Layanan Internet IndiHome Kini Pakai FUP

layanan internet indihome kini menggunakan kuota

Setelah kemarin memblokir Netflix, kini Telkom menerapkan kebijakan yang cukup kontroversial yaitu tentang penggunaan FUP untuk layanan internetnya, IndiHome. FUP (Fair Usage Policy) adalah sebuah batasan yang diberikan kepada pelanggan terkait layanan internet yang digunakan. IndiHome tetap unlimited, namun jika penggunaan kuota data melebihi batas wajar, kecepatan internet akan diturunkan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.


Tentang Kebijakan FUP IndiHome

Pihak Telkom sendiri menyatakan bahwa penerapan kebijakan FUP ini serta merta untuk melindungi para pengguna internet wajar (normal user) dari pengguna internet tidak wajar atau berlebihan (heavy user). Pengguna tidak wajar disini bisa diartikan sebagai mereka yang mengunakan internet untuk download file/film untuk ladang bisnis (pemilik usaha warnet) yang jelas menghabiskan banyak bandwith. Jika tidak diterapkan FUP, hal ini bisa berdampak pada normal user.

Walaupun dibatasi, Telkom mengatakan layanan internet IndiHome masih memadai khusunya untuk pengguna rumahan. Untuk paket 10Mbps, Telkom memberikan batas wajar sebesar 300GB per bulan. Lebih dari itu kecepatan akan turun menjadi 75% atau 7,5Mbps. Serta untuk pemakaian >400GB per bulan, kecepatan akan diturunkan lagi menjadi 40% atau 4Mbps.

Untuk paket dengan kecepatan yang lebih tinggi, batasan yang diberikan juga akan lebih besar.

Dengan jatah 300GB per bulan, berarti kamu mendapat 10GB per hari. Batasan tersebut masih bisa dibilang wajar bahkan sangat longgar. Toh jika pemakaian kamu melebihi batas, kecepatan tidak turun drastis alias hanya berkurang 25% dari kecepatan normal.

Bagaimana dengan pendapat kamu sendiri?

Diberdayakan oleh Blogger.