Tips Membedakan Smartphone Asli Atau Palsu

membedakan smartphone asli dan palsu

Smartphone atau gadget adalah perangkat yang sangat penting kegunaanya di jaman sekarang. Tidak heran jika para vendor borlomba-lomba menciptakan smartphone berharga murah namun dengan spesifikasi yang wah. Sebut saja Asus, Xiaomi dan Lenovo yang sampai sekarang masih eksis di pasaran dengan ponsel murah meriah yang mereka miliki.

Dengan harga murah dan banyaknya pilihan yang ada, tidak jarang orang malah dibuat bingung saat akan membeli smartphone. Walaupun murah, tetap teliti sebelum membeli. Jika tidak hati-hati, bukan tidak mungkin kamu malah mendapatkan smartphone palsu saat membeli.

Berikut ini ada beberapa tips dari TeknoSee untuk membedakan smartphone asli atau palsu:


Perhatikan Harga

Harga selalu jadi pertimbangan utama dalam membeli ponsel baru. Smartphone dengan harga murah selalu jadi incaran masyarakat. Tapi kamu harus waspada jika gadget yang akan kamu beli harganya berbeda jauh dengan harga pasaran karena bisa saja itu dikarenakan barang tersebut palsu atau replika. Tetap jeli dan jangan tergiur iming-iming harga miring.

Cek Material

Smartphone yang bagus dibuat dengan bahan yang bagus juga. Jika asli, tidak mungkin terdapat cacat pada bodi smartphone. Lain kata jika kamu menemukan cacat pada smartphone yang akan kamu beli, kamu patut waspada barang tersebut asli atau palsu.

Cek Nomor IMEI

Setiap ponsel dipastikan selalu memiliki nomor IMEI, namun nomor ini bisa dipalsukan dengan berbagai cara. Untuk itu, tidak ada salahnya cek IMEI ponsel yang akan kamu beli apakah cocok dengan aslinya atau tidak. Kamu tinggal dial *#06# untuk cek nomor IMEI ponsel.

Pastikan Aksesoris Lengkap

Biasanya vendor menyertakan aksesoris seperti headset, charger dan kabel data saat pembelian. Apabila ada aksesoris smartphone yang seharusnya ada namun tidak ada saat pembelian sebaiknya kamu waspada.

Gunakan Antutu Benchmark

Antutu adalah aplikasi android terpopuler untuk mengecek benchmark dan spesifikasi smartphone. Saat dijalankan, aplikasi ini akan menyajikan spesifikasi lengkap tentang ponsel kamu.

Itulah beberapa tips membedakan smartphone asli atau palsu. Yang penting tetap hati-hati dalam membeli. Ketahui dulu spesifikasi ponsel yang ingin kamu beli agar tidak tertipu nantinya.

Diberdayakan oleh Blogger.