5 Fitur Canggih yang Ada Pada Smartphone

teknologi mengalami perkembangan dengan berbagai fitur canggih

Berbicara teknologi modern memang suatu yang sangat menarik karena teknologi pada masa ini dan kedepanya akan terus berkembang pesat. Para pakar dan ilmuwan selalu beinovasi menciptakan dan mengembang teknologi terbaru. Sejak era 2000an, pertumbuhan teknologi berjalan dengan sangat cepat, itu juga yang terjadi pada ponsel.

Sebelum era smartphone ada, mungkin kamu hanya memanfaatkan HP untuk kebutuhan SMS dan telpon saja. Namun, sekarang ponsel sudah bengkembang drastis menjadi sebuah smartphone dengan beragam fitur multifungsi miliknya. Perkembangan HP tersebut tentu dibarengi dengan kemajuan dalam bidang internet dan berbagai sarana pendukungnya.

Dengan semua kecanggihan yang ada, bukan berarti semuanya berhenti. Akan terus muncul teknologi dan fitur baru ke depannya. Berikut beberapa potret fitur canggih yang akan dan sudah ada di beberapa seri smartphone.

1. Koneksi 5G

koneksi internet 5G direncanakan mulai rilis tahun 2020

5G atau generasi kelima merupakan teknologi untuk jaringan seluler terbaru yang bertujuan meningkatkan daya tangkap jaringan nirkabel yang lebih baik dari generasi keempat (4G) sebelumnya. 5G direncanakan akan resmi dirilis tahun 2020 nanti. Namun, beberapa vendor smartphone terkenal sudah mulai mengeluarkan ponsel pintarnya yang dibekali dengan teknologi 5G ini.

Read more! Mengatasi Internet yang Tidak Konek

Lantas apa kelebihan dari generasi kelima ini dibanding dengan generasi sebelumnya? Koneksi 5G nantinya tidak hanya tekoneksi pada smartphone saja, melainkan dapat terkoneksi dengan berbagai perangkat lain untuk mempermudah pengoperasian.

Selain itu diprediksi teknologi 5G akan memiliki kecapatan 100 kali lipat disbanding dengan generasi sebelunya, kecepatan 5G ini kemungkinan bisa mencapai 800 gigabit per second (Gbps). Dengan kecepan yang sangat cepat tersebut memungkinkan penggunaya untuk melakukan upload dan download lagu, video, dokumen serta berbagi file dengan sangat cepat.

2. Foldable Phone

huawei merilis ponsel lipat pertama di dunia yaitu huawei mate x

Smartphone lipat merupakan inovasi terbaru dalam dunia gadget yang sangat mengesankan. Sesuai namanya, Foldable Phone adalah ponsel yang dapat dilipat jadi handphone dan tablet. Huawei sendiri adalah produsen pertama yang mengeluarkan ponsel dengan teknologi ini (Huawei Mate X). Ya, meski harganya terbilang sangat mahal untuk sebuah HP.

Ketika dalam posisi dilipat, smartphone ini memiliki ukuran layar 6,6 inch dan ketika di buka lipatnya smartphone ini menjadi tablet yang sangat slim dengan ukuran layar 8 inch. Huawei Mate X juga merupakan smartphone pertama yang sudah dibekali 5G. Gila gila gila!


3. Artificial Intelligence

artificial intelligence adalah kecerdasan buatan yang membuat sebuah perangkat bisa berpikir layaknya manusia

Artificial Intelligence (AI) merupakan trobosan teknologi yang sangat maju dan saat ini sudah banyak digunakan pada berbagai peralatan elektronik. Dengan teknologi AI, komputer dapat menganalisis data yang kemudian dapat bertindak dan dipraktekan secara langsung untuk melakukan sesuatu layaknya seperti yang dapat dilakukan oleh manusia.

Fitur ini sudah bisa kamu temui di banyak model smartphone melalui Google Assistant, pemindai wajah, juga sensor pada kamera yang membuat hasil jepretan menjadi lebih baik.

4. Augmented Reality

augmented reality membuat dapat menampilkan objek 3 dimensi ke sebuah perangkat

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mengabungkan benda-benda maya dua dimensi yang kemudian biaas ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi yang kemudian ditampilkan secara nyata seusai data data yang ada. Seperti yang ada pada game Pokemon Go, misalnya.

Teknologi AR ini sekarang banyak digunakan dalam pertandingan-pertandingan cabang olah raga seperti sepak bola, basket, renang dan lain lain. Jika anda bisanya melihat pertandingan sepak bola dan terjadi sebuah pelanggaran yang tak terlihat oleh wasit maka teknologi ini lah yang digunakan untuk melihat kembali simulsi pelanggaran yang telah terjadi.

5. Virtual Reality

virtual reality memberikan sensasi bermain game yang lebih nyata

VR memungkinkan seseorang merasakan sebuah imajinasi yang membuat seolah-olah pengunanya melakukan apa yang ditayangkan secara kenyataan. Misalnya dalam bermain game, kamu akan merasa benar-benar seperti masuk ke dalam game tersebut dan merasakan sensasi seperti nyata.

Selain itu, VR juga digunakan sebagai alat simulator sebuah transportasi untuk belajar dan ujian kelulusan seperti simulator pesawat terbang, kapal laut, mobil dan lainya.

Kira-kira besok di masa depan dunia kita bakal seperti apa, ya?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel