Tips Mengamankan Email Yahoo! dari Serangan Hacker

email yahoo diretas hacker

Beberapa hari yang lalu muncul berita bahwa Yahoo! mendapat serangan hacker yang akibatnya ada sekitar 500 juta akun email yang berhasil diretas. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung memang, ini sedikit banyak membuay penyedia layanan email saingan Google ini menjadi semakin terpuruk dan kehilangan kepercayaan dari penggunanya.

Terlepas dari kelalaian Yahoo! yang sudah membiarkan 500 juta akun penggunanya diretas, alangkah baiknya kita sebagai pengguna menjadikannnya sebuah pelajaran untuk lebih meningkatkan keamanan akun milik kita. Karena mungkin keberhasilan para hacker dalam melakukan peretasan bisa jadi karena keamanan akun kita terlalu lemah.

Jika akun email milikmu termasuk salah satu yang "selamat", segera lakukan pengamanan akun untuk antisipasi hal-hal tak diinginkan terjadi. Apa yang bisa kita lakukan?


1. Ganti Password

Segeralah log in dan ubah kata sandi kamu sebelumnya dengan sandi baru yang lebih aman. Kalau perlu gunakan simbol dan karakter khusus agar password semakin kuat. Jangan gunakan kata sandi yang terlalu mudah ditebak semisal nama atau tanggal lahir. Ingat juga untuk mengganti password secara berkala untuk lebih mengamankan akun.

2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Fitur ini bisa dibilang ampuh tapi juga agak sedikit ribet. Kamu membutuhkan 2 kali proses saat ingin mengakses akun email, yakni memasukan password dan kode verifikasi yang akan dikirimkan via SMS. Namun dalam segi keamanan, tentu verifikasi 2 langkah ini dapat diandalkan.

3. Ubah Pertanyaan Keamanan

Saat pertama kali membuat akun email, selain membuat password kamu juga diharuskan membuat pertanyaan keamanan untuk memastikan apakah benar-benar kamu atau bukan yang akan mengakses akun saat ada sesuatu mencurigakan terjadi. Menurut sumber yang saya baca, pertanyaan ini bisa diganti kok (baru tau). Jadi, segera ganti dengan pertanyaan yang rumit namun tetap mudah diingat. Jangan lupa juga harua kamu seorang yang tau jawabannya!

3 Hal diatas saya rasa sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan keamanan akun email kita. Yang jelas, kamu juga harus jadi pengguna yang baik dengan ikut menjaga keamanan akun yang kamu miliki. Misalnya, jangan klik link sembarangan yang disematkan pada email yang tidak jelas asal-usulnya. And then, sekian dari saya. Jika ada tambahan silahkan coret-coret saja di kolom komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.