5 Dosa yang Biasa Dilakukan Pengguna Android

sistem operasi android menjadi os paling banyak digunakan

Memang tidak bisa disangkal kalau Android menjadi sistem operasi smartphone yang paling digandrungi saat ini. Kebanyakan orang memilih menggunakan Android ketimbang iOS dan Windows Phone. Selain murah, android juga punya segudang kelebihan lain yang membuat sistem operasi buatan Google ini digemari.

Saking banyaknya user android, tidak sedikit dari mereka yang sadar atau tidak sadar telah melakukan "dosa". Tau sendiri lah apa arti kata dosa disini. Daripada kelamaan, yuk simak 5 dosa yang sering dilakukan user android.


1. Instal Aplikasi Bajakan

aplikasi bajakan berpotensi mengandung malware

Android menyediakan wadah yang disebut Play Store bagi penggunanya untuk mencari aplikasi. Kamu bisa menemukan jutaan aplikasi yang bisa kamu download bebas, ada yang gratis maupun berbayar. Nah, karena terkadang tidak mau mengeluarkan uang, sebagian orang lebih memilih menggunakan aplikasi bajakan yang banyak beredar di luar Play Store.

Dengan begitu, pengguna bisa menikmati aplikasi Pro tanpa harus membuang uang. Padahal aktivitas ini bisa jadi berdampak buruk untuk smartphone, lho. Bisa jadi aplikasi yang kamu unduh berisi virus atau script yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk mencuri data pribadi kamu.

2. Jarang Update Aplikasi dan Sistem Operasi

update bertujuan untuk memperbarui sistem dan menambal bug

Hemat kuota adalah alasan paling klasik kenapa orang tidak mau update aplikasi dan OS. Padahal update kan dibuat untuk memperbarui dan menambal bug (kesalahan) pada versi sebelumnya. Jika tidak di-update, aplikasi tidak akan bisa menggunakan fitur baru yang diberikan developer.

3. Kecanduan Charging Pakai Powerbank

kelemahan nge-charge pakai powerbank

Meskipun punya kapasitas baterai yang besar, terkadang orang masih saja ngerasa kalau baterai ponselnya boros. Powerbank pun digunakan sebagai alternatif saat kehabisa baterai di luar ruangan. Smartphone akan tetap aman dari istilah lowbatt. Namun, perlu kamu ketahui kalau arus yang dikeluarkan powerbank tidak semuanya cocok dengan smartphone. Jika ini terjadi dan terus-menerus dilakukan, baterai kamu akan ceat rusak / bocor.

Walaupun begitu, bukan berarti nge-charge pakai powerbank adalah hal buruk. Selama daya powerbank cocok dengan smartphone, semuanya akan baik-baik saja kok.

4. Banyak Instal Aplikasi yang Tidak berguna

jenis aplikasi android yang ada di play store

Entah karena punya hape baru atau lagi banyak kuota, terkadang sebagian orang punya hobi instal aplikasi baru, padahal belum tentu bakal digunakan. Intinya coba-coba gitu lah. Tapi kalau gak tau tujuan dan kegunaan aplikasi yang diinstal buat apa juga? Lebih baik instal aplikasi yang memang benar-benar berguna dan kamu butuhkan.

5. Rooting Android

rooting adalah cara untuk mendapatkan hak akses admin di android

Rooting ini biasanya dilakukan oleh user yang bisa dikatakan "advanced" dalam masalah oprek-oprekan. Dengan nge-root android, kamu akan mendapatkan akses Super User atas smartphone androidmu. Jadi kamu bisa melakukan apa saja, macem admin gitu. Kamu bisa hapus aplikasi bawaan, ganti ROM, pindah aplikasi ke memori eksternal, ganti IMEI dan masih banyak lagi. Tapi resikonya, kamu akan kehilangan garansi atas ponsel yang kamu beli. Jadi, hati-hati ya!

Itulah kelima dosa yang sering dilakukan user android, dosa mana yang pernah kamu lakukan?

Diberdayakan oleh Blogger.