3 Cara Menggunakan 2 (Dua) WhatsApp dalam Satu Hape

cara menggunakan dua whatsapp bersamaan dalam satu ponsel

Rasanya semua orang juga tahu kalau WhatsApp atau singkatnya WA adalah aplikasi messenger paling digandrungi. Saat artikel ini dibuat, WhatsApp masih kokoh menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi pesan instan yang paling banyak di-download, di-instal, dan digunakan.

Semua itu karena semua kelebihan yang dimiliki WhatsApp. Bayangkan saja, kamu dapat menggunakan WhatApp secara gratis tanpa adanya iklan di dalamnya. Tampilan aplikasi yang lekat dengan warna hijau ini juga begitu simpel dan minimalis yang bahkan bisa langsung dipahami oleh pengguna baru sekalipun.

Fitur yang disediakan oleh WhatsApp sendiri bisa dibilang tepat guna, tidak neko-neko. Intinya, ini adalah aplikasi yang murni untuk memenuhi kebutuhan berkirim pesan atau chatting. Tak seperti LINE, BBM, atau aplikasi sejenis lainnya yang menyisipkan berbagai fitur di luar konteks 'chat' ke dalam aplikasi chatting.

Read more! Kelebihan Telegram dibandingkan WhatsApp

Instal 2 WhatsApp Bersamaan

Meskipun fiturnya minimalis, WhatsApp tetap powerfull digunakan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan, tidak jarang seseorang memiliki lebih dari 1 akun WhatsApp dalam satu hape. Tentunya dengan penggunaan yang berbeda di setiap akun.

Misal kamu memiliki sebuah toko online, otomatis kamu membutuhkan akun WhatsApp khusus untuk akun jualanmu. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengelolaan. Jadi, di akun khusus tersebut nantinya hanya berisi kontak yang diposisikan sebagai pembeli atau buyer.

Tak hanya toko online, kamu juga bisa memanfaatkan 2 akun WhatsApp secara bersamaan untuk kebutuhan lain. Buat chat mantan misalnya. Hahaha.

Langsung saja, ya? Berikut 3 cara membuat 2 akun WhatsApp dalam 1 hape.

1. Memanfaatkan Fitur Bawaan Smartphone

Saat ini fitur dual apps sudah banyak diadopsi smartphone baru, meski belum semua vendor. Perlu digarisbawahi juga bahwa cara mengakses fitur ini berbeda-beda untuk setiap seri smartphone. Jadi, sesuaikan dengan tipe hape kamu, ya! Eniwei, hape yang saya gunakan adalah Honor 9 Lite (Huawei).

Pertama, masuk ke menu 'Settings', kemudian pilih 'Apps & notifications'.

mengakses fitur clone app bawaan

Di menu selanjutnya, pilih opsi 'App twin' yang berfungsi menggandakan aplikasi.

app twin adalah fitur hape honor untuk menggandakan aplikasi

Gulir toggle off ke on untuk menggandakan WhatsApp.

whatsapp berhasil digandakan

Clone App berhasil dibuat, WhatsApp kedua akan muncul di homescreen dengan logo angka 2. Langsung klik saja untuk mendaftarkan akun baru.

muncul 2 ikon whatsapp di layar utama

Untuk alternatif lain, kamu bisa download WhatsApp Business dan login menggunakan nomor baru.

2. Parallel Space

Parallel Space adalah aplikasi yang berfungsi untuk menggandakan aplikasi. Tak hanya WhatsApp, kamu juga bisa membuat duplikat aplikasi lain seperti Facebook, Instagram, YouTube, Telegram dll.
Download Parallel Space
Pertama, buka Parallel Space yang sudah kamu instal. Jika muncul permission, setujui saja dengan menekan tombol 'Go to allow'.

mengizinkan akses parallel space

Klik tombol 'Start' untuk masuk ke menu utama aplikasi.

memulai parallel space yang baru saja di-instal

Selanjutnya kamu akan disuguhkan beberapa pilihan aplikasi yang dimungkinkan di-clone. Langsung saja pilih WhatsApp, kemudian klik tombol 'Add to Parallel Space' di bagian bawah.

memilih aplikasi yang ingin digandakan dengan parallel space

Aplikasi yang kamu pilih tadi akan dimunculkan di menu selanjutnya. Klik ikon WhatsApp untuk memulai membuat akun baru.

berhasil menggandakan whatsapp dengan parallel space

Setujui permission dengan menekan 'Go to allow'.

mengizinkan parallel space untuk memakai aplikasi yang sudah di-clone

Kamu juga bisa membuat shortcut ke homescreen dengan memenak lama ikon WhatsApp gan geser ke tulisan 'Create Shortcut'.

membuat shortcut aplikasi yang di-clone via parallel space

Alternatif Parallel Space: MoChat, Super Clone, Multiple Accounts.

3. OGWhatsApp

OGWhatsApp adalah aplikasi WA Mod yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki beberapa fitur tambahan untuk menunjang performa aplikasi.

Berikut beberapa fitur OGWhatsApp:

  • Hide Online Status.
  • Hide Blue Ticks.
  • Hide Second Ticks.
  • Hide Writing Ticks.
  • Hide Recording Status.
  • Hide Blue Microphone.
  • Hide View Status.
  • Anti-Revoke.
  • Download Stories.
  • Etc.

Mantap sekali, bukan?
Download OGWhatsApp
Pertama, download dulu OGWhatsApp dari situs resminya (klik link atas). Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tombol bertuliskan 'Download Now' seperti pada gambar.

ogwhatsapp tidak jauh berbeda dengan gbwhatsapp dan whatsapp plus

Setelah proses download selesai, instal APK OGWhatsApp. Jangan lupa untuk mengizinkan opsi instal aplikasi di luar Play Store yang ada di pengaturan.

cara instal apk ogwhatsapp (luar play store)

Setelah ter-instal, OGWhatsApp akan muncul di homescreen hape-mu. Aplikasinya berwarna hitam. Langsung klik saja untuk membuat akun baru.

ogwhatsapp berhasil diinstal

Alternatif OGWhatsApp: GBWhatsApp, WhatsApp Plus.

Cara Membuat Akun WhatsApp Baru

Setelah WA Clone sukses di-instal, kamu harus membuat akun baru dengan nomor yang berbeda dengan nomor telepon yang kamu gunakan untuk WhatsApp sebelumnya. Selebihnya, caranya sama saja kok.

Buka aplikasi WhatsApp Clone yang berhasil dibuat dengan salah satu cara di atas. Klik 'Agree and Continue' untuk membuat WhatsApp baru.

menyetujui ketentuan penggunaan untuk bisa daftar whatsapp

Isikan nomor telepon yang belum pernah kamu pakai sebelumnya. Pastikan juga nomornya aktif, ya! Tekan tombol 'Next' kalau sudah.

masukkan nomor telepon yang ingin digunakan untuk chatting di whatsapp

Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor yang kamu daftarkan tadi, biasanya otomatis. Kemudian kamu akan langsung diarahkan ke halaman antarmuka WhatsApp.

Selesai, akun keduamu sudah siap dipakai.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel