Smadav, Antivirus Lokal Terbaik Untuk Komputermu

smadav adalah antivirus sampingan terbaik untuk komputermu

Virus adalah sebuah program jahat yang dapat menggadakan dirinya dan menyebarkannya ke file atau dokumen lain dalam komputer. Virus juga dapat mengambil informasi pengguna sekaligus merusak data yang ada dalam sebuah file atau dokumen. Ngeri kan?

Virus sendiri ada bermacam-macam, seperti:
  • Worm, virus ini bisa melipatgandakan diri sehingga membuat ruang penyimpanan (harddisk) sesak.
  • Trojan, virus ini dibuat seakan-akan untuk tujuan baik (crack/patch) dan pada saat dijalankan bisa mengirimkan informasi pengguna komputer kepada si pembuat virus.
  • Spyware, virus ini bisa memata-matai pengguna komputer seperrti melihat kebiasaanmu saat mengoperasikan komputer.
  • Rootkit, virus ini bisa bekerja mirip seperti sistem komputer.
Untuk mencegah serangan dari virus dibuatlah antivirus. Seperti namanya, antivirus akan melindungi komputermu dari serangan komputer yang dapat membahayakan komputer dan isi di dalammnya. Tapi tahukah kamu? komputer bukanlah salah satu media yang bisa diserang virus, ada media lain seperti USB (flashdisk dan harddisk).


Antivirus Lokal Terbaik

Dari sekian banyak antivirus yang ada, baik gratis atau berbayar terkadang malah tidak bisa mendeteksi virus yang ada dalam USB flashdisk. Mereka hanya fokus dengan virus yang menyerang komputer saja. Disinilah Smadav berperan. Antivirus buatan lokal ini sangat ampuh kinerjanya dalam menangani virus USB, bahkan menurut TS Smadav adalah antivirus lokal terbaik.

Kelebihan Smadav

Dengan predikat antivirus lokal terbaik, Smadav tentunya punya banyak kelebihan, antara lain:

Dipasang Berbarengan

Smadav bukanlah merupakan antivirus utama, bisa dibilang "tambahan" untuk mengoptimalkan kinerja antivirus utama. Seumpama kamu sudah memasang Avira di komputer, kamu bisa menambahkan Smadav untuk memberikan perlindungan ekstra. Perlu diketahui, kamu tidak seharusnya memasang dua antivirus utama sekaligus karena kinerjanya tidak akan maksimal bahkan malah memberatkan komputer.

Ukuran Kecil

Smadav versi terbaru 10.4 bahkan hanya berukuran 1,22MB. Di versi terbaru ini juga terdapat:
  • Penambahan database 800 virus baru.
  • Pembersihan virus Bundpil.
  • Penambahan fitur otomatis mengembalikan file tersembunyi di flashdisk.
  • Perbaikan beberapa kesalahan program.

Tidak Sering Update

Pernah kesal dengan antivirus yang selalu meminta update tiap harinya? Tidak demikian dengan Smadav. Antivirus ini tetap diupdate secara cerkala namun tidak terlalu sering. Menurut situs resminya, Smadav diupdate sekitar 1 bulan sekali. Tentunya ini cocok dengan kamu yang komputernya tidak selalu terkoneksi dengan internet.

Sebagai Cleaner

Dikala antivirus hanya fokus dalam membersihkan virus, Smadav mampu menata ulang registry yang telah diubah oleh virus tersebut. Memang banyak tool lain seperti CCleaner yang sudah banyak dikenal, tapi lumayanlah buat tambah fitur toh kinerjanya juga bagus.

Diberdayakan oleh Blogger.