10 Kelebihan Android Yang Tidak Dimiliki iOS

bagus mana antara android dan ios

Android dan iOS adalah dua mobile operating system yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Keduanya masih terus bersaing dengan mengunggulkan kelebihan masing-masing. Menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk smartphone tentunya si 'robot ijo' ini juga punya segudang fitur canggih untuk menyaingi iPhone.

Android itu sistem operasi yang mudah dipahami dan digunakan untuk orang awam sekaligus. Selain hal tersebut, android masih punya kelebihan lain yang tidak dimiliki iOS. Apa saja?


1. Dual SIM

hape dengan fitur dual sim lebih diminati

Saat ini fitur dual simcard dalam satu smartphone sudah sangat wajar ditemui, bisa dikatakan semua device dengan sistem operasi android sudah mendukung dual sim. Fitur ini jelas memberikan kebebasan pengguna dalam menggunakan 2 nomor sekaligus. Kamu bisa menggunakan 2 nomor yang dibagi untuk 2 kebutuhan juga, 1 untuk data (internet) dan satu lagi sebagai nomor utama yang biasa digunakan untuk melakukan panggilan atau berkirim SMS.

2. Memori Eksternal

Dari dulu sampai sekarang, Apple tidak pernah menyematkan slot memori tambahan untuk ponsel mereka. iOS hanya mendukung memori internal saja yang dibagi menjadi beberapa kategori (8, 16, 32, 64, 128) GB. Berbeda dengan android, kamu bisa dengan bebas menggunakan memori eksternal jika dirasa memori internal hape kamu kapasitasnya kurang memadai. Hal ini membuat pengguna lebih leluasa dalam menyimpan file dan instal banyak aplikasi sekaligus.

3. Multi User

Mulai Android 5.0 Lollipop kamu bisa membuat benyak akun sekaligus dalam satu ponsel yang satu dan lainnya memiliki hak akses yang berbeda pula. Fitur ini tidak bisa kamu dapatkan di iOS yang hanya mengizinkan 1 akun untuk 1 perangkat saja.

4. Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dari Play Store, kamu bisa menginstal aplikasi dari sember lain yang biasa dengan istilah APK (Android Package) dengan mudah bahkan tanpa perlu melakukan rooting. Hal ini tidak bisa kamu temukan di iOS, atau dengan kata lain kamu hanya bisa instal aplikasi dari App Store saja. Jika ingin instal aplikasi dari sumber lain iPhone harus di-jailbreak terlebih dahulu.

5. Kustomisasi Tampilan

android punya benyak pilihan launcher untuk merubah tampilan

Android memberikan kebebasa kepada penggunaya untuk mengutak-atik tampilan sesuai keinginan. Kamu bisa dengan mudah mengganti tema, menambah widget, mengganti icon atau menggunakan launcher sekaligus. Semua hal tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah, misal untuk menambah widget atau shortcut kamu hanya perlu drag & drop aplikasi ke homescreen.

5. Charger Universal

Charger yang digunakan android adalah tipe USB yang bersifat universal (micro usb). Hal ini memberikan keleluasaan untuk melakukan charging dengan charger yang berbeda, kamu bahan bisa menggunakan kabel USB biasa untuk mengisi daya. Sedangkan iPhone menggunakan konektor khusus yang hanya bisa digunakan untuk iPhone saja.

7. Sinkronisasi Akun Google

Mengingat android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google Inc, kamu jelas memiliki keuntungan lebih dalam menggunakan aplikasi buatan Google. Drive, Gmail, Maps,Chrome adalah beberapa contoh aplikasi milik Google. Semua aplikasi tersebut akan selalu tersinkron otomatis dalam smartphone kamu.

8. Open Source

Android adalah sistem operasi yang berbasis pada Linux yang membuatnya bisa dikembangkan oleh semua orang. Hal inilah yang membuat berbagai vendor punya UI (User Interface) yang beragam. Misal TouchWiz (Samsung), ColorOS (Oppo), ZenUI (Asus), MIUI (Xiaomi) dan sebagainya.

9. Jumlah Aplikasi

android menyediakan jutaan aplikasi gratis dan berbayar di play store

Tak perlu ditanyakan lagi, aplikasi yang disediakan untuk android jelas lebih banyak daripada iOS. Belum lagi banyak pilihan aplikasi gratis yang bisa kamu instal dengan bebas.

10. Harga Lebih Variatif

Karena android adalah sistem operasi yang digunakan banyak vendor, harga yang ditawarkan pun menjadi lebih variatif. Kamu bisa dengan laluasa menentukan pilihan sesuai dengan ketebalan kantongmu, dari yang murah sampai mahal pun ada. Kalau iOS sih jangan tanya, mayoritas harga iPhone selalu diatas si robot ijo.


Diberdayakan oleh Blogger.