Kelebihan dan Kekurangan Cloud Storage Untuk Menyimpan Data

media penyimpanan data berbasis online

Setiap orang pasti memiliki data penting dan privasi masing-masing misal master aplikasi, dokumen, foto atau data yang bersifat penting lainnya. Agar tidak hilang, biasanya orang membuat cadangan data (back up) menggunakan hard disk eksternal atau media penyimpanan lainnya.

Sekarang ini teknologi menyimpan data sudah memasuki era baru yaitu menggunakan penyimpanan online atau yang disebut dengan Cloud Storage. Teknologi Cloud Storage ini lebih fleksibel karena kita sebagai pengguna tidak membutuhkan media fisik lagi untuk menyimpan data.

Semua data akan disimpan di penyedia layanan Cloud Storage. Jadi selain lebih fleksibel, kapanpun kamu membutuhkan data tersebut, kamu bisa mengaksesnya dimana dan kapan saja asalkan ada koneksi internet.


Kelebihan Cloud Storage

Selain kemudahan akses yang ditawarkan, Cloud Storage juga memiliki kelebihan lain, diantaranya:

1. Tidak Memakan Tempat

Karena bersifat virtual, penyimpanan cloud tidak membutuhkan media fisik seperti CD, flashdisk atau hard disk. Selain itu kasus rusak atau kehilangan media penyimpanan bisa diminimalisir dengan menggunakan penyimpanan online.

2. Relatif Lebih Aman

perlindungan terhadap data yang disimpan

Karena tidak disimpan secara fisik, data yang kamu miliki akan lebih aman karena hanya kamu pribadi yang bisa mengakses data tersebut. Tidak seperti media simpan fisik yang bisa digunakan secara bebas dan mungkin saja bisa disalahgunakan oleh pihak lain.

3. Bisa Diakses Dimana Saja

Kamu tidak perlu lagi membawa hard disk eksternal kemana-mana karena semua data yang kamu miliki sudah tersimpan rapi secara online di internet. Saat kamu membutuhkannya, tinggal buka dan unduh saja. Kamu juga bisa melakukan editing pada file yang kamu simpan.

Kekurangan Cloud Storage

Selain kelebihan, tentunya menyimpan data via online juga memiliki kekurangan seperti:

1. Harus Terkoneksi dengan Internet

Karena berbasis online, mau tidak mau kamu harus punya akses internet untuk mengakses data yang kamu simpan. Ditambah jika kamu ingin menggunakan data tersebut, kamu juga harus mengunduhnya terlebih dahulu. Terlebih untuk file dengan ukuran besar kamu akan membutuhkan bandwith yang cukup banyak dan tentunya waktu yang tidak sedikit untuk mengunduhnya.

2. Situs Maintenance

kondisi dimana situs atau media lain tidak dapat diakses (perbaikan)

Mungkin ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna Cloud Storage. Tentu jengkel rasanya saat kamu harus mengakses data yang kamu simpan via cloud namun ternyata situs yang kamu gunakan sedang mengalami perbaikan (maintenance) . Hal seperti ini memang sangat jarang terjadi, tapi tetap saja membuat pengguna kesal.

#Rekomendasi Cloud Storage versi Teknosee: Google Drive, One Drive, Dropbox, Box, Ubuntu One

Diberdayakan oleh Blogger.