1.1.1.1 DNS, Alternatif VPN Terbaik Untuk Internet Cepat dan Aman

one one one one adalah aplikasi dns buatan clodflare yang memiliki kecepatan paling stabil

Berbicara soal VPN (Virtual Private Network) pastinya tidak akan jauh-jauh dengan masalah pemblokiran situs. Alasannya jelas karena VPN sering dijadikan alternatif andalan untuk membuka situs yang diblokir. Ya, pokoknya situs yang kena indikasi Internet Positif bakal bisa diakses pakai VPN.

Cara kerja VPN sendiri adalah dengan cara membuat koneksi privat seperti sebuah terowongan bawah tanah yang nantinya digunakan sebagai jalan alternatif ke server tujuan.

Katakanlah di Indonesia kita tidak bisa membuka forum terkenal, Reddit, karena berbagai alasan yang sebenarnya saya sendiri bingung. Padahal, menurut saya tidak ada permasalahan konten di Reddit. Namun, nyatanya pemerintah menutup akses semua jaringan internet di Indonesia ke salah satu forum terbesar di dunia tersebut.

Sungguh menjengkelkan, ya?

Kalau misalkan sebuah website yang masuk daftar blokir pemerintah memang mengandung unsur negatif, rasanya masih bisa ditoleransi alasan pemblokirannya. Hanya saja, banyak situs web yang justru memiliki banyak manfaat tapi ikut-ikutan kena blokir pemerintah.

Penggunaan VPN

penggunaan vpn paling umum adalah membuka situs yang diblokir

Cara paling klasik dan simpel untuk mengatasi masalah tersebut ialah menggunakan VPN untuk merubah IP Address provider kita yang notabene di Indonesia menjadi IP Address negara lain. Entah itu Singapura, Amerika, Kanada, Jerman, Hongkong, dan negara lain yang tidak mungkin saya sebutkan satu per satu.

Berkat fungsinya yang powerfull tersebut, VPN menjadi aplikasi wajib bagi sebagian besar orang di dunia ini, termasuk Indonesia. Terutama mereka yang sering berselancar ke situs-situs yang dianggap memiliki konten negatif oleh pemerintah. Tidak harus yang berbau mesum, ya!

Layanan VPN sendiri ada banyak sekali, dari yang berbasis web sampai berbentuk aplikasi bisa dengan bebas digunakan, bahkan gratis. Ya, meski ada beberapa layanan yang mengharuskan penggunanya membayar untuk menikmati fitur yang lebih memanjakan. Misalnya saja unlimited bandwith dan pilihan negara yang lebih beragam.

VPN Terbaik?

Dari sekian banyak penyedia layanan VPN yang ada, tentu ada satu (atau beberapa) aplikasi yang dianggap terbaik. FYI, terbaik disini bisa dari beberapa aspek seperti:

  • Kemudahan penggunaan.
  • Batasan bandwith yang diberikan.
  • Kemampuan untuk menerobos berbagai situs.

Lalu, siapa yang terbaik?

Sampai artikel ini dibuat, sudah tidak terhitung berapa jumlah layanan VPN yang pernah saya pakai. Namun, menurut saya 1.1.1.1 lah yang terbaik. Kamu tidak salah baca kok, namanya memang '1.1.1.1'. Saya sendiri tidak begitu paham apa arti nama tersebut, yang jelas kemampuannya benar-benar memuaskan saya dalam hal membuka situs yang diblokir internet positif.

FYI, 1.1.1.1 sebenarnya bukanlah VPN, melainkan sebuah DNS resolver yang berfungsi untuk memaksimalkan kecepatan internet dan memanipulasi identitas. Meski begitu, fungsinya bisa dikategorikan sama seperti VPN karena mampu membuka situs apapun yang diblokir.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cloudflare dan APNIC ini memiliki tagline Safer and Faster Internet. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, cukup tekan toggle off menjadi on. Ya, semudah itu.

Berikut tampilannya saat sudah aktif.

mengaktifkan 1.1.1.1 cukup dengan sekali tap saja

Jika kamu menginginkan pengaturan yang lebih kompleks, klik saja ikon garis tiga di bagian bawah. Kemudian klik tab 'Advanced'.

1.1.1.1 memiliki fitur dan pengatura tambahan

Selanjutnya, tinggal terapkan setting-an terbaik versimu sendiri.

pengaturan tambahan 1.1.1.1 dns resolver terbilang cukup komplit untuk sebuah aplikasi gratis

Sekilas 1.1.1.1 memang terlihat sebagai aplikasi yang sangat sederhana. Pun tidak disediakan pilihan negara yang bisa digonta-ganti. Wajar sih sebenarnya, karena 1.1.1.1 adalah aplikasi DNS, bukan VPN . Karenanya IP Address tidak akan berubah saat dalam posisi aktif.

Dengan kata lain, kamu akan tetap memakai IP Address sesuai provider yang kamu gunakan. Meski begitu, kamu bisa dengan leluasa berselancar di internet tanpa perlu khawatir akan masalah internet positif. Data pribadimu juga akan disembunyikan kok, alias anonim. 100% aman.

Kerennya lagi, aplikasi DNS ini tersedia baik di Android maupun iOS dalam bentuk aplikasi. Untuk pengguna komputer desktop (Windows, Linux, MacOS), 1.1.1.1 juga memiliki pengaturan untuk merubah DNS-nya. Dengan kata lain, 1.1.1.1 bisa dipakai di semua sistem operasi, baik itu mobile atau desktop.

Saya lebih suka menyebut 1.1.1.1 sebagai aplikasi VPN gratis daripada DNS resolver karena bisa digunakan secara bebas tanpa adanya batasan bandwith. Jadi, buat kamu yang ingin mencari aplikasi VPN terbaik tapi bingung karena susah mencari yang benar-benar gratis dan ampuh, saya sarankan untuk menggunakan 1.1.1.1 by Cloudflare ini.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs resminya disini atau sub forum Cloudflare Community yang membahas khusus seputar 1.1.1.1 disini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel