4 Tips Membuat Password Aman dan Susah Dibobol

tips membuat password yang aman

Setiap kali membuat kita akan akun pastilah diharuskan membuat password yang nantinya akan digunakan untuk login ke akun yang dibuat tadi. Meskipun banyak metode keamanan yang bisa digunakan, saat ini password masih menjadi favorit karena penggunaannya yang simpel dan sudah familiar bagi kebanyakan orang.

Baca juga: Mira Modi, Gadis Pembuat Password dari Dadu

Meskipun password fungsinya untuk mengamankan akun, bukan tidak mungkin akun menjadi tidak bisa dibobol. Untuk itulah diperlukan password yang kuat untuk mencegah hal tersebut terjadi. Berikut beberapa tips membuat password:


1. Panjang

Password yang panjang tentunya akan lebih susah dibobol daripada yang singkat. Usahakan gunakan minimal 8 karakter untuk keamanan password yang kamu buat.

2. Kompleks

Kompleks disini berarti password yang digunakan tidak menggunakan huruf atau angka saja. Untuk menambah keamanan gunakan juga perpaduan antara huruf, angka dan spesial karakter.

3. Perbarui Secara Berkala

Terkadang orang malas mengganti password, malas mau bikin lagi dan harus mengingat lagi password yang baru. Tapi percayalah, jika kamu melakukan kebiasaan ini dijamin akunmu akan aman dari tangan jail dan orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Beda Akun Beda Password

Rasanya hal ini agak sulit untuk dilakukan (termasuk saya). Menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun tentunya membuat kita sedikit lebih susah untuk mengingat-ingat. Kalau hanya 1-2 akun mungkin gak masalah, kalau banyak akun? Tapi opsi ini tentunya sangat berperan penting dalam hal keamanan akun yang kamu miliki.

Baca juga: Tips "Mengamankan Diri" Saat Browsing

Walaupun tidak menutup kemungkinan, dengan melakukan 4 hal tersebut akun yang kamu kelola sudah bisa dibilang aman. Ada tambahan mungkin? Silahkan tambahkan di kolom komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.