Gmail Versi iOS Mendapatkan Pembaruan Fitur Keamanan

security update gmail for ios

Semakin majunya jaman membuat semakin mudah juga kita dalam mencari informasi. Sayang, makin kesini makin banyak juga situs-situs phising yang digunakan untuk mencuri data pribadi pengguna. Hal ini membuat Google memberikan update security patch untuk layanan email mereka, Gmail.

Update ini ditujukan untuk Gmail versi iOS, untuk versi Android sudah meluncur lebih dulu tepatnya bulan Mei lalu. Fitur keamanan baru ini akan memberikan notifikasi kepada pengguna yang ingin mengunjungi situs via tautan di dalam email. Ada 2 jenis notifikasi yang akan kamu dapatkan dalam kondisi yang berbeda.


1. Situs sudah dipastikan merupakan situs phising

(English) The site you are trying to visit has been identified as forgery, intended to trick you into disclosing financial, personal, or other sensitive information.

(Indonesian) Situs yang coba Anda kunjungi diidentifikasi sebagai palsu, dimaksudkan untuk menipu Anda agar memberikan informasi finansial, pribadi, atau informasi sensitif lain.

2. Situs diindikasi merupakan situs phising

(English) This link leads to an untrusted site. Are you sure you want to proceed?

(Indonesian) Link ini mengarah ke situs yang tidak terpercaya. Anda yakin ingin melanjutkan?

Dari ke-2 peringatan tersebut bisa ketahui bahwa Google berusaha memberitahukan jika situs yang kita kunjungi mencurigakan. Jika kamu mendapat notifikasi seperti opsi pertama, lebih baik segera urungkan niat untuk mengunjungi situs yang bersangkutan. Namun, jika kamu mendapat opsi yang nomor 2, silahkan lanjutkan jika memang kamu yakin situs yang kamu kunjungi bukanlah merupakan situs phising.

Jadi, bagaimana? Intinya sih selalu hati-hati saja.

Diberdayakan oleh Blogger.