita mengunduh file di internet, biasanya berkestensi .rar. Selain untuk kompre ukuran, file juga lebih tertata dengan rapi. Winrar memberikan masa trial selama 40 hari, setelah itu pengguna diminta untuk membeli. Tapi, kebanyakan cuma di-crack sih.

Alternatif lain: 7-Zip

Satu hal yang membuat orang memilih untuk tidak menggunakan software original ialah masalah harga. Kebanyakan orang berpikir "daripada beli mending pakai yang gratis". Ya, intinya selama software bajakan masih beredar, rasanya sulit untuk menghilangkan mindset tersebut.

Baja juga: 5 Dosa yang Biasa Dilakukan Pengguna Android

Padahal sebenarnya menggunakan aplikasi bajakan juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah tidak adanya update. Padahal update ini sangat penting untuk memperbaiki kesalahan (bug) atau penambahan fitur dalam aplikasi. Tapi semua tetap kembali ke pribadi masing-masing. So, kamu pilih original atau bajakan?

Diberdayakan oleh Blogger.