10 Rekomendasi Micro SD Terbaik dengan Harga Murah dan Berkualitas Tinggi

aneka merek micro sd terbaik yang bisa dibeli

Meski saat ini smartphone sudah dibekali memori internal yang cukup besar, tetap saja itu masih terasa kurang untuk menyimpan seluruh data. Apalagi kamu memiliki banyak file dan memang sangat intens melakukan berbagai aktivitas menggunakan smartphone. Seperti misalnya menonton film dan main game yang pasti membutuhkan dukungan internal storage yang lega. Itupun belum termasuk hal lain seperti menyimpan dokumen atau stok foto untuk update Instagram.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, micro SD adalah solusi terbaik. Ya, kamu bisa dengan mudah menambah kapasitas memori penyimpanan menggunakan micro SD. Bahkan bisa sampai 2TB lho, tentunya setelah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing smartphone yang kamu miliki.

Namun, banyak orang dibuat bingung ketika ingin menentukan pilihan sebelum membeli micro SD baru. Banyaknya merek yang ada di pasaran menjadi faktor penentu yang sulit diputuskan karena semuanya menawarkan kelebihan masing-masing. Belum lagi masalah harga dan spesifikasi yang diusung. Jangan salah, micro SD juga memiliki spesifikasi (istilah) yang harus kamu pahami agar nantinya performa yang dihasilkan bisa maksimal.

Read more! Penjelasan Lengkap SD Card

Merek Micro SD Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi micro SD dengan harga yang sebanding dengan kualitasnya.

1. SanDisk SD Card

micro sd sandisk memiliki kecepatan transfer yang tinggi

Sejauh ini, saya menobatkan SanDisk sebagai produsen micro SD terbaik. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena SanDisk memang memiliki performa yang mengagumkan. Tersedianya banyak pilihan varian juga membuat SanDisk semakin digandrungi oleh semua kalangan. Micro SD ini memiliki banyak kriteria yang bisa disesuaikan dengan kemampuan smartphone milikmu.

Kelebihan utama yang dimiliki micro SD SanDisk ialah label Application Performance (A1/A2) di beberapa variannya. Sesuai namanya, label Application Performance disematkan kepada micro SD yang mampu mendongkrak kinerja aplikasi ke level yang lebih tinggi dibandingkan micro SD yang tidak memiliki label tersebut.

2. Transcend SD Card

harga micro sd transcend terbilang murah jika dibandingkan dengan kualitasnya

Nama Transcend juga tidak kalah tenar nih. Produsen yang sebelumnya terkenal di ranah hard disk dan flashdisk ini nyatanya juga merupakan brand unggulan untuk urusan penyimpanan smartphone. Transcend memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan. Bahkan, micro SD Transcend memiliki beberapa fitur canggih seperti tahan air dan suhu ekstrem.

3. Samsung SD Card

micro sd samsung evo diklaim memiliki kecepatan baca sampai 95mb/detik

Mungkin banyak dari kalian yang lebih mengenal Samsung sebagai produsen smartphone daripada micro SD. Merek Samsung sendiri sudah terkenal dengan kualitas dan kemampuannya. Bahkan, smartphone-nya mampu menduduki peringkat 3 besar dengan penjualan terbanyak di dunia. Tak hanya sukses di smartphone, Samsung juga merilis micro SD-nya sendiri dengan nama Samsung EVO.

Micro SD ini memiliki kemampuan yang baik dalam memproses data dan mengambil foto/video resolusi tinggi. Kalau untuk penggunaan harian sih jelas sangat cepat, apalagi hanya untuk sekedar transfer file.

4. V-Gen SD Card

micro sd vgen memberikan garansi seumur hidup bagi pelanggannya

Meski banyak yang menganggap V-Gen sebelah mata, nyatanya kualitas yang dimiliki V-Gen terbilang memuaskan. Terbukti dengan masih eksisnya produk ini di pasaran yang sekaligus menandakan banyak juga orang yang setia menggunakan V-Gen untuk kebutuhan sehari-harinya.

Kelebihan V-Gen terletak pada harganya yang cenderung lebih murah dari merek lain. Meski begitu, V-Gen berani memberikan garansi seumur hidup untuk produk mereka. Ini berarti kamu akan diberikan jaminan ganti produk baru ketika produk yang kamu gunakan rusak. Kurang apa, coba?

5. Sony SD Card

micro sd sony sangat populer di kalangan para pecinta fotografi

Merek yang populer di kalangan pecinta fotografi ini memang tidak terlalu terdengar gaungnya. Bukan karena jelek, hanya saja Sony kurang bisa bersaing dengan merek-merek besar seperti SanDisk dan Transcend yang sudah lebih dulu terkenal di sektor ini. Meski begitu, kamu juga patut mempertimbangkan membeli micro SD Sony karena memiliki daya tahan yang bagus, dalam artian awet.

6. Kingston SD Card

micro sd kingston memiliki ketahanan fisik yang kuat

Dulu, sekitar tahun 2007an, Kingston begitu terkenal sebagai brand unggulan di sektor flashdisk. Bahkan, sampai sekarang pun saya masih memiliki satu flashdisk Kingstone berukuran 4GB yang masih setia saya gunakan. Jadi, bisa dikatakan kalau Kingstone memiliki keunggulan dalam hal masa pakai.

Untuk micro SD-nya sendiri saya belum pernah mencoba langsung. Namun, kalau dilihat dari kepopulerannya. Micro SD Kingstone memang kurang begitu dilirik oleh sebagian orang.

7. ADATA SD Card

micro sd adata memiliki harga jual yang cukup miring di pasaran

Jangan salah, ADATA tidak boleh kamu sepelekan performanya. Tak hanya untuk keperluan biasa, ADATA bahkan membuat micro SD khusus gaming untuk memenuhi kebutuhan para mobile gamer yang semakin marak sekarang ini. Opsi yang ditawarkan adalah UHS-I U3 Class 10 yang menawarkan kecepatan proses data minimal 30MB/s.

8. Toshiba SD Card

micro sd toshiba sangat cocok untuk kebutuhan tinggi

Eniwei, Toshiba ini merupakan salah satu dari tiga produsen pencetus micro SD bersama SanDisk dan Panasonic. Jadi, produk Toshiba sudah pasti memiliki kemampuan pemrosesan data yang cepat dan kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. Untuk memanjakan penggunanya, Toshiba juga merilis micro SD premium yang ditujukan untuk kamu dengan mobilitas tinggi. Micro SD Toshiba juga mampu bertahan di suhu yang sangat rendah sekalipun dengan tetap bekerja seperti biasa.

9. Team SD Card

micro sd team memiliki warna dasar orange sebagai ciri khasnya

Saya sendiri belum terlalu akrab dengan merek ini. Menemukannya di pasaran juga susah-susah gampang, tidak semua toko menjual micro SD Team. Tapi, kalau beli online sih banyak yang jual. Untuk performanya sendiri saya tidak berani berkata banyak. Namun, micro SD ini tetap layak dipilih kok, terutama kalau kamu memiliki budget minim.

10. Lexar SD Card

micro sd lexar memiliki warna biru putih

Sama seperti Team, nama Lexar juga kurang terdengar familiar di telinga. Micro SD yang lekat dengan warna biru ini tetap memiliki pesonanya sendiri, terutama banderol harganya yang lebih murah dibandingkan merek yang sudah memiliki nama besar. Jika kamu termasuk orang yang tidak suka membuang banyak uang untuk mendapatkan sesuatu, saya rasa micro SD Lexar ini bisa saya rekomendasikan untukmu.

Pada dasarnya semua merek bagus, tinggal kita sebagai pemakai yang bisa memaksimalkannya atau tidak. Kamu tak melulu membutuhkan micro SD berkecepatan tinggi, namun harus disesuaikan juga dengan spesifikasi smartphone. Kalau tidak cocok ya sama saja.

Kalau pribadi sih, saya paling suka SanDisk dan Transcend. Kalau kamu?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel