Mengenal Versi Android dari Awal Sampai Akhir

android adalah sistem operasi mobile paling terkenal di dunia

Android adalah sistem operasi yang berada di dalam smartphone, sama seperti iOS yang ada pada ponsel iPhone. Android pada awalnya masih berupa versi beta yang pertama kali dirilis pada 5 November 2007. Lalu, seiring berkembangnya jaman, sistem operasi ini juga semakin di kembangkan dan diaplikasikan pada banyak seri smartphone. Android hingga sekarang sudah memiliki banyak versi, dimana setiap versi memiliki nama unik yang condong ke makanan manis.

Fun fact: nama setiap versi Android dibuat urut dengan abjad, dimulai dari 'A'. Hanya saja versi global yang dirilis di pasaran mulai 'C'.

Berikut nama versi Android yang ada.

Android 1.0 (Alpha/Astro)

Astro adalah nama Android A

Merupakan versi pertama yang dirilis Google pada tanggal 23 september 2008. Versi ini sebenarnya akan diberi nama 'astro', tetapi karena masalah hak cipta dan trademark nama 'astro' tidak jadi disematkan pada versi ini. Merek ponsel pertama yang menggunakan Android A HTC Dream.

Android 1.1 (Beta/Bender)

Bender adalah nama Android B

Untuk versi yang kedua ini dirilis pertama kali pada tanggal 9 februari 2009. Sama halnya dengan versi pertama, versi kedua juga memiliki masalah hak cipta sehingga tidak jadi diberi nama 'Bender'. Versi ini hanya dibuat untuk perangkat T-MOBILE G1 saja sekaligus merupakan update untuk memperbaiki bugs yang terdapat pada versi sebelumnya, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur baru.

Android 1.5 (Cupcake)

Cupcake adalah nama Android C

Cupcake muncul tanggal 30 April 2009. Mulai dari sini, Google memberikan nama makanan di setiap versi Android-nya. Karena ini versi ketiga, versi Android ini memiliki nama dengan awalan huruf  'C' dimana merupakan singkatan dari Cupcake. Sistem operasi ini berbasiskan pada krenel linux 2.6.27 dan mendapatkan beberapa update serta usser interface (UI) atau tampilan yang baru dari versi sebelumnya.

Android 1.6 (Donut)

Donut adalah nama Android D

Versi yang ke empat ini juga dirilis dengan nama makanan, dirilis pertama kali pada 15 September 2009 dengan nama Donut. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan juga tampilan (UI) yang lebih mudah digunakan oleh setiap orang. Versi ini juga sudah mendukung teknologi VPN, CDMA/EVDO, 802.1x, dan juga suport layar dengan resolusi WVGA.

Android 2.1 (Eclair)

Eclair adalah nama Android E

Eclair sendiri adalah makanan sejenis roti yang berasal dari Perancis. Dirilis pertama kali pada tanggal 9 desember 2009. Lagi lagi ada penambahan fitur dalam versi ini seperti pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps ke versi 3.1.2. Perubahan tampilan juga terjadi pada versi ini dengan browser baru dan sudah mendukung HTML5. Beberapa versi update antara Android versi 2.0.0 lalu 2.0.3 dan terakhir versi 2.1.

Android 2.2 (Froyo / Frozen Yoghurt)

Froyo adalah nama Android F

Froyo dirilis pada tanggal 20 mei 2010 dan di tanamkan pada smartphone Google Nexsus One. Versi ini sudah suport Adobe Flash Player 10.1. Ada peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan Micro SD sebagai tempat penyimpanan aplikasi.

Android 2.3 (Gingerbread)

Gingerbread adalah nama Android G

Bisa dibilang Gingerbread merupakan era keemasan Android dimana sistem operasi robot hijau tersebut mulai banyak diminati. OS ini dirilis tanggal 6 Desember 2010 dan medapat banyak peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7.

Android 3.0 & 3.1 (Honeycomb)

Honeycomb adalah nama Android H

Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC. Sayangnya nama Honeycomb kurang begitu tenar di kalangan pengguna. Bahkan, banyak mengira kalau versi ini tidak ada.

Android 4.0 (Ice Cream Sandwidch)

Ice Cream Sandwich adalah nama Android I

ICS (Ice Cream Sandwidch) pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori, semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich.

Android 4.1 (Jelly Bean)

Jelly Bean adalah nama Android J

Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O 2012 membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru, dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus.

Android 4.4 (KitKat)

KitKat adalah nama Android K

Android 4.4 KitKat muncul pada tanggal 3 September 2013. Meskipun pada awalnya di beri nama Key Lime Pie (KLP), nama itu berubah karena sangat sedikit orang yang paham dengan istilah Key Lime Pie. Itulah kenapa namanya diganti menjadi KitKat, yang tidak lain adalah merek cokelat batang terkenal di dunia.

KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya, memiliki 512 MB RAM sebagai minimum yang disarankan. Ini eranya ZenFone 4 pertama kali rilis kalau kalian masih ingat.

Android 5.0 (Lollipop)

Lollipop adalah nama Android L

Android Lollipop adalah versi stabil terbaru dengan versi antara 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 dan tersedia secara resmi melalui Over the Air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam versi ini adalah tampilan yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai material design.

Android 6.0 (Marshmallow)

Marshmallow adalah nama Android M

Marshmallow muncul pada tanggal 19 agustus di tahun 2015 dan membawa sejumah perubahan tampilan lebih jauh. Menu aplikasi misalnya yang dirombak dan kini menggunakan later belakang putih, bukan hitam. Ada juga search bar untuk mempermudah pengguna menemukan aplikasi yang dicari.

Pada Marshmallow pula, Android untuk pertama kalinya menambahkan dukungan resmi terhadap sensor pemindai sidik jari. Permission aplikasi tak lagi diminta secara sekaligus, tapi dirinci satu per satu sehingga bisa lebih diteliti oleh pengguna.

Android 7.0 (Nougat)

Nougat adalah nama Android N

Versi keluaran 22 agustus 2016 ini adalah salah satu upgrade terbesar untuk sistem operasi Android. Google menambahkan dukungan multi-window sehingga pengguna bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam jendela terpisah yang diposisikan secara berdampingan. Fitur data saver pada Android Nougat juga membantu pengguna dalam memonitor dan membatasi penggunaan kuota data internet. Tambahan lain termasuk mode VR dan 63 emoji baru.

Android 8.0 (Oreo)

Oreo adalah nama Android O

Setelah Nougat, Android Oreo (versi 8.0) yang dirilis pada tanggal 21 maret 2017 menambah lebih banyak fitur multi-tasking seperti Picture-in-Picture. Bagian notifikasi ikut dirombak. Pengguna bisa mengatur notifikasi mana saja yang akan ditampilkan dan apa yang dilakukan perangkat saat menyuguhkannya.

Android 9.0 (Pie)

Pie adalah nama Android P

Android Pie mengganti tiga tombol navigasi dengan tombol tunggal berbentuk elips. Fitur lain termasuk Digital Wellbeing untuk menginformasikan soal pola pemakaian perangkat, Adaptive Battery untuk membatasi pemakaian baterai oleh aplikasi, dan App Action yang langsung menjalankan fitur aplikasi.

Saat artikel ini dibuat, Pie adalah versi Android terakhir. Artikel akan selalu di-update jika versi Android terbaru sudah rilis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel