5 Hal Ini Membuat Smartphone Kamu Boros Kuota

kok bisa kuota tiba-tiba habis?

Kuota bisa diibaratkan sebagai nyawa dari sebuah smartphone. Bisa kamu bayangkan jika smartphone kamu kehabisan kuota? Browsing gak bisa, cek email gak bisa, bahkan buka sosial media untuk sekedar update status pun tidak bisa dilakukan tanpa memiliki kuota data.

Kebutuhan kuota yang begitu vital membuat harganya terus melambung dari waktu ke waktu. Awalnya sih murah, tapi makin lama pengguna juga akan merasa bahwa harga kuota menjadi lebih mahal (termasuk saya). Untuk menghemat pengeluaran, mau tidak mau pengguna harus bisa menghemat penggunaan kuota untuk menekan pengeluaran.


Penyebab Boros Kuota?

penggunaan kuota meningkat tajam

Banyak hal yang bisa mempengaruhi smartphone boros kuota. Ditambah dengan hadirnya jaringan internet super cepat 4G LTE pastinya membuat kuota terasa "lebih cepat habis" karena halaman yang diakses akan lebih cepat terbuka. Berikut 5 hal yang ikut turut andil dalam menghabiskan kuota data kamu.

1. Streaming Video

Youtube adalah situs berbagi video terbesar, berbagai video bisa kamu temukan disana. Sayangnya streaming video yang kamu lakukan membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu memutar dengan kualitas HD yang tentunya akan menyedot kuota lebih banyak.

2. Download Besar

Download memang salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Terutama jika kamu seorang pecinta film, pastilah ingin selalu update film-film terbaru untuk ditonton. Padahal rata-rata ukuran untuk satu film berkisar antara 600MB - 2GB per film (tergantung kualitas). Bisa dibayangkan berapa kuota yang kamu butuhkan untuk update film setiap ada film baru?

3. Banyak Akun Sosial Media

Sosial media selalu melakukan sinkronisasi secara berkala untuk mengupdate berita yang ada di timeline kamu. Misalkan aplikasi IM (Instant Messanger) seperti BBM, BBM harus terhunung ke internet untuk menampilkan recent update. Bayangkan jika kamu punya banyak akun sosmed seperti Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan lainnya. Tidak hanya kuota yang jadi lebih boros, baterai smartphone akan lebih cepat habis karena aplikasi semacam ini selalu berjalan di latar belakang.

4. Main Game Online

Seiring berkembangnya jaman, makin banyak game online bertebaran. Game online memang cenderung lebih mengasyikan karena kita bisa terkoneksi dengan orang lain dari dalam game. Sebut saja Clash of Clans (COC) yang mampu menyedot banyak perhatian para pecinta mobile gaming. Tapi ingat, kuota akan berkurang secara perlahan saat memainkan game. Untuk game yang didukung grafik mumpuni biasanya lebih boros kuota.

5. Gambar dan Autoplay

Saat mengunjungi suatu halaman web tidak jarang kita menemukan banyak gambar dan autoplay video di dalamnya, misal Instagram dan Facebook. Instagram isinya memang didominasi dengan gambar. Jadi siap-siap saja karena memuat gambar lebih membutuhkan banyak kuota, terlebih untuk gambar dengan resolusi tinggi. Untuk fitur autoplay sendiri sebaiknya dimatikan saja karena setiap video yang diputar belum tentu kita ingin menontonnya.

Diberdayakan oleh Blogger.