15 VPN Terbaik, Tercepat, dan Gratis untuk Android

cara kerja vpn untuk mengamankan koneksi internet android

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah aplikasi yang berfungsi merubah IP address provider kita menjadi IP address negara lain. Sebagai contoh kalau kita di Indonesia otomatis koneksi internet yang digunakan menggunakan IP address Indonesia juga. Kalau VPN diaktifkan, kamu bisa menyamarkan koeksi menjadi negara lain. Seperti Singapore, Amerika, Jerman, Hong Kong, dan lain sebagainya.

Lalu, apa kegunaannya?

Contoh paling simpel penggunaan VPN adalah membuka situs yang diblokir. Dengan kata lain, kamu bisa menerobos masuk ke situs-situs yang diblokir pemerintah Indonesia. Katakanlah forum luar negeri, Reddit.

Jangan disalahgunakan, ya!

VPN Terbaik di Android

Banyak sekali aplikasi VPN yang bisa kamu download dan instal secara bebas, baik yang gratis maupun berbayar. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disini saya akan bagikan 15 VPN terbaik untuk platform Android yang bisa kamu pakai gratis tapi tetap memiliki fitur lengkap.

Apa saja?

1. Turbo VPN

cara membuka situs diblokir pakai turbo vpn

Ini adalah aplikasi VPN favorit yang saya pakai juga. Saya bisa bilang favorit tentu dengan suatu alasan. Selain gratis, aplikasi ini memberikan pengalaman penggunaan yang begitu memanjakan user. Kamu bahkan hanya membutuhkan 1 klik saja untuk mengaktifkan VPN. Mantap, kan?

Pilihan negara yang disediakan juga lumayan banyak. Hanya saja, kamu perlu mengeluarkan uang lebih kalau ingin pakai negara tertentu (premium). Meski begitu, pilihan negara yang kamu dapatkan di versi gratis sudah mumpuni kok. Jadi, tak ada masalah untuk hal ini.

Iklan yang dipasang di dalam aplikasi juga tergolong tidak mengganggu. Hanya iklan pop-up yang jarang muncul, tak ada iklan video yang menurut saya sangat tidak nyaman.

2. FinchVPN

finchvpn cocok digunakan untuk mengamankan koneksi internet

FinchVPN menyediakan fitur region-locked yang berfungsi menjaga privasi dari aktivtas internet kamu. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini tidak menyimpan data pengguna, sehingga bisa dipastikan benar-benar rahasia dan aman.

FinchVPN terdiri dari 3 versi, yakni gratis, pro, dan premium. Bagi kamu yang menggunakan aplikasi VPN ini secara gratis, maka bandwith yang didapat adalah 3GB. Sedangkan versi pro memberikan bandwith sebesar 25 GB dengan persyaratan membayar $. 61/ bulan. Selanjutnya versi premium menawarkan bandwith unlimited dengan harga $3.21/bulan.

3. Snap Master VPN

rekomendasi aplikasi vpn unlimited tanpa batasan bandwith

Dulunya nama aplikasi ini adalah VPN Master, tapi kini telah berubah menjadi Snap Master VPN. Kemampuannya untuk menyamarkan data pengguna tidak perlu diragukan lagi. Sudah sejak lama aplikasi ini ada di Play Store dan bertengger di jajaran aplikasi VPN gratis terbaik dengan jumlah unduhan yang mencapai 50 juta kali.

Penggunaannya kurang lebih mirip dengan Turbo VPN. Tak perlu username, password, dan tanpa batasan kuota. Inilah kenapa VPN ini menjadi favorit banyak orang, selain cara pakainya mudah, kamu juga tak perlu terkekang oleh batasan kuota. Unlimited browsing pokoknya.

4. Betternet

betternet merupakan analogi dari better internet yang berarti kualitas internet yang lebih baik

Aplikasi ini telah diakui oleh banyak orang bisa membantu meningkatkan kecepatan internet. Maka dari itu tak heran jika Betternet Free VPN termasuk dalam daftar VPN terbaik Android. Hal yang paling penting, aplikasi ini tidak menyimpan data rahasiamu.

Betternet Free VPN tersedia dalam 2 versi, yakni gratis dan premium. Bagi pengguna gratis akan muncul iklan sponsor setiap menggunakan aplikasi ini. Sedangkan aplikasi premium yang bebas iklan dibanderol dengan harga $4.99/bulan.

5. Hideman VPN

cara menyembunyikan identitas menggunakan hideman vpn

Aplikasi ini cukup populer dikalangan pengguna VPN, karena Hideman VPN untuk PC juga tersedia. Hideman mengklaim bahwa sistemnya tidak menyimpan data pelanggan premiumnya, sedangkan untuk pengguna gratis, log data bisa dihapus setelah tersimpan 14 hari. Selain itu, bagi pengguna gratis bandwith yang diberikan sebesar 2 GB dengan kecepatan 512 Kbps. Sementara versi premium memberikan bandwith unlimited dengan harga $2.90/ bulannya.

6. OpenVPN for Android

openvpn memerlukan konfigurasi lebih untuk membuat koneksi aman

Aplikasi ini bekerja dengan PolarSSL, sehingga menjamin kerahasiaan data dan riwayat aktivitas internetmu. Tampilan aplikasi openVPN for Android cukup sederhana, namun kamu harus membaca panduan terlebih dahulu sebelum mengoperasikannya, sebab ada setting yang cukup rumit, diantaranya memasukkan angka dan proses ekstensi.

OpenVPN ini cocok untuk kamu yang suka ngulik internet gratisan. Tapi, mungkin kurang familiar kalau untuk orang yang sukanya instan tinggal pakai saja.

7. OpenVPN Connect

cara menggunakan openvpn untuk internet gratis

Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan poin nomor 6, hanya beda versi saja. Aplikasi ini menyediakan fitur keamanan yang cukup bagus karena menggunakan PolarSSL. Kamu juga bisa menikmati semua fitur di OpenVPN Connet secara gratis.

Hanya saja pengaturan aplikasi ini cukup sulit, sehingga kamu perlu membaca panduannya secara teliti. Beberapa tahapan yang cukup sulit diantaranya, kamu harus melakukan import file dengan eksistensi .ovpn, kemudian memasukkan angka dalam settingnya.

8. SpeedVPN

cara menambah kecepatan internet menggunakan speedvpn

Mungkin beberapa orang masih asing dengan SpeedVPN. Wajar sih karena aplikasi ini memang kurang tenar dibandingkan yang lainnya. Sesuai namanya, SpeedVPN menawarkan kecepatan akses internet dengan bandwith unlimited. Sayangnya koneksi akan di-reset setiap 60 menit. Jadi, setiap 1 jam penggunaan kamu harus mengaktifkan VPN kembali.

9. SuperVPN

supervpn adalah aplikasi vpn gratis yang bisa dipakai bebas tanpa batasan kuota bulanan

SuperVPN ini termasuk salah satu jawara pada masanya, setidaknya sebelum Turbo VPN dan kawan-kawannya menyerang. Kelebihan dari SuperVPN ialah kamu bisa menggunakannya gratis tanpa syarat. Sejak pertama kali instal, kamu diberi jatah 20 hari masa percobaan.

Tapi, tenang saja karena setelah trial tersebut habis, kamu masih bisa memakai aplikasi ini secara gratis. Hanya saja kamu koneksi akan terputus setiap 60 menit dan harus disambungkan kembali.

10. TunnelBear

tunnelbear menawarkan koneksi internet yang aman karena menggunakan ssl

Kebanyakan orang tentu tidak asing dengan aplikasi VPN satu ini. TunnelBear termasuk salah satu aplikasi terbaik yang cukup populer sejak di PC. Aplikasi ini menyediakan 2 versi, yakni gratis dan premium. Bagi kamu yang menggunakan VPN gratis android, maka hanya mendapat sebesar 500 MB/ bulan. Sedangkan untuk pelanggan premium yang diharuskan membayar @9.99/ bulan atau $59.88/ tahun akan mendapatkan akses data secara unlimited.

Untuk performanya sendiri, TunnelBear mampu memberikan pengalaman pengguna yang cukup menyenangkan. Meski ada kuota bulanan, kamu tidak akan dibebankan bandwith kecepatan. Alias kamu akan mendapatkan kecepatan maksimal setiap kali kamu terkoneksi internet menggunakan jaringan TunnelBear.

11. SurfEasy

surfeasy bekerjasama dengan opera untuk menghadirkan vpn gratis dan tidak terbatas

Aplikasi VPN ini menawarkan keamanan untuk data yang kamu miliki. SurfEasy juga memiliki 500 server di 28 negara. Dengan begitu, bisa dipastikan kamu akan mendapat kualitas jaringan yang mumpuni, entah server negara mana yang kamu pakai.

Aplikasi ini memiliki 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Bagi pengguna gratis hanya mendapatkan bandwith sebesar 500 MB. Sedangkan pelanggan premium akan mendapatkan bandwith unlimited dengan syarat membayar $3.99/ bulan. Apabila kamu juga ingin menambahkan fitur download torrent, maka kamu harus membayar lagi $6.49/bulan.

12. Touch VPN

cara menyembunyikan ip address dengan touch vpn

Touch VPN menawarkan aneka kelebihan untuk penggunanya. Kamu dapat memanfaatkan seluruh fitur di dalamnya secara gratis. Tidak perlu registrasi, tidak ada batasan kuota bulanan, dan tidak ada session setiap kali kamu terkoneksi.

Satu-satunya kekurangan aplikasi ini ialah iklan yang cukup mengganggu karena jumlahnya terlalu banyak. Namun, hal tersebut masih bisa ditoleransi atas berbagai kelebihan yang diberikan.

13. Hola Free VPN

cara internetan gratis bermodalkan hola vpn

Hola sendiri sudah memiliki nama yang bisa dibilang sangat terkenal di kancah VPN. Tapi, entah kenapa saya pribadi merasa kurang puas menggunakan layanan jaringan terenkripsi dari Hola. Bukan karena jelek, hanya saja rasanya kurang cocok gitu.

Di luar ketidaksukaan saya, Hola memiliki servis yang cukup menggiurkan di mata pengguna. Salah satunya ialah pilihan negara yang bervariasi dan sangat banyak. Seakan-akan semua negara bisa kamu pakai bebas melalui Hola VPN. Pun begitu, Hola juga mendukung ekstensi Google Chrome yang semakin memudahkanmu terkoneksi dengan aman saat menggunakan PC Desktop.

14. FlashVPN

flashvpn hanya membutuhkan satu klik untuk mengaktifkannya

Aplikasi ini memiliki tampilan yang begitu simpel, hanya antarmuka dengan pilihan lokasi dan tombol connect saja. Kamu cukup memilih negara yang ingin kamu pakai IP Address-nya kemudian tekan tombol 'connect' dan seketika jaringanmu akan dialihkan ke negara tujuan. Sesuai sih sama namanya, flash = cepat.

15. 1.1.1.1: Faster & Safer Internet

1.1.1.1 adalah aplikasi dns resolver buatan cloudflare yang mampu menghilangkan rekam jejak di internet

Sebenarnya 1.1.1.1 kurang tepat jika disebut sebagai VPN. Lebih tepatnya sih DNS Resolver. Hal tersebut karena 1.1.1.1 tidak merubah IP Address ke negara lain, melainkan hanya melakukan konfigurasi DNS untuk memaksimalkan kecepatan internet serta melindungi data pribadimu yang sewaktu-waktu bisa dicuri saat sedang browsing.

Meski tidak merubah alamat IP, 1.1.1.1 nyatanya bisa juga dimanfaatkan untuk membuka situs Internet Positif. Saya sendiri sudah membuktikannya dengan mengakses beberapa alamat situs yang aksesnya dibatasi pemerintah seperti Reddit dan Vimeo. Kedua situs tersebut sukses di-load dengan bantuan koneksi DNS buatan Cloudflare ini.

Itulah 15 aplikasi VPN terbaik di Android versi TeknoSee. Jangan dipakai buat akses situs yang aneh-aneh, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel