31 Desember 2016 Menjadi Akhir Bagi Cyanogen OS

cyanogen os ditutup

Bagi pengguna smartphone berbasis android, khususnya yang suka oprek-mengoprek pastilah tidak asing dengan sistem operasi yang satu ini. Cyanogen dikenal sebagai salah satu sistem operasi android modifikasi terbaik yang pernah ada. Banyak user android yang menggunakan CyanogenMod untuk urusan custom ROM smartphone mereka. Tapi kabar kurang sedap baru saja diumumkan pihak Cyanogen yang katanya bakal menutup layanan mereka pada akhir tahun atau 31 Desember 2016 mendatang.


"Sebagai bagian konsolidasi dari Cyanogen, semua layanan yang didukung oleh Cyanogen akan dihentikan paling lambat 31 Desember 2016, source code akan tetap tersedia bagi siapa saja yang ingin mengembangkan CyanogenMod secara personal", dilansir dari Cyanogen Blog.

Pemilik smartphone dengan Cyanogen OS pun disarankan untuk beralih menggunakan CyanogenMod ROM yang merupakan produk non-komersil dari Cyanogen. Masalahnya setiap rilisan CyanogenMod ROM belum tentu stabil, berbeda dengan Cyanogen OS yang sudah pasti stabil saat dirilis.

Sampai saat ini belum ada penjelasan lebih jauh tentang alasan Cyanogen tiba-tiba menghentikan layanannya. Situs resmi mereka pun hanya sebatas memberikan pengumuman untuk berhenti beroperasi saja tanpa embel-embel apapun.

Belum lama ini, perusahaan merencanakan sebuah konsep baru yang disebut Cyanogen Modular OS. Lewat program ini, Cyanogen memberikan kebebasan kebebasan terhadap vendor yang ingin bekerja sama dengan memilih sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun sayang, rencana ini juga tidak berjalan mulus.

Diberdayakan oleh Blogger.