4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Download Aplikasi di Play Store

play store menyediakan jutaan aplikasi

Play Store adalah sebuah wadah yang disediakan Google untuk para pengguna Android yang ingin mengunduh aplikasi untuk android miliknya. Terdapat berbagai jenis aplikasi yang bisa kamu download baik yang gratis maupun berbayar.

Sebenarnya kamu tetap bisa mengunduh aplikasi android dari sumber lain seperti website yang menyediakan file APK. Hanya saja app android yang diunduh dari non Play Store punya kemungkinan tidak aman (berisi virus, script jahat yang merugikan dsb). Itulah kenapa Google menyediakan wadah khusus yang kualitas aplikasinya bisa dijamin. Kalaupun kamu ingin download file APK dari sumber lain, carilah website yang terpercaya dan punya reputasi. Misal Jalan Tikus atau APK Pure.

Dan meskipun Play Store adalah platform resmi, bukan berarti seluruh aplikasi di dalamnya aman. Dari riset bulan Maret lalu, ditemukan 132 aplikasi yang mengandung malware, lho. Jadi tetap harus hati-hati. Nah, untuk mengurangi resiko, kamu bisa melakukan 5 tips berikut sebelum download aplikasi via Play Store.


1. Perhatikan Jumlah Download

sudah diunduh 5 juta kali

Semakin banyak jumlah download dalam satu aplikasi bisa diindikasikan bahwa aplikasi tersebut bagus dan disukai banyak pengguna. Gak mungkin juga kan aplikasi yang "jelek" dapat unduhan banyak? Banyaknya total unduhan ini bisa kamu jadikan acuan bahwa aplikasi yang akan kamu download memiliki kualitas. Ya, setidaknya sudah ada jutaan orang sebelum kamu yang sudah mencoba aplikasi tersbut.

2. Lihat Rating dan Review

mendapat rating 4.4

Setiap user yang sudah mengunduh app di Play Store bisa berkontribusi untuk memberikan rating serta review. Hal ini bisa kamu jadikan acuan juga, atau sekedar membandingkan jika ada 2 aplikasi sama yang akan kamu download. Rating tertinggi di Play Store sendiri adalah 5, biasanya aplikasi yang bagus punya rating 4 - 5.

Jika rating masih belum membuatmu mantap, kamu bisa lanjut membaca review atau ulasan yang diberikan oleh sekian banyak pengguna. Jika memang banyak review positif, kamu boleh yakin dengan aplikasi pilihanmu. Tapi jika banyak negatif-nya, mungkin mencari aplikasi lain harus dilakukan.

3. Cek Permission

ada in app purchase dalam aplikasi

Setiap aplikasi akan diinstal akan muncul notifikasi permintaan perizinan (permission). Ya, karena memang setiap aplikasi membutuhkan akses tertentu agar dapat berjalan lancar. Contoh permission-nya seperti meminta akses ke Galeri untuk aplikasi foto atau akses ke kontak telepon jika kamu instal aplikasi SMS. Selalu pastikan permission sesuai dengan kegunaan dari aplikasi. Jika ada yang mencurigakan, kamu harus waspada.

4. Ukuran Aplikasi

informasi lebih lanjut seputar aplikasiukurannya sekitar 20MB

Sebenarnya ini bukanlah suatu masalah, hanya untuk jaga-jaga dan memastikan saja. Perhatikan dulu berapa ukurannya, karena jika terlalu besar tentu akan memberatkan kinerja ponsel. Selain itu pastikan kuota kamu mencukupi untuk mengunduh aplikasi. Jadi tidak ada masalah gagal download di tengah jalan.

Jadilah user yang baik nan cerdas dengan bisa membedakan aplikasi mana yang bagus. Semoga bermanfaat!

Diberdayakan oleh Blogger.