Faktor-faktor yang Memperpendek Umur Baterai

Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

Baterai merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai penyuplai daya smartphone. Namun, kinerja smartphone yang tinggi membuat baterai "dipaksa" untuk bekerja maksimal agar bisa mengimbagi kinerja smartphone tersebut. Sudah jadi hal yang wajar pula bila daya baterai menjadi boros dan dengan kata lain umur atau masa pakainya akan semakin berkurang. Terlepas dari hal tersebut, TeknoSee merangkum beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi umur baterai, antara lain:


1. Overcharge

Kebiasaan yang nampaknya sudah lumrah di kalangan pengguna smartphone. Biasanya kebanyakan orang cenderung melakukan charging saat hendak tidur karena dianggap lebih praktis. Namun kebiasaan ini jika dilakukan terus-menerus tentunya akan berdampak pada kualitas baterai itu sendiri. Walaupun pada smartphone terbaru terdapat fitur untuk memutus proses charging saat baterai sudah penuh tetap saja akan meninggalkan dampak kedepannya.

2. Umur Pakai

Semakin lama baterai digunakan tentu umurnya juga akan semakin berkurang. Jika tetap dibiarkan kemungkinan baterai tidak akan dapat bekerja dengan optimal lagi. Daya akan lebih cepat habis dan yang lebih parahnya akan membuat baterai menggembung.

3. Suhu

Suhu disini dibedakan menjadi dua, suhu rendah dan suhu tinggi. Keduanya bukan merupakan hal baik untuk kesehatan baterai. Suhu yang terlalu tinggi maupun rendah akan memberikan dampak buruk pada baterai smartphone. Pada saat suhu tinggi baterai akan melepaskan dayanya secara bertahap sehingga kapasitas di dalamnya akan habis secara perlahan. Lain dengan suhu rendah, hal ini malah bisa menyebabkan baterai kehilangan dayanya atau dengan kata lain tidak bisa lagi digunakan.

4. Penggunaan Berlebihan

Menggunakan smartphone terlalu lama dan terus-menerus juga ikut andil dalam memperpendek masa pakai baterai smartphone. Bayangkan saja, anda menggunakan smartphone untuk bermain game dalam jangka waktu lama sembari melakukan pengisian daya. Tentu hal tersebut membuat suhu baterai meningkat tajam, selain itu akan terdapat bentrokan arus keluar masuk yang tidak beraturan.

5. Charger Tidak Sesuai

Hindari juga penggunaan charger selain charger bawaan karena daya yang dimiliki setiap charger berbeda-beda. Jika daya terlalu rendah proses charging akan memakan lebih banyak waktu. Jika terlalu tinggi juga tidak bagus untuk kesehatan baterai.

Diberdayakan oleh Blogger.