5 Fakta Tekken, Game Fighting Paling Fenomenal Sepanjang Masa

Tekken adalah franchise game fighting yang dibuat oleh Namco

Siapa yang tidak kenal Tekken? Game fighting yang bisa dibilang terpopuler di dunia ini tak pernah ada habisnya dibicarakan. Bahkan sejak perilisannya pertama kali pada tahun 1994, Tekken masih eksis sampai sekarang, lho.

Game ini diciptakan oleh Katsuhiro Harada dan Seiichi Ishii. Saat pertama kali dirilis, Tekken adalah game fighting pertama yang menggunakan animasi 3D. Jadi, tak heran jika Tekken langsung bisa menarik banyak perhatian para gamer pada masanya dulu.

Selain itu, game Tekken juga memiliki banyak fakta menarik lain. Berikut 6 fakta Tekken:

1. Mulanya Bernama 'Rave War'

Rave War adalah nama yang akan digunakan Namco untuk perilisan Tekken di luar Jepang, tapi tidak jadi

Tekken sendiri dalam bahasa Jepang berarti Iron Fist. Namun, saat dalam rencana perilisannya secara global (di luar Jepang), nama Iron Fist dianggap terlalu klise untuk digunakan.

Rave Master kemudian dipilih sebagai judul pertimbangan perilisan Tekken di luar Jepang. Namun, dengan banyak pertimbangan yang dilakukan, Namco akhirnya tidak jadi menggunakan nama tersebut dan tetap merilis game mereka dengan judul Tekken.

2. Game Fighting dengan Penjualan Terbanyak

Penjualan game Tekken sangat tinggi dibandingkan dengan Street Fighter

Sudah tidak mengherankan lagi kalau Tekken merupakan game fighting terlaris. Franchise ini memang memiliki nama yang cukup kuat yang sulit untuk dikalahkan. Bahkan untuk rivalnya, Street Fighter.

Di tahun 2015 lalu, Tekken mencatatkan torehan angka penjualan yang terbilang fantastis, yaitu 44 juta kopi. Dari semua seri, ternyata Tekken 3 merupakan seri paling laris dengan angka penjualan sebanyak 8 juta kopi di seluruh dunia.

3. Museum Tekken

Di Osaka ada sebuah museum khusus Tekken

Selang 18 tahun perilisannya, Namco akhirnya membuka sebuah musem khusus Tekken yang terletak di Osaka, Jepang. Museum tersebut memamerkan seluruh benda dan sejarah yang berhubungan dengan game Tekken. Saat kamu masuk ke dalam, pengunjung akan mendapat fasilitas tur berkeliling museum sambil dijelaskan sejarah Tekken dari masa ke masa.

4. King di Dunia Nyata

King adalah karakter yang menggunakan topeng macan

King sendiri adalah salah satu karakter dalam Tekken yang merupakan seorang pegulat kelas dunia. Uniknya, dia selalu menggunakan topeng macan tutul saat bertanding. Ternyata, karakter King tersebut benar-benar ada di dunia nyata, lho. Dia adalah Sergio Gutierezz, seorang pegulat juga yang berasal dari Meksiko. Saat bertanding, ia juga mengenakan topeng macan seperti karakter King dalam seri Tekken.

5. Karakter yang Selalu Ada dalam Setiap Seri

Heihachi merupakan salah satu karakter inti dalam game Tekken

Meskipun Jin Kazama sering dianggap sebagai ikon game Tekken, nyatanya Jin tidak selalu hadir dalam permainan. Jin sendiri baru populer sejak dirilisnya Tekken 3 pada tahun 1998. Sejak saat itu Jin Kazama kemudian berhasil menjadi ikon game fighting ternama ini sampai saat sekarang.

Namun, jika berbicara tentang karakter paling 'setia', ada 5 karakter yang berhak menyandang gelar tersebut. Mereka adalah Heihachi Mishima, Paul Phoenix, Nina Williams, King, dan Kuma.

Ada tambahan atau koreksi mungkin? Share di kolom komentar, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel