Perkembangan Teknologi HP dari Masa ke Masa


Salah satu perkembangan teknologi yang paling melesat adalah HP. Kebutuhan akan smartphone semakin lama semakin meningkat. Jaman dulu, kebanyakan pengguna ponsel adalah kalangan siswa SMA hingga orang dewasa, tetapi saat ini hampir semua kalangan masyarakat sudah menggunakan ponsel. Bahkan, ada beberapa orang yang menggunakan ponsel lebih dari satu untuk alasan kebutuhan. Hal tersebut mengakibatkan pasar smartphone semakin ramai.

Persaingan dalam pasar smartphone ini membuat perusahaan-perusahaan smartphone terus menciptakan produk baru dan selalu melakukan inovasi-inovasi terbaik demi meningkatkan produknya dengan tujuan agar produknya  dapat bersaing serta dapat laku keras di pasaran. Teknologi HP pun terus berkembang dengan pesat sampai tidak bisa dibendung dari tahun ke tahun.

Berikut ulasan tentang perkembangan teknologi HP dari masa ke masa.

Fast Charging


Kebutuhan daya pada ponsel menjadi kebutuhan krusial. Moblitas yang tinggi menuntut setiap orang membutuhkan daya lebih pada ponselnya sehingga tidak melulu tergantung pada charger dan stop kontak. Hal ini membuat banyak orang membeli smartphone selalu mempertimbangkan kapasitas baterainya.

Read more! Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Di-charge

Kapasitas baterai jumbo tentu membutuhkan kualitas charger yang tinggi juga. Saat ini sudah ada teknologi fast carging (sekitar 30 - 60 menit) pada sebagain besar smartphone yang beredar. Ukuran baterai yang menyebabkan bodi HP menjadi bongsor pun lama-lama bisa di-kompres. Terbukti dengan banyak beredarnya smartphone bodi ramping tapi dengan baterai yang tahan lama.

Face Recognition


Teknologi ini mulai disuntikkan ke dalam smartphone pada tahun 2017 dan seiring berjalanya waktu teknologi face recognition terus dikembangkan dengan berbagai  teknologi tambahan seperti ditambahkanya kemampuan AI dan sensor IR sinar infrared agar pendeteksian wajah lebih akurat.

Untuk saat ini teknologi Face Recognition pada smartphone hanya digunakan untuk fasilistas keamanan saja, seperti mengunci HP beserta aplikasi yang dimana hanya bisa dibuka dengan wajah pengguna.

Teknologi ini terus dikembangkan hingga sekarang. Dengan ditambahakanya teknologi AI diharapkan kedepanya akan ada fitur baru yang biasa di manfaatkan dari teknologi yang satu ini

On Screen Fingerprint


Teknologi fingerprint pada smartphone mulai beredar sekitar tahun 2015 lalu dan terus berkembang hingga saat ini. Sama dengan teknologi Face Recognition, fungsi fingerprint sama-sama bertujuan untuk mengamankan sebuah smartphone dimana akses bias dibuka memakai sidik jari pengunya.

Jika dulu setiap fingerprint hanya terdapat pada sisi belakang sebuah smartphone, kini sudah berkembang beberapa vendor smartphone merilis smartphone dengan sensor sidik jari pada layar.

Misalkan saja dari Xiomi yang mengeluarkan produknya dengan sensor fingerprint yang bisa dilakukan pada semua sisi yang ada pada layarnya. Sehingga membuat kesan sebuah smartphone lebih elegan karena tidak ada lingkaran sensor fingerprint pada belakang ponsel.

Wireless Charging


Jika selama ini kamu merasa kerepotan dengan sebuah kabel charger ketika nge-charge HP, kini telah hadir teknologi baru yang memungkinkan melakukan charging tanpa perlu repot pakai kabel, yaitu dengan teknologi wireless charging.

Cara kerja wireless carging ini adalah dengan induksi elektromagnetik yang mentransfer energi di antara dua perangkat dimana induktor yang bertugas mengubah arus listrik menjadi magnet elektromagnetik.

Perkebangan charger model ini merupakan sebuah trobosan baru yang revolusioner. Walaupun charger wireless ini memiliki batas jarak antara smartphone dengan adaptornya, tetap saja ini sebuah kemajuan dalam dunia teknologi yang diharapkan kedepanya charger wireless ini bisa melakukan jangkauan yang lebih luas dan tersedia dimana saja sehingga tidak perlu repot dengan carger kabel seperti sekarang.

Foldable Phone


Akhir-akhir ini dunia gadget digemparkakan dengan diluncurkanya smartphone yang dapat dilipat (foldable) pada layarnya menjadi 2 sisi layaknya seperti sebuah dompet. Smartphone ini baru pertama kali di keluarkan oleh provider Huawei (Mate X). Hebatnya lagi, lipatan pada layar ini tidak terlihat sama sekali ketika di bentangkan layaknya tablet biasa, tidak telihat adanya garis siku atau engsel dilayar tersebut.

Ketika dalam posisi dilipat, smartphone ini memiliki ukuran layar 6,6 inch dan ketika di buka lipatnya smartphone ini menjadi tablet yang sangat slim dengan ukuran layar 8 inch. Selain itu, smartphone ini merupakan ponsel pertama yang dirilis menggunkan teknologi 5G dan juga di-suplai daya baterai sebesar 4500 mAh.

Itulah beberapa ulasan terkait perkembangan teknologi HP dari masa ke masa. Kira-kira, besok bakal muncul teknologi baru apa lagi, ya?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel