6 Alasan Kenapa Root Android Itu Menyenangkan

proses root di android

Android adalah sistem operasi milik Google yang lisensinya Open Source, artinya kamu bebas mengutak-atik ponsel androidmu dengan bebas. Tapi hal tersebut tidak serta-merta bisa langsung dilakukan. Kamu terlebih dulu harus memiliki hak akses admin (super user) yang disebut dengan root. Android yang sudah berstatus root barulah bisa kamu oprek.

Kelebihan Root Android

Saat kamu membeli sebuah smartphone dengan merek apa saja, kebanyakan para vendor (walau ada sebagian) mengunci bootloader untuk membatasi akses pengguna agar tidak terjadi kesalahan sistem. Padahal, dengan memiliki akses root, kita bisa melakukan banyak hal seru dan memaksimalkan performa dari android yang kamu miliki. Berikut 6 alasan yang mungkin bisa memotivasi kamu untuk melakukan root.


1. Menghapus Aplikasi Bawaan (Bloatware)

Terkadang kita sebagai pengguna merasa banyak aplikasi yang 'kurang berguna' yang diinstal secara default (bawaan vendor). Yang lebih menyebalkan, aplikasi tersebut tidak bisa dihapus. Hal tersebut dikarenakan kamu tidak memiliki akses untuk menghapus aplikasi yang bersangkutan. Dengan melakukan root, kamu bisa menghapusnya untuk menghemat ruang penyimpanan, memperkecil penggunaan RAM dan menghemat penggunaan baterai.

2. Backup and Restore

Sebenarnya tanpa akses root android pun kamu sudah bisa melakukan backup data. Tapi dengan root, kamu akan memiliki lebih banyak opsi dalam hal mencadangkan data. Salah satu aplikasi favorit yang paling banyak digunakan adalah Titanium Backup yang memungkinkan kamu melakukan backup aplikasi beserta data di dalamnya.

3. Instal Aplikasi di Memori Eksternal

Secara default aplikasi yang diinstal akan dimasukkan ke memori internal. Padahal untuk beberapa alasan (misal storage penuh) orang ingin memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Sayangnya tidak semua dari aplikasi tersebut bisa kamu pindahkan. Solusinya, kamu bisa instal App2SD atau Link2SD dari Google Play.

4. Custom ROM

salah satu custom rom terbaik

Merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja? Custom ROM bisa jadi pilihan tepat untukmu. Selain merubah tampilan, kamu akan mendapat banyak fitur unik yang tidak kamu dapatkan dari ROM bawaan. Ada juga ROM yang didesain untuk menunjang performa (ringan) jadi sangat cocok untuk ponsel dengan spesifikasi rendah. Banyak model ROM custom populer yang bisa kamu coba, seperti: CyanogenMod, Paranoid Android dan MIUI.

5. Melacak Ponsel yang Sudah di-reset

Meskipun dibawa kemana-mana, tidak bisa dipungkiri kemungkinan ponsel hilang tetap ada entah apa alasannya. Carberus adalah aplikasi pelacak yang mampu masuk ke dalam sistem Android. Dia tidak akan hilang meskipun ponsel telah di-reset. Aplikasi ini sangat berguna jika ponselmu hilang karena dicuri, sebab HP pasti akan direset untuk menghilangkan jejak.

6. Instal Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root

Ada banyak sekali aplikasi berguna yang hany bisa diakses dengan android yang sudah di-root. Sebut saja Greenify (menghibernasi aplikasi), RAM Manager (manajemen penggunaan RAM), Freedom (hack in-app purchase), Lucky Patcher (membuat aplikasi gratis jadi full version), Root Explorer (menjelajah file sistem) dan masih banyak lainnya.

Kekurangan Root Android

Dengan semua kelebihan yang ada, pastilah tetap ada kekurangan yang mendampingi. Perlu dingat, ada 2 hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan rooting. Antara lain:

1. Garansi Hilang

Seperti yang penulis tuliskan di atas, salah satu alasan vendor tidak langsung memberikan akses root adalah untuk menghindari kesalahan sistem akibat penggunaan yang salah (human error). Untuk itulah vendor mengunci bootloader untuk meminimalisir terjadinya kerusakan atau sekedar error. Jadi garansi resmi dianggap hilang jika android sudah pernah di-root.

2. Keamanan Berkurang

android lebih rentan terhadap serangan dari luar

Karena akses terhadap sistem telah dibuka, berarti celah keamanan sistem juga semakin rentan. Jadi virus atau malware berbahaya akan lebih mudah menyerang sistem. Namun ini tidaklah mutak, semua tergantung dan kembali lagi kepada kamu sebagai pengguna.

Jadi pikirkan baik-baik, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.