8 Kelebihan iOS yang Tidak Dimiliki Android

perbandingan ios dan android

iOS dan Android adalah dua sistem operasi yang paling banyak dipakai untuk mobile. Bedanya Android bersifat universal (dipakai banyak vendor) dan iOS lebih eksklusif karena hanya dipakai oleh Apple saja. Untuk urusan mayoritas, tidak bisa dipungkiri kalau pengguna Android lebih banyak ketimbang iOS sendiri. Tapi nyatanya iOS selalu bisa mengungguli Android dalam berbagai perbandingan. Itulah mengapa banyak orang rela membeli iPhone walau harganya mahal.

Lanjut ke topik, di artikel ini penulis akan membahas kelebihanan dari iOS itu sendiri. Atau lebih tepatnya 10 kelebihan iOS dibandingkan Android. Apa saja ya kira-kira?


1. Desain

perubahan desain iphone tidak terlalu mencolok
www.makemac.com
Poin pertama dari segi desain. Sejak awal sampai sekarang iPhone selalu hadir dengan desain yang hampir bisa dikatakan sama, tidak ada perubahan mencolok dari desain yang dipakai. Hal ini memunculkan kesan eksklusif nan elegan. Percaya deh, dari dulu sampai sekarang entah kenapa desain iPhone selalu terkesan elegan daripada smartphone lainnya.

Berbeda dengan android yang dipakai untuk banyak vendor membuat android memiliki desain yang berbeda-beda tergantung vendor pembuatnya. Hal ini membuat tampilan si robot ijo jauh dari kesan eksklusif.

2. UI dan UX Lebih Baik

tampilan iphone mudah dipahami
www.graphicsfuel.com
Jika kamu pernah menggunakah iPhone, pasti akan menyadari bahwa tampilan dan cara penggunaannya sampai sekarang selalu sama. Entah itu iPhone 4, 5, 6, atau 7 sekalipun. Hal ini membuat pengguna iPhone mudah untuk memahami sekalipun mereka baru pertama kali pakai iPhone. Kalau android kan beda-beda. Bisa dikatakan beda vendor beda tampilan. Bahkan letak tombol back saja kadang berbeda.

3. Purna Jual Lebih Baik

sampai sekarang apple store belum ada di indonesia

Tidak ada perangkat selain iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS. Dan dengan label produknya yang premium Apple juga memastikan agar semua penggunanya mendapatkan kualitas pengalaman yang sama dengan pengguna iOS lainnya. Begitu juga dalam segi layanan purna jualnya.

Kemana para pengguna Android harus datang jika smartphone-nya rusak? Pengguna iPhone mungkin tak perlu pusing. Mereka hanya perlu menyambangi Apple Store dan semua masalah selesai, tentunya dengan biaya perbaikan yang telah dilunasi. Satu hal yang perlu digaris bawahi disini ialah di Indonesia belum ada Apple Store. Jadi mungkin poin ini tidak cocok untuk pengguna iPhone di Indonesia.

4. Aplikasi Hadir Lebih Dulu

aplikasi di iphone lebih sedikit tapi hadir lebih dulu

Dari sisi aplikasi iOS ini sedikit lebih unggul dari Android. Kenapa? Karena kebanyakan aplikasi akan hadir di iOS lebih dahulu. Hal ini membuat para pengguna iPhone memiliki hak khusus untuk merasakan aplikasi lebih dulu. Sebut saja game besutan Supercell yang booming beberapa tahun lalu, Clash of Clans dan Clash Royale. Kedua aplikasi tersebut pun hadir untuk pengguna iPhone terlebih dahulu.

5. Kualitas Kamera

tips memotret dengan iphone

Memang sekarang sudah banyak android yang memiliki kamera bagus. Namun kualitas kamera terbaik tetap paling tepat dilayangkan untuk iPhone. Sekalipun smartphone flagship sekalipun, penulis rasa iOS masih tetap unggul ntuk urusan kamera.

6. Sistem Operasi Lebih Stabil

processor terbaru apple

Semakin kesini, android selalu punya RAM yang lebih besar. Dari mulanya yang hanya 1GB, 2GB dan sekarang bahkan ada yang sampai 6GB. Meskipun besar dan lega, nyatanya si robot ijo terkadang masih nge-lag untuk beberapa task. Silahkan bandingkan dengan iPhone yang memiliki kapasitas RAM lebih sedikit, tapi kenapa iPhone hampir tidak pernag lag? Hal ini karena manajemen aplikasi dari iOS sudah sangatlah bagus sehingga hampir bisa melakukan segala tugas dengan lancar.

7. Dukungan Update Software

update ios 10

Baik iOS maupun Android sebenarnya punya dukungan untuk update software. Hanya saja update software milik iOS punya selang waktu lebih lama. iPhone 5 yang menggunakan iOS 6 saja masih support di-update ke iOS 9.2 lho. Sedangkan di Android, update biasanya hanya berjarak 2 atau 3 saja. Misal dari Jelly Bean ke KitKat dan mentok di Lollipop.

8. Memiliki Kesan Premium

iphone memiliki bentuk desain yang elegan

Banyak orang juga pasti akan setuju kalau iPhone adalah ponsel yang memiliki prestige paling tinggi. Sebagian orang mungkin pede-nya akan meningkat kala menggunakan iPhone. Desain eksklusif, material berkualitas dan tidak ada mereka lain yang memiliki desain serupa membuat iPhone diberi label Premium.


Diberdayakan oleh Blogger.