Fitur Keamanan Baru Google Bisa Mendeteksi Link Spam

Google tambahkan security baru untuk Gmail

Sukses sebagai salah satu penyedia layanan email yang paling banyak digunakan, membuat Google terus mengembangkan dan memberikan update baru untuk layanan email milik mereka, Gmail. Karena maraknya spam email yang berisi link berbahaya atau jebakan, Google pun menaggapinya dengan menambahkan fitur keamanan baru untuk meminimalisir hal ini.


Email adalah salah satu jalan yang ditempuh untuk melakukan spam atau phising. Jadi, itulah mengapa kita sebagai pengguna harus selalu hati-hati dan memeriksa siapa yang mengirim email kepada kita. Jika kamu memang tidak tahu identitas si pengirim, adalah ide buruk untuk mengunduh lampiran yang menyertainya.

Nah, dengan fitur keamanan baru ini, pengguna Gmail nantinya akan diberikan sebuah notifikasi yang memberitahukan bahwa ada link mencurigakan yang tersemat dalam pesan. Jika link yang dikirimkan teridentifikasi sebagai spam atau phising, Google akan memberi peringatan kepada pengguna agar tidak melakukan klik pada link yang bersangkutan.

Notifikasi ini hanya memperingatkan jika ada link yang dianggap mencurigakan, jadi tidak semua link berpotensi berbahaya meskipun ada notifikasinya. Google hanya ingin pengguna lebih berhati-hati saja. Kabar baiknya adalah fitur ini mendukung Gmail versi mobile maupun desktop. Ingat juga untuk menggunakan password yang aman untuk setiap akunmu, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.