5 Keuntungan Update Android untuk Performa yang Maksimal

proses update android sedang berjalan

Saat kamu membeli Android baru, pastilah sudah ada sistem operasi yang terpasang disana. Namun, seiring penggunaan smartphone pastilah kamu akan menerima notifikasi untuk melakukan pembaruan sistem operasi. Sebenarnya, apa sih fungsi update OS Android?

Pentingkah Update Android?

Penting dan tidak disini sebenarnya relatif. Dengan kata lain tergantung kebutuhan pengguna itu sendiri. Namun, yang namanya update pastilah tujuannya untuk memperbaiki. Jadi, tidak ada ruginya kamu melakukan update. Malah, smartphone-mu akan menjadi semakin baik performanya. Apalagi cara update Android tidaklah sulit. Jadi, jangan malas, ya!

Berikut beberapa keuntungan update Android:

1. Security Patch

Meski sudah diklaim aman, tidak menutup kemungkinan OS yang sedang kamu gunakan berpotensi terkena virus karena adanya celah yang bolong dalam sistemnya. Itulah landasan utama Google sebagai pemilik Android memberikan security patch untuk memperbaiki keamanan yang kurang pada sebuah sistem operasi Android.

Virus sendiri asalnya bisa dari berbagai sumber. Aplikasi yang kamu instal dengan bebas di Play Store pun tidak selalu menjamin bahwa aplikasi tersebut aman digunakan. Kamu sebagai pengguna juga harus turut ikut andil untuk menjaga Android-mu agar selalu aman dari virus.

Salah satunya dengan cara tidak menginstal sembarang aplikasi, apalagi jika berasal dari sumber tak dikenal. Kalaupun kamu ingin mengunduh APK di luar Play Store, pastikan website penyedianya aman dan dapat dipercaya.

2. Fix Bug

Bug dalam istilah Teknologi Informasi dikenal sebagai 'kesalahan'. Jadi, misal dalam sebuah sistem operasi ada satu atau beberapa fitur yang tidak bisa berjalan maksimal, hal itu bisa disebut dengan bug.

Untuk mengatasinya, developer biasanya menyertakan fix bug ini ke dalam system update. Jadi, jika kamu merasa smartphone tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, update OS merupakan salah satu opsi untuk memperbaikinya.

3. Penambahan Fitur Baru

Misalkan saat ini kamu menggunakan Android dengan OS 7.0 Nougat dan mendapat notifikasi update untuk naik satu versi ke 8.0 Oreo. Di dalam update tersebut tertulis ada fitur baru yang nantinya bisa digunakan, yaitu 'notification dots' yang merupakan sebuah titik kecil yang akan muncul pada ikon aplikasi jika ada notifikasi baru.

Fitur tersebut hanya bisa digunakan user yang sudah menggunakan sistem operasi Oreo. Dengan kata lain, update memberikanmu akses lebih untuk mendapatkan fitur yang lebih beragam.

4. Kompatibilitas Aplikasi

Setiap aplikasi yang ada di Play Store tidak serta merta bisa kamu download dan instal di smartphone. Melainkan ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah versi Android. Biasanya para developer aplikasi akan merilis aplikasi dengan kompatibilitas tertentu yang disesuaikan dari beberapa faktor, salah satunya adalah banyaknya pengguna.

Saat artikel ini dibuat, sistem operasi Android terbaru adalah 9.0 Pie. Hal tersebut menjadikan Android versi jadul semakin ketinggalan. Lihat saja, kebanyakan smartphone yang dirilis di pasaran sekarang mayoritas menggunakan Android versi 7 ke atas. Jadi, merilis aplikasi yang kompatibel di semua versi tentunya merupakan hal yang sia-sia. Jadi, penting bagimu juga untuk selalu update OS ke versi terbaru agar semua aplikasi yang kamu pakai bisa berjalan lancar.

5. Performa yang Lebih Baik

Dari ke-4 poin yang saya sebutkan sebelumnya, inti dari update OS adalah meningkatkan performa Android agar semakin maksimal. Jadi, pastikan hape kamu selalu up-to-date OS-nya!

Dengan semua keuntungan yang kamu dapatkan, masih malah update?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel