7 Tips Memilih Kartu Kredit Tepat Guna Sesuai Kebutuhan

panduan memilih kartu kredit yang tepat

Di era modern ini, kartu kredit sudah menjadi alat pembayaran yang cukup lazim digunakan untuk bertransaksi. Tidak bisa kita pungkiri kartu kredit ini hampir menggeser penggunaan uang tunai.

Hal tersebut dikarenakan kartu kredit menawarkan kepraktisan dalam penggunaannya yang sangat sesuai dengan orang-orang era modern dimana menyukai sesuatu yang cenderung instan dan cepat. Kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan juga merupakan salah satu alasan orang memilih menggunkan kartu kredit.

Saat ini banyak bank berlomba-lomba menerbitkan berbagai jenis kartu kredit, dimana setiap jenis memiliki penawaran menarik masing-masing. Misalnya saja bebas iuran selama satu tahun, bebas biaya tahunan, suku bunga rendah, diskon/promo dan sebagainya demi menarik minat nasabah.

Read more! Cara Setor Tunai BNI

Apakah saat ini kamu sudah punya kartu kredit? Atau mungkin malah sedang ingin membuat kartu kredit? Jika kamu berada di posisi kedua, mungkin kamu sedang bingung menentukan pilihan. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, setiap kartu kredit memiliki kelebihan dan keuntungan masing-masing. Oleh karenanya ada berbagai pertimbangan agar kamu mendapatkan kartu kredit yang sesuai kebutuhan namun keuntungan yang juga maksimal.

Berikut 7 tips yang bisa kamu terapkan.

1. Ketahui Informasi Dasar

Hal dasar yang paling penting sebelum memutuskan membuat kartu kredit adalah mengetahui informasi dasar tentang kartu kredit tersebut. Misalnya, kamu harus mengetahui jenis-jenis dari kartu kredit itu apa saja, kemudian keunggulan apa yang ada pada setiap jenisnya, dan tidak lupa limit saldo juga harus kamu ketahui.

Untuk mendapatkan informasi dasar tersebut, kamu bisa memanfaatkan internet untuk mengunjungi situs bank yang bersangkutan. Selain situs resminya, banyak juga blog/web yang membahas informasi perbankan seperti ini kok. Pilih yang kredibel, ya!

Finansialku dan MoneySmart adalah dua contoh web yang menurut saya pribadi bagus untuk mencari informasi seputar perbankan dan keuangan.

2. Pertimbangkan Kebutuhan

Ketahui juga kebutuhanmu ke depannya dalam memakai kartu kredit. Misalnya saja kamu ingin membuat kartu kredit dan menggunakannya untuk belanja bulanan atau membayar tagihan yang nilainya relatif tetap yang langsung dibayar lunas. Dengan kondisi seperti ini, kartu kredit dengan suku bunga tinggi lebih cocok dipilih.

Lain halnya kalau kamu ingin menggunakan kartu kredit untuk melakukan cicilan saat bertransaksi, kartu kredit dengan suku bunga kecil lebih cocok dalam kondisi tersebut.

3. Perhatikan Biaya dan Denda

Tentu kamu juga paham kalau di dunia ini tidak ada yang gratis. Begitupun dengan kartu kredit yang juga memiliki biaya bagi penggunanya. Ukurlah kemungkinan biaya yang dibebankan kepadamu sebagai pengguna kartu kredit.

Misalnya saja biaya iuran tahunan, cetak tagihan, asuransi, material, sampai penarikan uang tunai. Kamu juga harus mempertimbangkan denda yang dibebankan saat ada keterlambatan pelunasan terhadap tagihan. Ingat, denda yang dibebankan setiap bank kepada nasabah pasti berbeda. Kamu harus mengetahuinya sampai benar-benar paham agar tidak salah kaprah.

4. Ketahui Akses ke Merchant

Akses disini adalah tempat kamu bisa menggunakan kartu kredit, mungkin lebih akrab disebut merchant. Pastikan kartu kredit pilihanmu memiliki jangkauan yang luas di berbagai merchant. Dengan begitu, fleksibilitasmu dalam memakai kartu kredit sebagai alat pembayaran juga bisa lebih maksimal.

5. Memiliki Tingkat Keamanan yang Baik

Sudah banyak sekali kasus penyalahgunaan kartu kredit oleh oknum tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa disebabkan oleh pengguna yang tidak peduli dengan keamanan data miliknya. Atau bisa juga dari pihak bank yang kurang maksimal dalam memproteksi data diri nasabah.

Untuk mengatasinya, selalu pilih bank yang menyediakan keamanan ekstra. Misalnya saja seperti tanda tangan digital, PIN, sampai foto data diri yang jelas membuat akun milikmu semakin aman dan susah dibobol.

6. Pertimbangkan Kredibilitas Bank Penerbit

Kredibilitas ini ibarat branding dari sebuah merek. Semakin tinggi akan semakin bagus dan terpercaya. Selalu pastikan bank tujuanmu memiliki track record yang bagus. Hal ini agar kamu juga mendapatkan kualitas yang setimpal. Sebagai nasabah, kamu juga pastinya merasa lebih nyaman dan aman kalau bank mampu menjamin keamanan akunmu.

7. Perhatikan Reward, Diskon, dan Promo Menarik

Bukan rahasia lagi kalau setiap orang suka dengan barang murah, promo, atau sekedar reward saat melakukan aksi tertentu. Dalam hal kartu kredit, kamu biasanya akan mendapatkan poin dengan jumlah tertentu setiap kali melakukan transaksi.

Read more! Menukarkan BonsTri dengan Voucher

Diskon/promo tertentu juga akan disuguhkan kepada nasabah agar semakin sering 'menggesek' kartunya. Kalau kamu termasuk orang yang suka belanja, tentunya penawaran seperti ini akan sangat menguntungkan buat kamu.

Bagaimana, sudah bisa menentukan mau buat kartu kredit di bank mana?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel