Mira Modi, Gadis Berpenghasilan Puluhan Dollar dari Dadu

membuat password dengan bantuan dadu

Gaji kerap kali menjadi tolok ukur kebanyakan orang untuk bekerja. Setiap orang ingin pekerjaan dengan gaji yang besar. Bagaimana dengan pendapatanmu sendiri? Tahukah kamu, di luar sana ada gadis bernama Mira Modi yang berpenghasilan 12 dollar per jam.

Mira Modi adalah gadis 11 tahun kelahiran New York, Amerika Serikat. Di usianya yang masih muda, dia sudah punya penghasilan sendiri dari membuat password. Dia menjual password buatannya melalui situs miliknya DiceWARE.

Password buatannya tidaklah asal-asalan dan dipercaya memiliki keamanan yang kuat. Modi menggunakan metode diceware untuk menciptakan sebuah passphrase yang akan disusun menjadi sebuah password.


Diceware dan Passphrase

Diceware adalah sebuah metode membuat password dengan bantuan dadu. Dadu akan dilempar sebanyak 5 kali untuk mendapatkan angka yang berbeda. Angka yang muncul dari lemparan dadu tersebut akan disusun dan dirangkai menjadi sebuah kata acak dalam bahasa inggris.

Proses tersebut dilakukan sebanyak 6 kali sehingga mendapatkan 6 kata berbeda. Kata-kata tersebut kemudian disusun sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah password yang kuat yang disebut passphrase. Panjangnya sekitar 20-40 karakter. Metode ini dipercaya menghasilkan sandi yang aman namun tetap mudah diingat.

Berawal dari Sang Bunda

Memang sosok ibu sangatlah berperan penting bagi anaknya. Keahlian Modi dalam membuat passphrase sendiri mulanya berawal dari sang Bunda, Julia Angwin. Beliau adalah seorang jurnalis media di Amerika. Awalnya, Modi disuruh sang Bunda untuk membuat passphrase dengan metode diceware untuk sebuah penelitian.

Siapa sangka, Modi malah menyukainya dan mulai mendalami passphrase diceware sampai akhirnya menjadikannya sebagai ladang bisnis. Modi mematok harga 4 dollar per password yang dibuatnya dan ia mengaku bisa meraup 12 dollar atau sekitar 168 ribu (kurs 14 ribu) per jamnya!

Diberdayakan oleh Blogger.