5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Micro SD

tips memilih micro sd yang bagus dan berkualitas

Untuk mendongkrak performa smartphone, ketersediaan ruang penyimpanan sangat dibutuhkan. Percaya atau tidak, hape-mu akan semakin lemot kalau memori internal di hape-mu semakin tipis. Kamu juga bakal kesusahan menginstal aplikasi nantinya karena tidak adanya space yang memenuhi spesifikasi minimum aplikasi.

Nah, disinilah peran micro SD. Perangkat kecil nan powerfull ini sangat berguna untuk membantu mengekspansi memori internal pada smartphone. Kamu bisa mengalihkan penyimpanan berbagai file seperti foto, video, dokumen ke micro SD agar internal storage tidak cepat penuh. Selain itu, kamu juga akan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan data.

Micro SD sendiri tidak asal bisa dipakai, lho. Ada spesifikasinya masing-masing yang harus kamu sesuaikan dengan smartphone agar bisa digunakan dengan maksimal. Sayangnya, tidak banyak yang tahu mengenai hal ini. Intinya jangan asal beli, kan sayang kalau gak maksimal.

Memilih Micro SD yang Baik untuk Smartphone

Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli micro SD. Apa saja?

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ini adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Kebutuhan disini bisa diartikan sebagai kapasitas. Belilah micro SD dengan kapasitas yang memang kamu butuhkan. Tidak perlu membeli micro SD dengan ukuran jumbo kalau kamu tidak terlalu suka menyimpan banyak file di smartphone. Kenapa? Karena semakin tinggi kapasitas, akan semakin juga harga micro SD. Lumayan kan bisa hemat budget, daripada nantinya juga sia-sia banyak space kosong tidak terpakai.

2. Merek yang Terpercaya

Bukan hal baru lagi kalau nama besar sebuah produk akan berbanding lurus dengan kualitasnya. Saya tidak bilang merek yang tidak terkenal itu jelek, tapi jelas membeli produk yang sudah memiliki branding bagus tentu lebih meyakinkan. Beberapa merek micro SD yang saya rekomendasikan adalah SanDisk, Transcend, dan Samsung. Jangan lupa pastikan juga keaslian atau originalitasnya.

3. Spesifikasi Micro SD

transcend adalah salah satu merek micro sd terbaik

Seperti yang sudah saya bilang di awal, ada spesifikasi atau istilah micro SD yang harus kamu pahami agar kinerjanya bisa dimaksimalkan. Berikut detilnya:

SDHC dan SDXC

Ada dua jenis micro SD yang beredar di pasaran, yaitu SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacitu). Keduanya memiliki perbedaan pada jumlah kapasitas yang dimiliki, dimana SDCH memiliki kapasitas antara 2 - 32GB dan SDXC berkapasitas antara 64GB - 2TB.

Baca juga: 5 Smartphone yang Mampu Menampung Micro SD 128GB

Perbedaan ini harus kamu ketahui karena beberapa smartphone low-end tidak mendukung format SDXC. Jadi, silahkan sesuaikan perangkatmu juga. Kalau smartphone milikmu keluaran baru sih tidak ada masalah. Namun, jika kamu masih menggunakan smartphone jenis lama, silahkan pilih SDHC dengan kapasitas yang disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Class Speed

Terdapat 4 class berbeda mulai dari Class 2. 4. 6, dan 10. Masing-masing menandakan kecepatan minimal (read/write) dimana Class 2 memiliki kecepatan minimal 2MB/s dan seterusnya. Jika smartphone milikmu merupakan keluaran baru, silahkan pilih Class 10 untuk menyamain kinerja smartphone-mu.

UHS (Ultra High Speed)

UHS sama saja seperti class speed sebenarnya, hanya saja lebih tinggi. Klasifikasinya ada dua, yaitu UHS 1 atau 10MB/s dan UHS 3 atau 30MB/s. FYI, micro SD Class 10 sudah otomatis memiliki label UHS 1. Jika kamu memiliki kebutuhan proses data yang cepat, ambil foto/video 4K misalnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih micro SD dengan label UHS 3.

4. Garansi Produk

selalu perhatikan garansi produk ketika membeli barang, agar after sales bagus

Apapun jenis produknya, garansi adalah sesuatu yang wajib dipertimbangkan. Garansi juga menandakan bahwa suatu produk memiliki kualitas bagus. Logikanya begini, produsen tidak akan berani memberikan garansi kalau produknya tidak benar-benar baik. Selain itu, jika ternyata ada kecacatan produk saat membeli, kamu bisa dengan mudah menukarnya dengan produk baru.

Baca juga: 5 Dosa Pengguna Android

Untuk masalah garansi, rata-rata micro SD memberikan garansi selama 1 tahun. Namun, ada satu merek yang saya anggap unggul dalam hal ini, yaitu V-Gen. Alasannya tidak lain karena V-Gen berani memberi jaminan garansi seumur hidup atas produknya.

5. Harga

Ya, biar bagaimanapun harga tetap menjadi satu pertimbangan yang tidak bisa dianggap remeh. Mau sebagus apapun ekspektasimu atas suatu produk, kalau uang tidak cukup yang tidak bisa beli. Oleh karena itu pastikan harga micro SD yang akan kamu beli sesuai dengan kemampuanmu. Tidak perlu ngotot pakai micro SD yang berkelas, cukup yang biasa saja kalau dompet lagi mepet. Pada dasarnya semua produk itu bagus, tergantung bagaimana kamu memakainya.

Kesalahan Membeli Micro SD

Tidak semua smartphone akan cocok dipasangkan dengan micro SD yang besar karena smartphone juga memiliki batas maksimal kapasitas yang bisa ditampung. Jika smartphone-mu hanya mampu menampung micro SD 128GB, jangan sampai beli micro SD dengan kapasitas 256GB atau lebih. Sudah sia-sia, uang yang kamu keluarkan nantinya jadi percuma. Informasi ini bisa kamu lihat di kardus atau buku manual.

Itulah tips membeli micro SD versi TeknoSee. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel