Banyak Keluhan, Paket Yellow Indosat Tidak Lagi Efektif?

harga paket yellow naik 1500 rupiah

Mengusung tagline 'internet murah', Indosat pernah meluncurkan paket data yang lumayan bersaing di awal tahun 2018. Namanya paket Yellow. Kelebihan paket internet ini terletak pada harganya yang murah, yaitu 1000 rupiah dengan kuota 1GB. Saat diluncurkan, tentunya banyak pengguna provider Indosat menyambut hangat datangnya paket ini, termasuk saya.

Read more! Penyebab Kuota Masih Ada Tapi Tidak Bisa Internetan

Namun, seiring berjalannya waktu, provider yang akrab dengan warna kuning ini melakukan beberapa perubahan kebijakan yang menurut saya agak merugikan konsumen. Termasuk menaikkan harga paket yang kini dibanderol Rp.2.500 per GB per hari. Naik 1500 atau 150% dari harga awal. Tidak ada cara, trik, atau kode rahasia untuk membuat paket Yellow agar tetap 1000.

detil pembagian kuota paket yellow setelah harga naik

Belum lagi sekarang Indosat melakukan pembagian kuota di beberapa jenis paket Yellow. FYI, paket Yellow itu ada beberapa jenis. Perbedaanya terletak pada jangka waktu kuota. Ada yang 1 hari, 3 hari, dan 7 hari. Berikut detil paket dan harganya.

  • 1GB, 2.500 per hari (tanpa pembagian kuota)
  • 2GB, 2.000 per hari (500MB kuota utama + 1,5GB kuota malam)
  • 2GB, 4.000 per 3 hari (500MB kuota utama + 1,5GB kuota malam)
  • 3GB, 10.000 per 7 hari (1GB kuota utama + 2GB kuota malam)

Selain 4 pilihan tersebut, paket Yellow Indosat masih memiliki beberapa pilihan lain yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna. Jadi, setiap orang akan mendapatkan penawaran yang berbeda-beda.

Read more! Cara Berhenti Berlangganan Paket Internet Indosat

Keluhan Pengguna

Sampai saat ini paket Yellow telah mendulang banyak sekali keluhan pengguna. Hal ini disampaikan langsung oleh beberapa orang di dala grup Facebook yang saya juga merupakan anggota disana. Pun demikian hal yang sama juga saya rasakan. Berikut beberapa masalah yang sering dikeluhkan:

1. Sering Kehilangan Pulsa

Selain kenaikan harga, pulsa yang hilang secara tiba-tiba menjadi masalah serius pengguna paket Yellow. Sudah berulang kali pulsa saya kesedot tanpa alasan yang jelas. Hal ini disebabkan oleh SMS peringatan penggunaan kuota yang tidak real-time menurut saya pribadi. Dulu pernah pulsa tiba-tiba habis karena kuota sudah melebihi batas. Namun, SMS peringatan baru masuk setelah pulsa hilang. Nah lho?

2. Masa Habis Paket Tidak tepat Waktu

Masalah habisnya masa paket yang tidak tepat sering membuat pengguna tertipu. Misalnya kamu daftar paket Yellow di jam 10 pagi hari ini. Dengan masa aktif 24 jam, harusnya kuota baru tidak aktif jam 10 di hari berikutnya, kan? Namun, seringkali paket sudah non aktif sekitar 3 – 5 menit sebelum waktu yang dijanjikan. Padahal kelewat sedikit saja, pulsa bisa langsung ludes dalam sekejap.

3. Kebohongan 'Pulsa Safe'

Demi menyiasati banyaknya keluhan pelanggan, Indosat pun merilis fitur pulsa safe yang diklaim bisa melindungi pulsa hilang di luar penggunaan paket Yellow. Namun, fitur ini nyatanya tidak terbukti. Kalau kamu kelewat menggunakan kuota atau lupa perpanjang paket ya tetap saja pulsa jadi korbannya. Saya sudah mengalaminya sendiri.

4. Koneksi Lemot

Poin ini sifatnya relatif, tergantung dimana area kamu saat mengakses internet. Namun, selama saya menggunakan paket Yellow, kecepatan internet yang saya dapatkan selalu di bawah provider lain. Entah kenapa terasa lemot dan tidak responsif dalam membuka website atau aplikasi, meskipun dibandingkan dengan Tri yang memiliki paket internet dengan harga lebih murah.

Bagaimana denganmu, apakah masih setia pakai paket Yellow Indosat? Kalau saya sih tidak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel