9 Ciri Smartphone Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

android anda terkena virus, atasi dengan cara ini

Penggunaan smartphone saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban bagi sebagian besar orang. Ya, semakin berkembangnya teknologi terutama internet membuat smartphone semakin diminati banyak kalangan. Apalagi kegunaannya yang multi fungsi membuat smartphone bisa menggeser featured phone yang hanya bisa digunakan untuk kebutuhan dasar saja.

Meskipun diberi nama smartphone atau ponsel pintar, bukan berarti langsung aman dari serangan virus. Ya, walaupun sebenarnya hape sudah dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah terkena virus. Tapi, namanya sistem ya tidak ada yang sempurna. Selalu ada celah, walaupun itu kecil.

Baca juga: Tips Mengamankan Diri di Internet

Virus sendiri bisa menyerang ponselmu dari berbagai celah, misal pakai WiFi publik, download aplikasi sembarangan, atau nge-klik tautan yang mencurigakan di email.

Terus, bagaimana cara kita mengetahui apakah smartphone yang kita pakai terkena virus atau tidak? Berikut ciri-ciri smartphone yang terkena virus.


1. Kinerja Lemot

kenapa android jadi lemot setelah beberapa kali pemakaian?

Jika kamu merasa hape yang kamu gunakan semakin lemot bisa jadi itu disebabkan oleh malware yang bersarang di hape-mu. Mereka biasanya menyamar sebagai aplikasi yang terlihat mencurigakan yang akan terus berjalan di latar belakang dan memberatkan sistem.

Cara mengatasi: bersihkan cache, hapus aplikasi mencurigakan / tidak penting

2. Sering Muncul Pop-up

pop up adalah jenis iklan yang sangat mengganggu

Pernah mengalaminya? Jika iya mungkin hape kamu sudah terjangkit virus. Pop-up yang muncul bisa dimana saja. Bisa di menu utama atau saat kamu membuka aplikasi tertentu. Pop-up seperti ini biasanya muncul jika kamu asal klik link di internet.

Misal saat kamu ingin download film, kamu harus jeli untuk membedakan mana link download yang benar dan mana yang salah. Karena jika salah klik, bisa saja link tersebut berisi script berbahaya yang akan meng-inject virus ke smartphone kamu.

Cara mengatasi: Scan dengan antivirus

3. Baterai Lebih Boros

semakin banyak aplikasi semakin banyak juga daya yang dibutuhkan

Masih terkait dengan poin nomor satu, karena virus yang terus berjalan tentu akan membuat daya baterai menjadi lebih cepat habis. Ada baiknya kamu mengecek apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak. Jika iya, segera hapus. Kamu bisa melihat seluruh aplikasi yang terinstal di menu Apps Manager yang bisa diakses via Setting - Apps.

4. Kuota Lebih Boros

monitor penggunaan kuota untuk menghindari masalah kuota boros

Tak hanya berjalan di latar belakang, ada juga jenis virus yang secara otomatis terhubung ke internet. Virus jenis ini biasanya digunakan untuk menanam adware atau iklan yang mengganggu saat kamu mengakses browser.

Kamu bisa mencegahnya dengan melihat aplikasi apa saja yang menghabiskan data di menu Setting. Jika ada aplikasi yang dirasa mencurigakan dan tidak pernah kamu gunakan sebelumnya sebaiknya dihapus saja.

5. Restart Sendiri

restart tanpa tombol di android

Jika smartphone kamu sering restart tiba-tiba, besar kemungkinan sistem operasi yang dijalankan mengalami kerusakan (crash). Hal ini bisa disebabkan oleh virus atau masalah lain. Solusinya kamu bisa melakukan scanning menggunakan aplikasi antivirus. Jika cara tersebut tidak berhasil, dengan terpaksa mungkin kamu harus flashing hape-mu.

6. Booting Lama

booting adalah proses menghidupkan suatu perangkat

Booting adalah proses dimana saat kamu menghidupkan smartphone. Umumnya untuk melakukan booting tidak membutuhkan waktu yang lama, berkisar 1 - 2 menit saja. Tapi jika merasa proses booting ini sangat lama, jelas ada yang tidak beres. Pertama, bisa saja smartphone terlalu terbebani dengan banyaknya aplikasi atau memori internal yang mepet. Kedua, karena virus yang menjadikan hape-mu waktu ekstra untuk booting.

Tips: Scan atau flash hape kamu

7. SMS Atau Email Tidak Jelas

ciri-ciri email spam

Pernah mendapati sebuah pesan aneh, entah itu SMS atau email? Jika iya, besar kemungkinan untuk adalah phising yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. Segera lakukan pencegahan dengan menghapus aplikasi bersangkutan atau mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk mengamankan akunmu.

8. Instal Aplikasi Sendiri

tips instal aplikasi agar aman dari virus

Banyak kasus dimana pengguna Android dikeluhkan dengan adanya aplikasi tidak dikenal yang tiba-tiba terinstal di smartphone mereka. Ditambah aplikasi tersebut biasanya tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Hati-hati, itu adalah malware yang menyamar menjadi sebuah aplikasi. Mungkin aplikasi ini ikut terinstal saat kamu menginstal aplikasi dari sumber yang kurang terpercaya (non Play Store).

Baca juga: Tips Aman Download Aplikasi di Internet

Untuk mencegah hal ini terjadi usahakan hanya instal aplikasi dari sumber yang terpercaya saja. Tidak masalah di luar Play Store, asal website-nya kredibel. Seperti APK Pure.

9. Redirect

redirect adalah mengalihkan pengunjung dari satu halaman ke halaman lain

Jika saat browing tiba-tiba kamu dialihkan ke situs lain yang mencurigakan, bisa jadi itu adalah ulah virus nakal. Sebaiknya langsung tutup tab dan kembali ke halaman sebelumnya untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Setelah itu lakukan scanning.

Itulah 9 ciri smartphone yang terkena virus. Jangan sampai kena, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.