Cara Reset Xiaomi Semua Tipe Tanpa Kendala

cara hard reset dan factory reset xiaomi

Pabrikan hp asal Tingkok ini sudah terkenal sejak pertama kali menampakkan dirinya di pasaran. Bagaimana tidak, semua smartphone buatan Xiaomi bisa dikatakan memiliki spesifikasi yang begitu menggugah selera yang jika dibandingkan dengan harganya, Xiaomi termasuk smartphone yang murah untuk apa yang nantinya kita dapatkan.

Namun spesifikasi yang gahar tersebut tidak lantas membuat penggunanya puas. Beberapa orang masih suka melakukan root atau oprek Android untuk mendapatkan performa yang lebih lagi. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Masalahnya adalah jika saat dilakukan oprek terjadi kegagalan yang menyebabkan smartphone hang/error. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya dilakukan dengan cara flashing atau factory reset. Hanya saja di beberapa kasus, pengguna tidak bisa melakukan reset dari menu pengaturan. Disinilah hard reset berperan.

Cara Hard Reset Xiaomi

  1. Matikan smartphone.
  2. Pastikan baterai terisi paling tidak 50% untuk mencegah smartphone mati di tengah proses pengembalian ke setelan pabrik. Kalau mau lebih aman sih mending sambil di-charge saja.
  3. Masuk ke menu recovery mode dengan cara menekan tombol power + volume up (bersamaan). Tahan sampai smartphone bergetar dan muncul logo 'MI' di tengah layar.
  4. Setelah berhasil masuk ke menu, pilih opsi 'wipe data'. Gunakan tombol volume untuk navigasi dan powet untuk aksi. Hal ini dikarenakan sensor sentuh pada layar tidak aktif ketika kamu berada dalam menu recovery mode.
  5. Selanjutnya pilih 'reboot to system' dan tunggu prosesnya sampai selesai. Nantinya smartphone akan restart sendiri, jadi tak perlu khawatir.
  6. Hard reset Xiaomi selesai, lakukan pengaturan seperti saat pertama kali kamu menyalakan smartphone.

Factory Reset Xiaomi

  1. Masuk ke 'setting'
  2. Pilih 'additional setting'
  3. Pilih 'backup and reset'
  4. Pilih 'factory data reset'
  5. Pilih 'Reset Phone'
  6. Pilih 'Next' selanjutnya 'OK'
  7. Ponsel akan di-reboot dan tunggu proses flashing Xiaomi sampai selesai.

Bagaiman, mudah bukan?

Catatan

Sebelum melakukan reset smartphone, pastikan data-data penting kamu sudah di-backup sebelumnya. Karena saat kamu mereset smartphone, semua data di memori internal akan dihapus permanen. Jadi, kalau punya file penting pindahkan dulu ke memori eksternal atau media lain.

Sekian, semoga bermanfaat. Seperti biasa, tulis di komentar jika kamu mengalami kesulitan, nanti saya bantu jawab.

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel