Kangen! 10 Game PS1 Terbaik Paling Seru di Tahun 90an

konsol ps1 menghadirkan banyak seri game terbaik pada masanya

Bagi kamu yang sudah menjadi pecinta game sejak tahun 90an, tentu tidak asing dengan PS1 atau PS One. Konsol video game rumahan yang dikembangkan oleh Sony Computer Entertaiment ini pertama kali rilis di Jepang pada tahun 1994, kemudian beredar secara global pada tahun 1995. PS1 memiliki beragam jenis game yang sangat dicintai para gamers, misal Harvest Moon Back to Nature, Sukoiden 2, atau Final Fantasy.

Pada tahun 2006 produksi PlayStation 1 berhenti karena digantikan oleh konsol generasi selanjutnya. Beberapa gamers-pun mengganti PlayStation mereka dengan generasi terbaru, namun ada pula yang bertahan dengan PS1. Tak dapat dipungkiri, beberapa game adalah games PS1 terbaik  di masanya yang sulit dilupakan dan banyak dicintai oleh para gamers.

Read more! Game PSP Terbaik

Maka dari itu kali ini akan dibahas mengenai daftar game PS1 terbaik untuk membangkitkan nostalgia kamu.

Daftar Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa

Berikut beberapa games PS1 terbaik beserta sedikit ulasannya yang dahulu pernah menjadi favorit para gamers Indonesia, diantaranya:

1. Suikoden 2

suikoden adalah game rpg yang mengambil tema politik

Game Sukoiden 2 merupakan versi pengembangan dari Sukoiden. Para pemain mengakui bahwa mereka jatuh hati dengan Sukoiden 2 dan menganggapnya sebagai game PS1 terbaik sepanjang masa. Game RPG  buatan Konami ini berkisah tentang kepahlawan dengan tema politik. Pemain game akan merasakan suasana persahabatan, perjuangan, pengkhianatan, perang, bahkan kematian.

Dalam game ini pemain akan berperan menjadi seorang jagoan bernama Riou yang ditemani sahabatnya, Jowy. Layaknya game strategi yang lain, Sukoiden 2 berisi 3 jenis battle, yaitu casual battle, duel battle, dan war battle.

Pada war battle, pemain akan berada di medan perang untuk menyerang lawan dan membawanya keluar dari perbatasan. Pemain dapat memilih 3 jenis pasukan yang memiliki kelebihan masing-masing, yaitu pasukan invanteri, kavaleri, atau pemanah.

2. Metal Gear Solid

seri metal gear solid sudah populer sejak era konsol ps1

Metal Gear Solid merupakan game dengan cerita spionase yang dibuat oleh Hideo Kojima. Dalam game ini pemain akan berperan sebagai Solid Snake yang bertugas meredam aksi pemberontakan FOXHOUND.

Alur game ini cukup berbobot dan sulit ditebak, sehingga terkadang gamer kurang memahami maksud ceritanya. Dalam Metal Gear Solid, pemain akan disajikan infiltrasi markas dengan grafis 3D yang cukup bagus di masanya. Gamer harus berjuang dengan merangkak memasuki lubang ventilasi yang gelap, menghadapi pasukan tank lawan, dan berduel melawan penembak (sniper) untuk menyusup ke Pulau Shadow Moses.

3. Gran Turismo 2

sejak rilis di playstation, gran turismo selalu mengedepankan masalah grafis

Game Gran Turismo 2 merupakan game PS1 grafik terbaik pada masanya yang dikembangkan oleh Polyphony Digital. Dalam game racing ini, pemain harus bermanuver untuk bersaing dengan pembalap lain. Game Gran Turismo 2 menampilkan 650 mobil dan 27 trek balap.

Ada dua mode dalam Gran Turismo 2, yakni arcade dan simulasi. Di mode arcade pemain bebas memilih kendaraan yang diinginkan, sedangkan di mode simulasi pemain harus mendapatkan SIM, membayar kendaraan, dan mendapatkan piala dengan pengalaman berkendara yang dibuat seperti di dunia nyata.

4. Xenogears

xenogears adalah game dengan karakter robot

Game Xenogears dibuat oleh Squaresoft yang menyajikan custscene dengan anime keren. Game ini memiliki sejarah panjang, bahkan ada buku dengan tebal lebih dari 400 halaman berjudul Xenogears Perfect Works yang berisi sejarah game ini.

Banyak pemain yang menyatakan bahwa hal menarik dalam game Xenogears sehingga menjadi salah satu games PS1 terbaik adalah keberaniannya mengangkat isu-isu sensitif dan adanya kisah cinta romantis yang diangkat dalam storyline-nya.

Xenogears banyak menggunakan istilah Yahudi dan menggambarkan beberapa agama lain. Sedangkan kisah cinta romantis yang diangkat adalah hubungan antara Fei Fong Wong dan Elhaym Van Houten.

5. Final Fantasy Tactics

final fantasy tactics menjadi salah satu seri tersukses final fantasy

Final Fantasy Tactics merupakan game fantasi yang berisi konflik dalam dunia Ivalice. Dalam game yang dikembangkan oleh Squaresoft ini pemain akan berperan sebagai Ramza, seorang putra bangsawan yang bersahabat dengan Delita. Namun, karena kejenjangan sosial, persahabatan mereka menjadi terganggu dan menimbulkan perang saudara.

Pertempuran dalam Final Fantasy Tactics menggunakan kamera isometris yang bisa diatur sesuai strategi yang diinginkan. Selain itu, pemain dapat menentukan serangan yang digunakan, yakni serangan biasa, mengeluarkan sihir, atau menggunakan kemampuan special sesuai kriteria karakter.

6. The Legend of Dragoon

game yang memberikan sensasi seru berpetualang memburu naga

Bagi penyuka game tantangan, The Legend of Dragoon yang dikembangkan oleh SCE Japan Studio ini merupakan game PS1 terbaik di dunia. Game ini menyajikan pertempuran yang berbeda dengan game lain dan menuntun konsentrasi lebih.

Mengapa demikian? Karena selama pertempuran pemain harus menekan tombol X secara tepat agar jurus yang dikeluarkan dapat menghasilkan damage secara maksimal. Selain itu, The Legend of Dragoon juga memiliki sistem counter attack (serangan balasan) yang muncul secara acak.

Saat counter attack muncul, pemain harus menekan tombol O agar counter berhasil. Sebagaimana namanya, dalam game ini pemain dapat berubah menjadi seekor naga legendaris setelah berhasil mendapatkan Divine Dragoon.

7. Silent Hill

silent hill mampu menyuguhkan nuansa horror kepada pemainnya

Game Silent Hill merupakan game survival-horor yang dibuat oleh Konami. Dalam game PS1 adventure ini pemain akan berperan sebagai Harry Mason yang memiliki anak bernama Cherly.

Awalnya, mereka berniat untuk berlibur dengan mengendarai mobil, namun di tengah perjalanan mobil itu diikuti oleh sesosok bayangan. Harry mencoba menghindari bayangan tersebut, namun akhirnya mobil malah terguling dan Cherly menghilang. Petualangan horor di kota penuh kabut-pun dimulai.

Read more! Karakter Game Paling Tidak Berguna

Demi mencari anaknya, pemain yang berperan sebagai Harry harus menghadapi berbagai rintangan yang menyeramkan, diantaranya monster dengan berbagai bentuk yang datang bergerombol, memiliki damage besar, dan sulit mati. Selain itu, pemain harus berlari menyusuri jalan dengan map yang telah disediakan.

8. Harvest Moon: Back to Nature

harvest moon back to nature berhasil menjadi suksesor untuk seri-seri harvest moon berikutnya

Sulit rasanya kalau harus tidak menyertakan nama Harvest Moon ke dalam game PS1 terbaik. Saya sendiri dulu sempat kecanduan main game ini dari pagi sampai malam mau tidur. Pokoknya seru banget.

Ceritanya juga sederhana, kamu diberi mandat untuk mengelola kebun kakekmu yang terbengkalai. Jika menyetujuinya, kamu diberikan waktu 3 tahun untuk mengembangkan kebun dan segala isinya. Mulai dari sinilah misimu dimulai. Sedikit demi sedikit merapikan kebun, mulai beternak ayak, hingga memelihara sapi dan domba.

Selain mengurus kebun, kamu juga bisa pergi ke kota untuk berinteraksi dengan warga. Kamu juga bisa memancing di pantai dan mencari tumbuhan langka di gunung. Belum lagi dengan adanya tempat rahasia dalam game ini yang membuat pemain makin penasaran.

9. Tekken 3

tekken 3 dibuat dengan pengoptimalan dalam segi grafik yang sudah 3d

Tekken adalah salah satu franchise game fighting ternama yang begitu terkenal di dunia. Saking populernya, sudah banyak jenis turnamen Tekken yang diadakan di seluruh belahan dunia. Tentunya dengan hadiah uang yang menggiurkan.


Tekken 3 sendiri dianggap sebagai suksesor Tekken pada masa PS1. Di seri ketiganya ini, grafis yang diusung sudah sangat bagus dengan gerakan karakter yang leluasa (tidak kaku). Jadi, tidak heran kalau banyak gamer baru yang mulai jatuh cinta dengan game fighting buatan Bandai Namco ini.

10. Vigilante 8: 2nd Offense

game perang mobil paling seru ya cuma vigilante

Kalau kamu lahir pada eranya PS1, harusnya kamu pernah merasakan sensasi serunya main Vigilante. Game ini ceritanya cukup unik, temanya perang mobil. Jadi, kamu nantinya memilih satu mobil untuk digunakan dimana setiap mobil memiliki spesifikasi dan kemampuan penghancur yang berbeda-beda.

Dengan mobil tersebut, kamu akan berhadapan dengan musuh lain pada suatu tempat. Kamu juga diperbolehkan mengambil senjata, jebakan, hingga special dengan daya hancur yang tinggi.

Itulah daftar game PS1 terbaik versi TeknoSee. Di antara games tersebut, manakah yang dahulu menjadi game kesukaan kamu?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel