5 User Interface Android Paling Bagus, Punyamu Ada?

tampilan antarmuka smartphone

Selain spesifikasi, hal lain yang sering jadi pertimbangan dalam memilih smartphone ialah tampilan antarmuka atau UI (User Interface) dari sebuah smartphone. User interface sendiri bisa dikatakan sebagai cara user berkomunikasi dengan perangkatnya. Dengan kata lain, user interface adalah sebuah mekanisme untuk menciptakan pengalaman saat pengguna menggunakan smartphone. Bukan launcher lho ya!

Setiap vendor pun memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing dalam membuat UI. Beragam riset dilakukan agar bisa menciptakan sebuah tampilan yang sederhana dan simpel namun tetap indah dipandang mata. Mengingat tidak sedikit juga tampilan smartphone yang malah membingungkan penggunanya.

Nah, sampai sekarang ada banyak sekali macam UI yang dibuat dari berbagai vendor. Dari sekian banyak user interface android yang ada, ada 5 antarmuka terbaik menurut TeknoSee. Apa saja?


1. Sense UI (HTC)

antarmuka HTC series
source: phonearena.com
Sense UI memiliki tampilan yang hampir mirip dengan antarmuka bawaan android. Meski begitu, banyak fitur menarik yang bisa kamu dapatkan dari vendor kelas kakap ini. Di Sense UI 7, HTC membekali fitur Avatar Maker yang memungkinkan penggunanya membuat avatar pribadi sesuai selera penggunanya.

Untuk kamu yang suka menggunakan widget, Sense UI memberikan kemudahan dalam hal penataan widget. Cukup drag & drop dan letakkan shortcut sesuai keinginan.

2. MIUI (Xiaomi)

tampilan antarmuka xiaomi
source: xiaomi-mi.com
Meskipun termasuk produsen baru di kancah smartphone, Xiaomi selalu sukses menjual ponselnya. Selain spesifikasi tinggi dan harga yang murah, Xiaomi juga punya daya tarik dari segi tampilannya. MIUI 8 bahkan digadang sebagai interface android terbaik saat ini. Wow!

Kamu bisa dengan leluasa memodifikasi icon, widget, lock screen dan lainnya sesuai keinginan kamu. Satu lagi kelebihan yang saya suka dari MIUI adalah adanya update rutin setiap minggunya, ini sangat menguntungkan bilamana ada bug atau kesalahan di versi sebelumnya.

3. ZenUI (Asus)

tampilan antarmuka asus
source: www.zenui.com
Asus sendiri juga bisa dibilang masih baru dalam dunia smartphone. Saat pertama perilisannya Asus mendapat respon baik dengan menggunakan chipset Intel pada Zonfone-nya, padahal Intel adalah processor yang biasa digunakan untuk komputer. Dari situ Asus mulai mendongkrak namanya dengan membuat UI sendiri.

Disini Asus berhasil membuat tampilan antarmuka yang simpel nan ciamik dengan fitur unggulan Whats Next Widget dan Do it Later. "Whats Next Widget" akan membuat lockscreen hape-mu menjadi lebih atraktif dengan menambahkan info cuaca terkini, notifikasi email baru, SMS dan laiinya yang bisa kamu akses langsung via lockscreen. Sedangkan "Do it Later" digunakan untuk menyimpan tugas yang akan dikerjakan di lain waktu, kamu akan mendapatkan notifikasi sesuai waktu yang telah kamu tetapkan sebelumnya.

Disamping itu, kamu juga disuguhkan berbagai macam kustomisasi tampilan seperti icon pack, wallpaper dan theme yang bisa kamu unduh gratis. Kurang apa coba?

4. Flyme OS (Meizu)

tampilan antarmuka meizu
source: flymeos.com
Sama seperti Xiaomi, Meizu juga produsen yang berasal dari negeri tirai bambu. UI milik Meizu ini bisa dibilang unik karena tidak menyediakan App Drawer seperti UI kebanyakan. Navigation bar dari FlymeOS pun sangat identik dengan Windows 10 Mobile. Jadi, jika sebelumnya kamu adalah pengguna Windows Phone, UI ini bakal cocok denganmu.

5. Cyanogen

custom rom android
source: mashamam.com
Berbeda dari sebelumnya, ini adalah UI yang dikemabangkan secara open source. Umumnya pengguna Cyanogen adalah user yang suka dengan oprek-oprek android. Kelebihannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain ringan, kamu juga bisa melakukan berbagai tweak dan kustomisasi tanpa batas. Sayangnya, Cyanogen sudah ditutup terhitung 31 Desember 2016 yang lalu. Tapi jika kamu mau, kamu masih bisa mengembangkannya sendiri karena source code-nya masih bisa diunduh secara bebas.

Diberdayakan oleh Blogger.