5 Alasan yang Membuat Xiaomi Digemari Banyak Orang

smartphone asal china yang sukses di pasaran

Xiaomi adalah salah satu dari sekian banyak vendor smartphone yang hadir di pasaran. Produk-produk dari produsen asal Tiongkok ini juga selalu laris manis diborong banyak pembeli. Meskipun Xiaomi masih belum lama terjun di dunia smartphone, tapi mereka sudah bisa disejajarkan dengan vendor-vendor kelas atas lainnya seperti Samsung, Apple dan LG.

Tak hanya itu, mereka juga sukses menjual berbagai produk lain seperti Yi Cam, MI Powerbank dll. Apa sih yang membuat mereka begitu populer di kalangan masyarakat? Berikut ada 5 fakta yang membuat Xiaomi digemari banyak orang:


1. Harga Murah tapi Spesifikasi Kelas Atas

Mungkin inilah yang menjadi daya tarik utama dari smartphone buatan Cina. Kebanyakan dari mereka selalu menghadirkan varian smartphone dengan harga yang cenderung miring yang tentunya pas di kantong, baik itu kelas menengah ke bawah ataupun menegah ke atas.

Meskipun dibanderol dengan harga relatif murah, spesifikasi yang ditawarkan tentunya tidak murahan. Kamu bisa mendapatkan spesifikasi kelas 5 jutaan hanya dengan 2 jutaan saja.

2. Memberikan Update Berkala

Keunggulan lain yang jarang diberikan vendor lain adalah perihal update yang jarang diberikan. Berbeda dengan vendor lain, Xiaomi memberikan update secara berkala untuk memperbarui fitur dan memperbaik bug pada MIUI. Update 1 minggu sekali untuk ROM dan 1 bulan sekali untuk versi stable-nya. Update diberikan secara OTA (Over the Air) atau dengan kata lain, pengguna bisa bebas melakukan update kapan saja dari menu update yang telah disediakan.

3. CEO Xiaomi yang Mirip Steve Jobs

ceo xiaomi

Steve Jobs adalah CEO dari Apple, meskipun beliau sudah tidak ada dan kini posisinya telah digantikan, Jobs tetaplah orang berjasa yang membawa Apple sampai seperti sekarang. Jika Apple punya Steve Jobs, Xiaomi punya Lei Jun. Di tangannya, Xiaomi berhasil berkembang pesat walau saat itu perusahaannya masih seumur jagung.

4. Strategi Penjualan "Hunger Marketing"

Hunger Marketing sendiri adalah teknik penjualan dimana produk yang dijual hanya tersedia dalam stok terbatas. Strategi ini terbukti membuat konsumen selalu penasaran dengan produk-produk baru yang akan diluncurkan. Strategi ini juga membuat image bahwa Xiaomi adalah produk yang bagus karena selalu habis terjual di pasaran.

5. Mendengarkan Pendapat Pengguna

Salah satu keunggulan yang dimiliki vendor asal Tiongkok ini adalah terbukanya mereka dengan konsumen. Para konsumen diberikan kebebasan untuk memberikan kritik dan saran yang nantinya digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan produk mereka kedepannya.

Diberdayakan oleh Blogger.