Apa itu VPN?

vpn adalah jaringan privat yang mampu menyamarkan alamat IP

Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi komputer serta jaringan internet mengalami perkembangan cukup pesat. Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia, terlebih pemerintah terus berupaya agar internet dapat dijangkau hingga ke pelosok desa.

Layaknya dua sisi mata uang, tingginya aktivitas penggunaan internet dapat memberikan dampak positif dan negatif. Dari sisi positif, internet dapat mempermudah akses informasi secara cepat, sedangkan sisi negatifnya dapat membuka celah bagi orang-orang tidak bertanggung jawab, misalnya saja cracker.

Maka dari itu, alangkah baiknya setiap pengguna internet di Indonesia memiliki sistem untuk mengamankan data yang dimiliki. Salah satu sistem teknologi yang dapat memberikan solusi atas permasalahan ini adalah VPN. Apa itu VPN? Simak penjelasan selanjutnya!

Pengertian VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. VPN merupakan teknologi komunikasi yang memungkinkan koneksi antar jaringan pribadi (private) melalui jaringan publik. Secara sederhana, VPN berarti membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut terowongan (tunnel) agar jaringan pribadi tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Dengan menggunakan VPN untuk perangkat komputer atau mobile, maka data yang terkirim akan di-enkripsi secara otomatis, sehingga data tetap aman (rahasia) meskipun diakses menggunakan jaringan publik.

Cara Kerja VPN

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, VPN membangun tunnel untuk membuat jalur pribadi dengan menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling, diantaranya PPTP, L2TP, atau IPSec. Selanjutnya, agar antar PC dapat saling berhubungan, VPN memerlukan sebuah server VPN berupa komputer yang dilengkapi aplikasi VPN server atau router.

Read more! Perbedaan HTTP dan HTTPS

Komputer yang dilengkapi aplikasi client akan terhubung dengan server VPN, kemudian terjadi verifikasi username dan password. Apabila proses berhasil, komputer client akan mendapatkan IP Address baru dari VPN Server dan terbentuklah tunnel.

Fungsi VPN

vpn sering dimanfaatkan untuk mengamankan diri serta membuka situs yang diblokir

Setelah kamu mengetahui apa itu VPN dan proses kerjanya, maka selanjutnya adalah mengetahui fungsi VPN agar kamu tahu seberapa pentingnya teknologi ini. VPN memiliki 3 fungsi utama, yakni:

1. Sebagai Data Integrity 

Perlu diketahui bahwa setiap data yang kamu kirim melalui jaringan internet akan tersebar luas, sehingga ada kemungkinan data tersebut mengalami gangguan. Misal hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasi kemungkinan hal ini terjadi, maka penting bagi sebuah perangkat mengaktifkan VPN. Sebab, teknologi ini memiliki fungsi menjaga keutuhan data (data integrity) sejak data terkirim sampai data diterima.

2. Sebagai Data Confidentially

VPN memiliki sistem kerja merahasiakan (enkripsi) data yang masuk ke internet. Maka dari itu, dengan kamu menggunakan VPN, maka hal ini dapat mengurangi potensi terjadinya pencurian data digital.

Bahkan, meski beberapa data yang dikirim melalui koneksi VPN masih bisa disadap, dengan adanya teknologi enkripsi, data-data akan berubah jadi kode-kode rahasia yang tidak bisa dimengerti maksudnya. Ya, setidaknya hal negatif bisa lebih diminimalisir.

3. Sebagai Origin Authentication

Sebelum data dari luar masuk ke dalam perangkat, VPN akan mengidentifikasi keamanannya. Apabila data dinyatakan aman, VPN akan melakukan proses autentikasi dan data dapat masuk ke dalam perangkat.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa VPN memastikan bahwa data berasal dari sumber asli. Hal ini secara tidak langsung mencegah terjadinya pemalsuan data oleh oknum tertentu.

Manfaat VPN

banyak layanan vpn terbaik yang bisa digunakan gratis

Berdasarkan fungsi yang telah disampaikan sebelumnya, setidaknya ada 6 manfaat VPN yang bisa kamu rasakan sebagai pengguna. Antara lain:

1. Mengakses Komputer Jarak Jauh (Remote Access)

Ketika kamu melengkapi komputer dengan VPN, maka kamu bisa mengakses komputer maupun jaringan kantor dari jarak jauh (di manapun kamu berada). Tentunya dengan syarat kamu harus terhubung dengan jaringan internet.

2. Meningkatkan Kecepatan Download

VPN bekerja untuk membangun jaringan pribadi, sehingga lalu lintas server yang terjadi cukup sedikit. Selain itu, kamu dapat terkoneksi secara langsung dengan sumber data. Hasilnya, proses download file akan semakin cepat. Hanya saja hal ini akan lebih terasa kalau kamu memakai layanan VPN premium. Kalau yang gratis sih tidak terlalu berpengaruh.

3. Merahasiakan Riwayat Aktivitas Internet

Pada kondisi tertentu mungkin kamu perlu mengakses konten yang bersifat rahasia di internet. Adanya VPN akan membantumu merahasiakan riwayat (history) yang kamu lakukan. Manfaat ini sangat berguna untuk aktivitas yang berkaitan dengan transaksi online seperti internet banking. Terutama saat kamu menggunakan jaringan Wi-Fi publik.

4. Mengamankan Transaksi di Internet

Apabila Anda sering melakukan transaksi dalam jumlah besar dengan menggunakan situs saham, e-banking atau forex, maka kamu perlu menggunakan VPN. Teknologi VPN akan membuat transaksi menjadi lebih rahasia dan aman dari serangan hacker. Sekali lagi, hal ini lebih efektif dilakukan saat berada dalam jaringan yang bersifat terbuka.

5. Mengurangi Biaya untuk Setup Jaringan

VPN adalah alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang lebih murah. Mengapa demikian? Karena jaringan VPN memakai transmisi data yang sudah tersedia (jaringan publik), sehingga kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membangun jaringan.

6. Mengakses Situs yang Diblokir

Pada kondisi tertentu mungkin kamu membutuhkan informasi dari situs yang telah disensor atau diblokir oleh host atau ISP. Disini VPN memiliki peran yang cukup krusial untuk menerobos masuk ke dalam situs yang diblokir tersebut.

Read more! Pengertian 1.1.1.1 DNS

Pemblokiran biasanya dilakukan berdasarkan alamat IP dimana setiap negara memiliki alamat IP yang berbeda. Misalnya pemerintah Indonesia yang memblokir Reddit di Indonesia. Alhasil, kamu tidak bisa mengakses forum Reddit kalau kamu menggunakan provider Indonesia, apapun itu.

Dengan bantuan VPN yang bisa merubah alamat IP ke negara lain, kamu dapat mengakses situs yang diblokir dan masuk dengan mudahnya karena kamu seakan-akan sedang mengakses internet dari negara lain. Paham, kan? Hal tersebut berlaku untuk semua jenis situs, tanpa terkecuali.

Penutup

Demikian informasi mengenai apa itu VPN, cara kerja, fungsi dan manfaatnya. Secara sederhana, VPN menjadi solusi untuk mengamankan data sekaligus sebagai pilihan yang efektif bagi perusahaan besar untuk menghemat biaya pasang jaringan.

Namun, kamu harus tetap waspada terhadap kemungkinan yang terjadi, yakni adanya tindakan penyadapan. Hal ini tentu berdampak terhadap keamanan data pribadimu, meski sudah dirahasiakan oleh VPN.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel