Sejarah Perkembangan Emoji

berbagai macam emoji

Saat berkirim pesan, tidak lengkap rasanya kalau hanya menggunakan teks saja. Terkadang satu atau dua emoji diselipkan dalam teks yang akan dikirimkan untuk menambah kesan cantik atau mengekspresikan emosi si pengirim pesan. Menurut CNN, tercatat 6 juta emoji dikirimkan setiap harinya. Wow!


Awal Mula Lahirnya Emoji

Emoji sendiri dibuat oleh Shigetaka Kurita pada tahun 90an di Jepang saat dia bekerja di perusahaan telekomunikasi, NTT Docomo. Menurut pengakuannya, Shigetaka mendapat inspirasi pembuatan emoji dari berbagai simbol yang ia temui di jalan, piktogram, manga, dan media lainnya. Awalnya, Shigetaka membuat 176 emoji yang kemudian dikembangkan oleh para desainer-desainer dunia.

Pengembangan Emoji

Pada tahun 2007, Apple merilis iPhone pertama kali dan mulai mengadopsi emoji untuk lebih menarik minat konsumen. Emoji dari Apple sendiri pertama kali dirilis tahun 2008, tepatnya pada bulan November untuk iOS 2.2 (versi Jepang). Singkat cerita perkembangan emoji semakin besar dan akhirnya pada tahun 2011 Apple merilis emoji untuk semua user.

Sampai saat ini emoji sudah menjadi hal yang umum digunakan seluruh orang di dunia saat berkirim chat. Pilihannya pun sudah banyak sekali, bahkan artis-artis terkenal pun sampai dijadikan emoji. Keren, ya!


Diberdayakan oleh Blogger.